Advertorial

Kembali Digelar, Citra Pariwara 2021 Apresiasi Deretan Karya Terbaik Industri Kreatif Indonesia

Kompas.com - 15/12/2021, 12:22 WIB

KOMPAS.com – Festival periklanan terbesar di Indonesia, Citra Pariwara 2021, bertajuk “Embrace (in)Sanity” baru saja diselenggarakan, Jumat (3/12/2021). Puncak acara yang diselenggarakan oleh Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) DKI Jakarta ini digelar secara hibrida dan dihadiri oleh ribuan peserta.

Ketua Organizing Committee Citra Pariwara Ke-34 Reza Fitriano mengatakan, penyelenggaraan festival Citra Pariwara tahun ini merupakan bentuk apresiasi kepada seluruh insan kreatif Tanah Air, khususnya di bidang periklanan, yang mampu berkarya di tengah situasi penuh tekanan dan ketidakpastian.

“Bekerja dari rumah hampir sepanjang hari, berkutat dengan pekerjaan, serta tuntutan yang berat berpotensi mengganggu kesehatan jiwa dan mental. Meski demikian, pelaku industri kreatif Indonesia tetap mampu menghasilkan karya-karya yang membanggakan,” kata Reza dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (14/12/2021).

Ia melanjutkan, tahun ini, festival yang ditujukan untuk insan industri kreatif tersebut berhasil memperoleh 1.772 entri karya dari 103 perusahaan. Hal ini membuktikan bahwa geliat industri kreatif masih bergelora, meski dihadapkan dengan berbagai tantangan pada era new normal.

Reza mengatakan, di saat yang penuh tantangan ini, insanity orang periklanan justru dibutuhkan untuk menemukan terobosan kreatif. Dengan begitu, pelaku industri iklan dapat memberikan solusi bagi para klien yang diharapkan bakal berkontribusi pada kebangkitan ekonomi. 

Our insanity makes the world stay sane for a lot of people. Semua pencapaian Citra Pariwara semoga menjadi pertanda perbaikan kondisi ekonomi pada 2022,” tutur Reza.

Adapun pada festival Citra Pariwara 2021, P3I menghadirkan sejumlah kategori penghargaan yang diberikan kepada industri kreatif terbaik. Pertama, penghargaan kategori Creative Agency of The Year yang diberikan kepada Flock Creative Network (FCN). Penghargaan ini merupakan perolehan kedua FCN pada ajang yang sama.

Kedua, kategori Craft House of The Year yang diberikan kepada Lynxfilm. Ketiga, kategori Media Agency of the Year yang diberikan kepada Dentsu Media.

Keempat, kategori Digital Agency of the Year yang diberikan untuk Goodstuph. Terakhir, kategori Advertiser of the Year yang diberikan untuk PT Rekso Nasional Food.

“Berbagai karya (terbaik) itu dihasilkan oleh insan yang mampu meng-embrace insanity. Dengan sisi insanity itu, kita dapat terus membawa dampak (baik) bagi industri dan pastinya orang-orang di dalamnya,” papar Reza.

Wadah talenta kreatif untuk kembangkan diri

Tidak hanya sebagai ajang pemberian penghargaan, Co-chairwoman Citra Pariwara 2021 Devi Attamimi mengatakan, festival tersebut juga menjadi wadah talenta muda kreatif untuk menambah wawasan, ilmu, dan kemampuan melalui rangkaian seminar serta master class.

Untuk diketahui, rangkaian seminar dan master class Citra Pariwara 2021 mengangkat berbagai topik inspiratif yang dibawakan oleh deretan pemimpin industri. Narasumber ini terdiri dari anggota Wolf BKK Phannika Vongsayan, Droga5 New York Aste Gutierrez, Dimas Djayadiningrat, Chandra Liow, Andi S Boediman, Hazen Mardial, Nanda Ivens, Ivan Lanin, serta Handoko Hendroyono.

“Ada lebih dari 1.000 pendaftar yang mengikuti berbagai rangkaian seminar dan master class. Kami berharap apa yang disampaikan oleh para pembicara yang kami hadirkan mampu menjadi inspirasi untuk terus menghasilkan karya-karya yang memukau,” kata Devi.

Sebagai informasi, Citra Pariwaramerupakan gelaran rutin yang diselenggarakan P3I DKI Jakarta. Tahun ini, penyelenggaraan acara tersebut didukung oleh TikTok for Business, GoPay, Superlive, dan BCA.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com