Advertorial

Cara Tepat Pilih Mitra Logistik Tepercaya bagi Korporasi, Online Seller, dan Pelaku UMKM

Kompas.com - 18/12/2021, 20:19 WIB

KOMPAS.com – Mitra logistik yang tepat dan tepercaya merupakan salah satu kunci sukses dalam berbisnis.

Selain kualitas barang yang dijual, logistik memainkan peranan penting agar bisnis dapat berjalan sesuai rencana. Pasalnya, saat pesanan sampai tepat waktu dan dalam kondisi baik, konsumen akan merasa puas. Hal ini akan membangun kepercayaan dan menjaga loyalitas konsumen.

Seiring dengan peningkatan tren belanja online di Indonesia, perusahaan logistik dengan beragam layanan semakin menjamur. Harga yang ditawarkan pun cukup kompetitif.

Namun, sebelum memutuskan mitra logistik yang benar-benar tepat untuk kebutuhan bisnis kamu, ada lima hal yang wajib diperhatikan, khususnya bagi korporasi, online seller, dan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

  1. Kredibilitas mitra logistik

Gali informasi mengenai perusahaan logistik dari berbagai sumber, seperti portal berita, website resmi perusahaan, dan review konsumen ataur rekan sesame pelaku bisnis. Dengan begitu, kamu dapat melihat seberapa tepercaya dan kompeten perusahaan logistik tersebut.

  1. Standar operasional prosedur jelas

Perusahaan logistik wajib memiliki standar operasional prosedur (SOP) yang jelas untuk meningkatkan efisiensi, konsistensi, dan keamanan bekerja.

Dengan SOP yang jelas, semua keunggulan pelayanan dapat diwujudkan, misalnya terkait penjemputan barang, ketepatan waktu pengiriman, serta jaminan atau garansi keamanan barang.

  1. Perhitungan tarif yang transparan

Perhitungan tarif logistik sebaiknya dilakukan secara transparan sejak awal. Jangan tergiur harga murah, tetapi banyak biaya tambahan di belakang. Sistem perhitungan tarifnya pun harus diperhatikan, seperti berdasarkan berat atau volume barang, jarak, dan sebagainya.

  1. Kesiapan terhadap komplain

Pastikan mitra logistik memiliki beberapa pilihan bantuan saat konsumen melakukan pengaduan atau komplain. Contohnya, customercare yang siap sedia serta klaim pengembalian atau penukaran barang yang cepat.

  1. Pilihan pengiriman dan pembayaran

Layanan pengiriman dan pembayaran yang beragam dari mitra logistik memberikan keuntungan untuk penjual atau seller. Pilihlah layanan pengiriman dan pembayaran yang sesuai dengan bujet dan karakteristik bisnis.

Itulah lima yang harus dipenuhi mitra logistik yang kamu pilih. Dengan demikian, bisnismu pun dapat berjalan lancar.

Adapun salah satu perusahaan logistik tepercaya dan memiliki solusi layanan lengkap, yaitu JX Indonesia.

Berpengalaman sejak 2015, JX Indonesia merupakan mitra logistik terbaik dan tepercaya bagi bisnis atau seller. Terdapat tiga keunggulan yang dihadirkan JX Indonesia.

Pertama, JX Indonesia memiliki beragam layanan jenis pengiriman. Layanan ini meliputi pengiriman business to customer (B2C), business to business (B2B), kargo, customized delivery service, last mile, dan cross border last mile untuk klien korporasi, online seller, dan pelaku UMKM.

Khusus untuk customized delivery service, JX Indonesia menyediakan layanan pengiriman yang dapat disesuaikan dengan model bisnis klien korporasi. Contohnya, tempat pick-up barang yang dapat disesuaikan, waktu pengiriman fleksibel, cara packing, dan armada yang digunakan.

Sebagai informasi, JX Indonesia kini memiliki 8 warehouse, lebih dari 250 drop point, serta lebih dari 3.000 kurir profesional dan terlatih guna mendukung operasional pengiriman barang.

Hingga kini, JX Indonesia telah dipercaya oleh sejumlah korporasi besar, seperti PT Unilever Indonesia Tbk, Kimia Farma, Arisan Mapan, PT MC Living Essentials Indonesia, dan PT Merapi Utama Pharma.

Kedua, JX Indonesia menyediakan beragam layanan metode pembayaran. Metode yang tersedia terdiri dari regular delivery yang menggunakan lewat anjungan tunai mandiri/ATM, transfer bank, dan mobile banking;cash on delivery (COD); dan card swipe on delivery (CSOD).

Khusus COD dan CSOD, JX Indonesia memiliki biaya administrasi yang kompetitif, yakni mulai dari 2 persen untuk pencairan dana sebanyak dua kali seminggu hingga 3 persen untuk pencairan dana tiga kali seminggu.

Biaya tersebut pun tidak dibatasi oleh minimum jumlah transaksi atau nilai invoice.

Ketiga, beragam layanan unggul untuk klien korporasi, online seller, dan UMKM disediakan JX Indonesia. Misalnya, untuk mengirimkan paket, seller tidak perlu pergi ke gerai karena JX Indonesia memiliki layanan pick-up gratis tanpa minimum jumlah paket.

Selain memiliki armada kurir profesional dan terlatih dalam menangani pengiriman COD, JX Indonesia memiliki fasilitas aplikasi dan website tracking serta merchant dashboard. Fungsinya adalah untuk memantau pergerakan paket, membuat dan mencetak shippinglabel secara mandiri, serta memonitor dana COD dan CSOD yang terkumpul.

Tak hanya itu, seller yang memiliki website toko online bisa mengajukan integrasi application programming interface (API) dengan sistem pengiriman JX.

Dari segi kecepatan, JX Indonesia menawarkan garansi pengiriman cepat dengan on time delivery mencapai 98,01 persen.

Perusahaan logistik dan ekspedisi multinasional yang menerapkan pengiriman berstandar nasional itu pun dilengkapi dengan layanan Customer Experience JX yang meliputi call center, WhatsApp Business, dan email dengan tingkat respons mencapai 83 persen. Artinya, komplain dari konsumen akan ditanggapi pada hari yang sama.

Dengan segala keunggulan yang ditawarkan, JX Indonesia dapat diandalkan sebagai mitra logistik yang akan memperlancar bisnis kamu.

Yuk, segera daftarkan bisnis kamu di website j-express.id/business-register dan buktikan sendiri komitmen nyata dari JX Indonesia!

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com