Advertorial

Jumlah Transaksi Lampaui Target, UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 Sukses Besar

Kompas.com - 20/12/2021, 20:23 WIB

KOMPAS.com – Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-126, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI resmi menutup kegiatan UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021, Kamis (16/12/2021).

Seluruh rangkaian kegiatan virtual yang diikuti oleh 500 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) tersebut telah terlaksana dengan sukses.

Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyanto mengatakan, transaksi business matching pada acara tahun ini berhasil melampaui target yang ditetapkan.

“Sebanyak 110 buyers yang berasal dari 31 negara, seperti Amerika Serikat (AS), Eropa, Timur Tengah, Jepang, dan Australia berhasil menandatangani commitment deal bersama 163 UMKM dengan nilai transaksi mencapai 72,13 juta dollar AS,” ujar Amam dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (17/12/2021).

Amam menambahkan, angka tersebut melampaui target awal sebesar 65 juta dollar AS. Adapun pencapaian tersebut juga dinilainya menjadi momentum bagi UMKM Indonesia untuk survive, bangkit, dan bertransformasi dalam menjawab tantangan yang ada di kemudian hari.

Pada acara business matching, BRI berfokus pada UMKM yang belum pernah melakukan ekspor terhadap produknya. Dengan begitu, mereka dapat merambah peluang pasar dan mendapatkan pengalaman ekspor.

“Banyak manfaat yang diperoleh UMKM dalam kegiatan ini. Salah satunya adalah kurasi yang bertujuan untuk memastikan kualitas produk UMKM tetap terjaga. Selain itu, terdapat pelatihan marketing online agar pelaku usaha mendapat pengetahuan baru terkait pemasaran di marketplace,” kata Amam.

Kesuksesan acara tersebut pun terlihat, baik dari nilai transaksi maupun jumlah peserta yang berpartisipasi. Ini membuktikan antusiasme yang tinggi dari masyarakat terhadap sektor UMKM. Selain dari kuantitas, kualitas dan pengalaman UMKM juga bertambah. Mereka mendapatkan pengetahuan dan akses pasar yang lebih luas untuk mengembangkan usahanya.

Tercatat, hingga Rabu (15/12/2021), jumlah pengunjung website brilianpreneur.com mencapai 300.000 views.

Selain dari sisi jumlah pengunjung, transaksi pembelian produk-produk peserta UMKM EXPO (RT) BRILIANPRENEUR 2021 hingga Minggu (19/12/2021), melampaui angka pembelian di event yang sama pada tahun lalu, yakni Rp 9,2 miliar atau tumbuh 196 persen secara tahunan/year on year (yoy).

Untuk diketahui, transaksi pembelian produk UMKM pada acara tersebut berlangsung hingga Rabu (31/12/2021). Melihat hal tersebut, pihak BRI optimistis jika target transaksi pembelian bisa menembus angka Rp 10 miliar.

Pada UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021, BRI berusaha menghadirkan konten-konten digital menarik yang bertujuan untuk mengedukasi dan mendukung UMKM. Sejumlah kegiatan tersebut meliputi episode liveshoppingcoaching clinicpodcastvirtual trip, serta hiburan berupa pertunjukan musik dan fashion show.

Pada puncak acara, BRI juga memberikan penghargaan UMKM Awards 2021 dengan menghadirkan sejumlah kategori, yakni UMKM Best Newcomer in Business Matching dan UMKM Top Deals in Business Matching.

Ada juga kategori UMKM Best Expo dan UMKM Favorite (on social media), yang saat ini penilaiannya masih berlangsung hingga 31 Desember 2021. Sementara untuk kategori buyer, penghargaan yang diberikan adalah The Highest Deal Commitment dan The Highest Business Matching Activity. Semua penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi BRI untuk membangun motivasi dan semangat kepada UMKM dalam mengembangkan bisnisnya.

Pada kesempatan yang sama, BRI juga menyerahkan sejumlah donasi senilai Rp 100 juta kepada komunitas Sahabat UMKM. Dana ini diperoleh dari hasil lelang kolaborasi antara produk UMKM dengan para desainer ternama.

Dalam event tersebut, kegiatan promosi produk UMKM di bazaar online via e-commerce Shopee dan Pasar Digital (PaDi) UMKM juga menarik antusiasme masyarakat. Keberhasilan itu didukung oleh promo menarik berupa diskon pembelian produk yang menggunakan Kartu Debit dan Kartu Kredit BRI.

Pihak BRI menilai, kesuksesan UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 tidak terlepas dari dukungan dan bantuan dari berbagai pihak, mulai dari pemerintah, pembicara, hingga narasumber yang telah membagikan pengetahuan kepada para pelaku UMKM.

Kegiatan itu diharapkan menjadi tonggak baru bagi UMKM Indonesia naik kelas agar mereka dapat merambah ke pasar global. Ke depan, BRI terus berkomitmen untuk mendukung UMKM dan produk lokal dengan menyelenggarakan acara menarik serupa.

Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021, silakan kunjungi situs web www.brilianpreneur.com.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com