Advertorial

Rayakan HUT Ke-88, Unilever Indonesia Beri Penghargaan kepada 10 Sosok Heroes untuk Negeri

Kompas.com - 21/12/2021, 18:21 WIB

KOMPAS.com – PT Unilever Indonesia Tbk memberikan penghargaan kepada 10 sosok individu yang memiliki purpose kuat untuk mewujudkan keberlanjutan di masyarakat melalui program “Every U Does Good Heroes”.

Kesepuluh sosok yang dipilih harus memiliki ide dan kontribusi visioner yang sejalan dengan pilar kebaikan Unilever Indonesia. Harapannya, mereka dapat menginspirasi lebih banyak generasi muda untuk melakukan kebaikan. 

Adapun program tersebut sekaligus menjadi momen penting Unilever yang tengah merayakan hari jadi ke-88 pada Minggu (5/12/2021). Selama 88 tahun, Unilever Indonesia selalu konsisten mendampingi masyarakat untuk berbagi kebaikan dalam setiap tantangan.

Pada acara puncak, Unilever Indonesia mengumumkan 10 sosok “Every U Does Good Heroes ”. Masing-masing penerima penghargaan mendapatkan micro grant sebesar Rp 30 juta untuk mengembangkan project mereka.

Mereka juga akan diberikan pembinaan lanjutan secara intensif dari para mentor dan tim Unilever Indonesia. Berikut 10 sosok yang terpilih menjadi heroes.

  1. Ari Gunawan, Bali - Organisasi “Precious Island”
  2. Dicky Dwi Alfandy, Lampung - Gerakan “Gajahlah Kebersihan” dengan program “Marine Debris Ranger”
  3. Katrin Sovia Ifana Sari Moko, Jakarta - Gerakan “Be Home Indonesia”
  4. Erliana, Jakarta - Komunitas “Bersama Lansia”
  5. Ni Putu Gita Saraswati, Bali - Organisasi “Kolaborasi Bumi Indonesia” dengan project “Menstrucaraka”
  6. Arif Fajar Saputra, Jakarta - Organisasi “NUXCLE” dengan program “ZUBOARD”
  7. Sandi Mahendra, Sumatera Utara - Gerakan “Tiap Orang Punya Kesempatan Kedua” (Terpandu)
  8. Akbar Trio Mahsuri, Jawa Timur - Program “Student Interfaith Peace Camp”
  9. Nissi Taruli Felicia, Jakarta - Komunitas “Feminis Themis”
  • Diva Asnawi, Jakarta - Organisasi “KONEKIN” dengan project “BISA”

Kesepuluh milenial inspiratif tersebut memperkuat keyakinan Unilever Indonesia akan the power of brand with purpose dan people with purpose.

Head of Communication PT Unilever Indonesia Tbk Kristy Nelwan mengatakan, purpose atau tujuan mulia adalah jantung dari operasi bisnis Unilever, termasuk Unilever Indonesia.

Purpose kami sejak dulu tidak pernah berubah, yaitu menjadikan kehidupan berkelanjutan sebagai hal yang lumrah bagi semua orang. Kami sangat bersyukur bahwa sepanjang 88 tahun perjalanan, Unilever Indonesia mampu memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan,” jelas Kristy dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (10/12/2021).

Komitmen tersebut, lanjutnya, diperkuat dengan strategi baru Unilever secara global, yaitu “The Unilever Compass”.

“Sinergi antara brand dan orang-orang yang sama-sama memiliki tujuan mulia mampu membawa perubahan signifikan terhadap keberlanjutan masa depan,” ujar Kristy.

10 sosok pada program ?Every U Does Good Heroes?. DOK. UNILEVER 10 sosok pada program ?Every U Does Good Heroes?.

Memberikan solusi keberlanjutan

Sebagai perusahaan yang purpose-led dan future-fit, Unilever Indonesia percaya bahwa bisnis seharusnya mampu menjadi bagian dari solusi atas permasalahan dunia, termasuk lingkungan dan sosial.

Terdapat tiga fokus pilar kebaikan yang telah dijalankan Unilever Indonesia selama 88 tahun dan sesuai dengan “The Unilever Compass”.

Pertama, membangun planet yang lebih lestari. Kedua, meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Ketiga, berkontribusi pada masyarakat yang lebih adil dan inklusif .

Percaya bahwa masa depan yang berkelanjutan merupakan tanggung jawab bersama, Unilever Indonesia selalu melibatkan partisipasi aktif masyarakat di seluruh kampanye atau programnya.

Pasalnya, kesuksesan dari pembangunan berkelanjutan tidak terlepas dari kesadaran dan peran masyarakat dalam membuat perubahan. Hal ini salah satunya terwujud melalui program “Every U Does Good Heroes”.

Program yang diselenggarakan sejak Agustus 2021 itu bertujuan menemukan sosok-sosok pahlawan masa depan yang mampu menunjukkan kiprah dalam menciptakan Indonesia yang lebih hijau, sehat, sejahtera, adil, dan inklusif.

Program tersebut merupakan bagian dari kampanye “Every U Does Good”. Adapun kampanye ini mengajak masyarakat untuk lebih cermat memilih brand yang dapat membantu mereka berkontribusi dalam upaya-upaya berkelanjutan agar memberikan dampak baik kepada lingkungan dan masyarakat.

Selama Oktober-November 2021, sebanyak 100 peserta terpilih dari berbagai wilayah di Indonesia. Mereka memiliki purpose serta program yang paling relevan dan berpotensi untuk berkembang setelah mendapatkan rangkaian mentoring yang bermanfaat.

Terdapat lima mentor inspiratif yang berhasil membuktikan bahwa purpose kuat akan membawa dampak positif yang signifikan bagi lingkungan dan masyarakat.

Kelima mentor tersebut adalah CEO dan Founder Waste4Change Mohamad Bijaksana Junerosano, Founder Burgreens and Green Rebel Foods Helga Angelina Tjahjadi, Co-Founder Feelwell Ceramics Stevia Angesty, Staf Khusus Presiden RI dan Co-Founder Toleransi.id Ayu Kartika Dewi, serta disability womanpreneur Nicky Clara.

 “Selamat kepada seluruh pemenang. Semoga dapat terus berperan menjadi pendorong kebaikan dan menularkan semangat serta komitmennya ke lebih banyak generasi muda Indonesia. Mari ciptakan ekosistem yang lengkap dan terintegrasi untuk memberikan kebaikan bagi Indonesia,” kata Kristy.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com