Advertorial

Raih Tiga Penghargaan dari Kemenkeu, BRI Jadi Dealer Utama Terbaik Selama 4 Tahun Berturut-turut

Kompas.com - 20/12/2021, 17:40 WIB

KOMPAS.com – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berkomitmen untuk terus mendukung upaya pemulihan ekonomi nasional.

Komitmen itu diwujudkan BRI melalui dukungan pendanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dengan menjadi dealer utama penerbitan Surat Utang Negara (SUN) dan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

Atas kontribusi menyerap penerbitan SUN dan SBSN, Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menobatkan BRI sebagai dealer utama SUN dengan kinerja terbaik di pasar perdana dan kinerja terbaik selama 2020.

Di samping itu, BRI juga diapresiasi sebagai dealer utama SBSN dengan kinerja terbaik pada 2020 atas peran aktifnya di pasar surat berharga syariah Indonesia.

Senior Executive Vice President (SEVP) Treasury & Global Services BRI Achmad Royadi mengatakan, pihaknya bersyukur karena BRI telah meraih penghargaan sebagai primary dealer SUN dan SBSN terbaik sebanyak empat kali berturut-turut.

Achmad berharap, penghargaan tersebut dapat membuat BRI, sebagai primary dealer, menghasilkan kinerja positif dalam bertransaksi SBN. Perseroan pun terus berupaya untuk berpartisipasi aktif mendukung pembiayaan negara serta pendalaman pasar keuangan nasional.

“Dengan demikian, (perseroan) dapat membangun Indonesia yang kompetitif di tengah situasi pemulihan ekonomi Indonesia pascapandemi Covid-19,” kata Achmad dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (20/12/2021).

Sebagai informasi, dealer utama dalam lelang SBN merupakan pihak bank atau nonbank yang ditunjuk oleh Kemenkeu untuk menggerakan pasar, baik di pasar perdana maupun pasar sekunder.

Selain itu, dealer utama juga dapat menyerap penerbitan SBN di pasar perdana, memperdagangkan seri SUN yang sudah ditetapkan Kemenkeu sebagai benchmark, serta membuat kuotasi harga dua arah atau bid-offer dengan kisaran spread tertentu.

“Dengan basis jaringan pemasaran yang luas, penghargaan ini sekaligus membuktikan jangkauan BRI sebagai salah satu bank dengan nasabah terbesar di dalam negeri. BRI akan terus mendukung upaya pemulihan ekonomi,” ujarnya.

Peran aktif BRI

Achmad menambahkan bahwa sebagai dealer utama, BRI berperan aktif dalam kegiatan pendalaman pasar keuangan, mulai dari melakukan pengelolaan likuiditas bank, portofolio surat berharga yang optimal, hingga perluasan basis nasabah.

Sebut saja, bank komersial, bank pembangunan daerah (BPD), perusahaan asuransi, dana pensiun, perusahaan sekuritas, dan manajemen aset.

BRI juga aktif melakukan kuotasi harga jual-beli surat berharga dan transaksi treasury lain yang kompetitif. Luasnya jaringan pemasaran, baik unit kerja di dalam negeri maupun luar negeri, menjadi nilai tambah BRI dalam kegiatan tersebut.

“Pencapaian tersebut menunjukkan BRI berkomitmen untuk terus menjadi mitra strategis pemerintah (dalam upaya) memajukan ekonomi nasional. Dukungan ini akan dilanjutkan pada tahun-tahun mendatang,” ujar Achmad.

Berdasarkan hasil evaluasi kinerja dealer utama SUN dan SBSN pada 2020, BRI berhasil menyerap 18,86 persen dari total penerbitan SUN dan 24,49 persen dari total penerbitan SBSN di pasar perdana melalui mekanisme lelang.

Dominasi BRI di pasar perdana tersebut didukung oleh peningkatan client base yang cukup signifikan. Hal ini merupakan dampak dari semakin aktifnya BRI sebagai market maker dalam memenuhi kebutuhan klien.

Achmad menjelaskan bahwa sepanjang 2020, kinerja BRI di pasar perdana SUN dan SBSN ditopang oleh pengelolaan portfolio yang solid dans aktif dalam aset nonpinjaman. Salah satunya adalah SBN.

“Kinerja tersebut juga didukung oleh peningkatan flow dari klien yang semakin optimal, baik klien domestik maupun foreign counterpart,” tuturnya.

Penghargaan tersebut meneruskan capaian positif BRI pada periode sebelumnya. BRI menyabet peringkat pertama dealer utama dalam pasar perdana, peringkat pertama sebagai dealer utama dalam pasar sekunder, serta penghargaan sebagai dealer utama dengan kinerja terbaik pada 2019, baik di pasar SUN maupun SBSN.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com