Advertorial

DANA Optimistis Transaksi Gaming Tumbuh Pesat pada 2022

Kompas.com - 11/12/2021, 21:15 WIB

KOMPAS.com – Dompet digital DANA menilai bahwa industri game dan e-sports yang tumbuh pesat beberapa tahun terakhir bisa menjadi motor kebangkitan ekonomi kreatif di Indonesia. Untuk itu, DANA berkomitmen memberikan dukungan terhadap pengembangan industri game dan e-sports di Tanah Air.

Dukungan tersebut diwujudkan dengan berbagai cara, mulai dari menyediakan platform pembelian voucer game yang aman, mudah, dan nyaman, perluasan kemitraan dengan distributor game, hingga edukasi dan pembentukan komunitas pencinta game.

Selain itu, DANA juga mengadakan DANA Mabar bertema “Transaksi Digital untuk Bangkitkan Potensi E-sport Indonesia” secara virtual pada Kamis (9/12/2021).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno pun mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, industri game menjadi salah satu subsektor ekonomi kreatif yang tetap tumbuh di saat pandemi Covid-19.

Berdasarkan data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), industri game menyumbang sebesar Rp 24,88 triliun atau sekitar 2,19 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia pada 2020.

Sebagai informasi, industri game juga masuk ke dalam program prioritas nasional 2021 dan menempati posisi ketujuh penyumbang terbesar terhadap PDB ekonomi kreatif Indonesia.

Dengan demikian, industri game juga berpotensi besar untuk memulihkan kembali perekonomian Indonesia, khususnya ekonomi kreatif yang tengah menghadapi tantangan pandemi Covid-19.

“Melalui kegiatan ini, harapannya pelaku ekonomi kreatif digital subsektor permainan dapat menambah wawasan, saling berbagi pengalaman, dan menjadi langkah awal kolaborasi guna mengembangkan ekosistem subsektor game Indonesia,” ujar Sandiaga.

Menurutnya, di tengah pertumbuhan negatif PDB atas dasar harga konstan (ADHK) sebesar -2,39 persen, subsektor game justru menjadi pandemic winner dengan mengalami pertumbuhan sebesar 4,47 persen.

Sandiaga juga mengatakan bahwa Kemenparekraf terus berkomitmen untuk mengembangkan subsektor game di Indonesia melalui berbagai program yang dijalankan, seperti Baparekraf Game Prime dan Game Lokal Kreasi Indonesia (Gelora). Khusus Gelora, program ini diselenggarakan untuk mendukung penumbuhan ekosistem di sisi game developer.

Potensi industri game Tanah Air juga terlihat dari hasil riset oleh sejumlah lembaga internasional yang menunjukkan tren pertumbuhan.

Berdasarkan data yang dimuat di laman Statista, jumlah pemain online game di Indonesia mencapai 54,7 juta pada 2020. Angka tersebut meningkat 24 persen jika dibandingkan pada 2019 yang sebanyak 44,1 juta. Sementara menurut Newzoo, Indonesia ada di posisi delapan industri mobile game dunia dengan nilai mencapai 1,5 miliar dollar Amerika Serikat (AS).

Data tersebut didukung dengan porsi unduhan mobile game Indonesia sebagai yang terbesar di Asia Tenggara. Indonesia juga berada di posisi ketiga dunia setelah India dan Brazil dalam hal jumlah unduhan mobile game.

Menurut Sensor Tower, jumlah unduhan mobile game di Indonesia pada kuartal I 2021 tumbuh 26 persen mencapai 790 juta jika dibandingkan kuartal yang sama pada 2020, yaitu sebanyak 628 juta unduhan.

Peningkatan jumlah pengguna ataupun unduhan juga diikuti oleh tren pertumbuhan transaksi pembelian voucer game. Tren ini juga dialami oleh DANA yang menjadi mitra pembayaran untuk distributor game terkemuka.

Pertumbuhan tersebut ikut mengindikasikan bahwa kepercayaan masyarakat terhadap DANA turut menguat. Ini berarti, masyarakat menjadikan DANA sebagai layanan pembayaran untuk berbagai transaksi digital untuk hiburan, seperti pembelian voucer game.

Berdasarkan pemantauan DANA, pembelian voucer game menunjukkan tren positif dengan rata-rata pengguna aktif bulanan terus meningkat hingga 127,33 persen pada 2021. Transaksi juga melonjak hingga 103,95 persen pada Oktober 2021. Bahkan, jika dibandingkan Oktober tahun lalu, peningkatannya mencapai 28,42 persen.

CEO dan Co-Founder DANA Vince Iswara mengatakan bahwa pemanfaatan transaksi digital makin esensial untuk mendukung gaya hidup masyarakat masa kini, termasuk hiburan daring serta pencapaian prestasi melalui gameonline dan e-sports.

“Melihat pertumbuhan gameonline yang kian melonjak dan berkontribusi bagi kebangkitan ekonomi kreatif, DANA sebagai dompet digital berbasis gaya hidup senantiasa mendukung dengan menyediakan pembayaran voucer gameonline yang aman, mudah, dan nyaman,” ujarnya.

Ia pun menambahkan, lewat pembelian voucer gameonline di dompet digital DANA, masyarakat kini bisa menikmati dan mengakses gameonline dengan mudah.

Adapun fitur pembelian voucer game dan digital dalam aplikasi DANA dapat ditemui di kategori Entertainment, subkategori Item Digital.

Pengguna bisa melakukan pembelian voucer game di berbagai game favorit, seperti PUBG Mobile, Mobile Legends, Ragnarok, dan masih banyak lagi. Saat ini, DANA telah bermitra dengan beberapa distributor game ternama, seperti UniPin, Moonton, CODA, PlayStation, Apple App Store, Google Play, Steam, dan masih banyak lagi.

Edukasi berkelanjutan mengenai onlinegame juga dilakukan DANA dengan menjangkau para pengguna yang menggunakan fitur ini. Caranya, dengan membuat komunitas yang memanfaatkan kanal online untuk meningkatkan ketertarikan mereka terhadap onlinegame.

Dukungan DANA terhadap industri game dan e-sports di Indonesia juga diwujudkan dengan menggelar kompetisi PUBG Mobile dan Lokapala.

Dalam turnamen PUBG tersebut, sebanyak 100 peserta, termasuk satu peserta profesional, bertarung dengan sistem battle royale untuk memperebutkan sejumlah hadiah menarik. Sementara, turnamen Lokapala akan diikuti oleh 10 peserta, termasuk peserta dari kalangan media.

CEO Anantarupa Studio Ivan Chen menyambut baik inisiatif yang dilakukan DANA. Menurutnya, saat ini dibutuhkan sinergi antarindustri untuk memudahkan fasilitas dan akses bagi masyarakat dalam menikmati game dan e-sports.

CEO perusahaan yang menginisiasi game lokal Indonesia, Lokapala, itu mengatakan bahwa industri game dan e-sports kini banyak memasuki ranah mobile.

“Oleh karena itu, kemudahan dan kenyamanan akses untuk membeli voucer game melalui dompet digital DANA menjadi faktor yang sangat penting. Dengan demikian, masyarakat dapat merasakan pengalaman bermain game dan e-sports seutuhnya, serta kelak industri ini dapat terus melaju pesat,” ujarnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com