Advertorial

Tertinggi Sepanjang 2021, Pengiriman J&T Express Meroket hingga 25 Juta Paket di Momen Harbolnas 12.12

Kompas.com - 17/12/2021, 19:21 WIB

KOMPAS.com – Perusahaan jasa pengiriman, J&T Express, mengalami lonjakan pengiriman hingga 25 juta paket pada puncak Hari Belanja Online (Harbolnas) 12.12, Minggu (12/12/2021).

Capaian pengiriman tersebut melampaui angka tertinggi sepanjang 2021. Hal ini karena tingginya animo masyarakat dalam memeriahkan pesta belanja online sehingga permintaan barang meningkat tajam.

Adapun kategori pengiriman barang paling signifikan, yaitu datang dari fesyen, produk kecantikan, dan elektronik.

CEO J&T Express Robin Lo mengatakan, pengiriman barang pada momentum Harbolnas 12.12 tahun ini mencapai 52 persen. Capaian ini lebih tinggi dibandingkan periode Harbolnas 11.11 pada November 2021.

“Capaian tersebut berkat berbagai upaya persiapan peningkatan layanan yang terus kami kembangkan. Hal itu juga dipengaruhi oleh langkah market promosi yang tersedia sehingga dapat membaur dengan kemeriahan promosi e-commerce pada moment 12.12,” ujar Robin dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (16/12/2021).

Selain e-commerce, pengiriman oleh non- market place juga turut merangkak naik.

Hal itu merupakan efek dari keseruan promo diskon dan pengiriman tanpa libur dari layanan J&T Express.

“Pada Harbolnas 12.12 tahun ini, pengiriman bertambah sekitar 22,5 juta resi dari hari normal. Namun, 70 persen pengiriman masih berasal dari e-commerce dengan mayoritas berasal dari Pulau Jawa,” terang Robin.

Ia menambahkan, kemudahan transaksi online yang dapat dilakukan di mana saja telah berpengaruh positif terhadap jasa pengiriman J&T Express.

Adapun trafik pengiriman normal rata-rata per hari mencapai 2,5 juta paket.

Jumlah tersebut tak lepas dari pandemi Covid-19 yang berdampak pada perubahan sistem penyedia kebutuhan masyarakat, baik harian maupun kebutuhan pokok yang kini beralih secara digital.

Antisipasi peak season

Untuk diketahui, J&T Express telah melakukan upaya antisipasi peak season pada puncak pesta belanja online. Pasalnya, gelombang pengiriman keluar masuk barang setiap tahun semakin meningkat.

Oleh karena itu, lanjut Robin, penambahan armada dinilai penting untuk memaksimalkan lonjakan transaksi pada akhir 2021.

Demikian pula dari aspek sumber daya manusia (SDM), J&T Express memberikan berbagai pelatihan untuk mendukung kelancaran sistem pengiriman.

“Pemeliharaan mesin sortir otomatis pendukung efisiensi pengiriman juga (menjadi) salah satu hal yang kami (perhatikan) agar operasional berjalan lancar setiap hari. Sistem tracking dan aplikasi pun terus diperbarui untuk memudahkan pelanggan dalam mendapatkan informasi seputar pengiriman,” tambahnya.

Robin mengungkapkan, meski di tengah pandemi Covid-19, J&T Express tetap menyediakan berbagai layanan andalannya, mulai dari regular, cash on delivery (COD), J&T Eco, hingga J&T Super yang kini telah tersedia di 30 kota di Indonesia.

Layanan-layanan tersebut dapat dimanfaatkan pelanggan agar pengiriman barang tiba lebih cepat di alamat tujuan.

Seluruh proses pengiriman J&T Express juga telah sesuai standar protokol kesehatan (prokes) yang aman.

Selain itu, agar cakupan lebih luas, J&T Express kini menghadirkan layanan J&T International Standard Express.

Dengan layanan tersebut, masyarakat dapat mengirimkan barang dari Indonesia ke Singapura, Malaysia, Thailand, dan China.

“Kami berharap, di masa mendatang J&T Express dapat menambah rute-rute baru pengiriman ke luar negeri,” kata Robin.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com