Advertorial

Simak 4 Kanal Promosi Ini untuk Inspirasi Liburan dan Healing di Korea Selatan

Kompas.com - 14/12/2021, 09:23 WIB

KOMPAS.com – Bagi penggemar drama Korea (drakor) dan idolgroup Korea Selatan, liburan ke Negeri Ginseng menjadi mimpi yang harus diwujudkan.

Menyambangi lokasi syuting film drakor favorit dan berharap dapat bertemu idol di depan gedung manajemen merupakan dua bucket list saat berada di Korea Selatan.

Selain itu, berwisata kuliner dengan mencicipi makanan khas Korea Selatan, seperti tteokpokki, jjajangmyeon, dan samgyetang, juga menjadi bagian penting dalam itinerari yang tak boleh ketinggalan.

Meski demikian, Korea Selatan tak melulu soal drakor, idol, dan kuliner. Negara ini juga memiliki berbagai destinasi yang membuat wisatawan ingin kembali berkunjung ke sana. Misalnya, wisata ramah muslim. Negeri Ginseng punya destinasi wisata yang memiliki masjid atau musala untuk beribadah serta rekomendasi makanan halal.

Tidak berhenti sampai di situ, Korea Tourism Organization (KTO) juga menawarkan wisata kesehatan atau wellness tourism bagi para pelancong yang ingin mencari ketenangan pikiran dan raga saat berlibur ke Korea Selatan.

Sebagai informasi, wellness tourism merupakan liburan yang menitikberatkan pada tujuan memelihara, mengelola, serta meningkatkan kesehatan dan kondisi tubuh secara keseluruhan.

Adapun jenis aktivitas wellness tourism meliputi hiking, bersepeda, olahraga air, meditasi, mengunjungi spa, atau melakukan perawatan kecantikan.

Untuk wellness tourism, Korea Selatan mempunyai banyak destinasi kesehatan yang dapat dikunjungi pelancong dari berbagai negara. Saking banyaknya, wisatawan bahkan kerap bingung harus memulai dari mana.

Supaya dapat menentukan destinasi wellness saat liburan ke Korea Selatan, Anda bisa mendapatkan informasinya melalui 4 program KTO berikut.

  1. Webtoon Healing Me Softly
    Selama Oktober 2021 hingga Januari 2022, followers akun Instagram @ktoid diajak menemukan konsep healing dan wellness melalui pengalaman dalam keseharian tokoh webtoon. Bekerja sama dengan creator Adelia Maghfira, webtoon Healing Me Softly menyajikan cerita unik mengenai kehidupan orang Indonesia di Korea Selatan.

Webtoon yang diunggah setiap Sabtu itu menceritakan masalah keseharian dan penyelesaian melalui wisata wellnesss. Kategori wisata wellness yang diangkat pun selalu berbeda pada tiap episode.

Misalnya, cerita mengenai tokoh Alicia yang melakukan perawatan kecantikan sebelum hari pernikahannya. Dalam webtoon edisi Oktober itu, Alicia bersama temannya, Nari, mengunjungi berbagai lokasi wisata wellness, seperti lokasi spa, meditasi, dan perawatan herbal, untuk mengubah penampilan Alicia.

Korea wellness tourism dipromosikan melalui webtoon. Dok. KTO Korea wellness tourism dipromosikan melalui webtoon.

  1. Video IG Reels
    Selain webtoon, akun Instagram @ktoid juga mengunggah empat kategori destinasi wisata kesehatan melalui video pendek atau IG Reels.


IG Reels tersebut menghadirkan sejumlah lokasi wisata wellness dari berbagai kategori, yakni kecantikan dan spa, wisata alam, pemulihan dan meditasi, serta pengobatan tradisional.

Melalui video pendek tersebut, masyarakat dapat melihat keindahan alam sekaligus keseruan aktivitas selama berada di lokasi wisata wellness Korea Selatan.

Tampilan laman web Be Well Friends. Dok. KTO Tampilan laman web Be Well Friends.

  1. Kampanye Be Well Friends

Bekerja sama dengan lima orang warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Korea Selatan, program Be Well Friends mengeksplorasi destinasi wellness di Korea Selatan dengan berbagai tips wisata, lokasi sekitar, dan keseruan lainnya.

Lima WNI tersebut adalah Natasha Maharani, Bambang Sulistio, Dimas Yunianto, Jessica Wirasati, dan Emmanuela Sabatini.

Kelima orang tersebut telah mengunjungi berbagai destinasi wisata wellness dan menceritakan pengalaman tersebut dalam bentuk artikel yang dapat dibaca di sini. Penulis artikel dengan vote terbanyak akan dinobatkan sebagai Be Well Friends 2021 terbaik.

Adapun kampanye itu bertujuan supaya orang Indonesia dapat mengenal dan memahami destinasi wellness dari sudut pandang orang Indonesia secara langsung serta mengetahui kondisi sebenarnya dari destinasi yang KTO promosikan.

Cuplikan Youtube KTO seri Get to Know Korea Wellness. Dok. KTO Cuplikan Youtube KTO seri Get to Know Korea Wellness.

  1. Konten video wellness

Beranjak dari Instagram dan laman web, wellness tourism Korea Selatan juga dipromosikan melalui video yang diunggah di Youtube resmi Korea Tourism Organization. Berbagai lokasi wisata kesehatan dikemas dalam konten video menarik dan menghibur lewat seri video Get to Know Korea Wellness.

Seri video tersebut terbagi menjadi beberapa episode sesuai dengan lokasi wisata kesehatan yang ada di Korea Selatan. Dengan menonton seri video ini, masyarakat Indonesia yang ingin mencoba healing saat liburan ke Korea Selatan pun dapat merencanakan destinasi mana saja yang akan dituju.

Itulah 4 program promosi wisata wellness Korea Selatan yang dilakukan oleh KTO. Bagi Anda yang penasaran dengan destinasi mana saja yang akan dikunjungi saat berlibur ke negara asal idolgroup BTS itu bisa mendapatkan informasinya melalui akun Instagram @ktoid atau situs web resmi KTO di sini.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com