Advertorial

DBS Treasures, Bentuk Komitmen Bank DBS Indonesia Ciptakan Inovasi dan Solusi Keuangan bagi Nasabah

Kompas.com - 21/12/2021, 18:25 WIB

KOMPAS.com - Pola kehidupan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari telah banyak berubah semenjak pandemi Covid-19.

Perubahan tersebut tidak hanya terlihat dari cara bekerja seseorang, tetapi juga cara menyimpan dan menghabiskan uang.

Contohnya dalam berinvestasi. Saat ini, investasi dengan risiko kecil hingga menengah telah menjadi tren baru di masyarakat. Hal tersebut dilakukan untuk mengatur keuangan sekaligus mempersiapkan masa depan.

Hasil riset Danareksa Research Institute berjudul “Pola Menabung dan Investasi Selama Pandemi” pada 2020 mengungkapkan bahwa 33,33 persen responden memulai investasi ketika pandemi. Mereka berharap imbal hasil dana investasi dapat menjadi alternatif pemasukan sekaligus simpanan.

Menurut riset tersebut, emas menjadi instrumen investasi yang paling diminati. Disusul deposito, properti atau tanah, saham, reksa dana, surat berharga, cryptolive stocks, valuta asing, exchange traded fund (ETF), dan dana investasi real estat (DIRE).

Melihat peningkatan kebutuhan akan pengelolaan uang yang lebih baik di tengah situasi tidak menentu seperti sekarang, Bank DBS Indonesia membantu masyarakat melalui DBS Treasures.

Lewat produk tersebut, DBS Indonesia berkomitmen untuk membantu nasabah dalam meningkatkan kesejahteraan dan literasi keuangannya.

Selain itu, DBS Treasures juga secara proaktif memberikan masukan strategi manajemen kekayaan yang sesuai dengan kebutuhan nasabah.

Nasabah tak perlu ragu karena strategi tersebut dirancang oleh tim ahli finansial yang mengikuti data pasar terkini, menganalisis portofolio nasabah, dan melakukan inovasi digital berkelanjutan untuk kelancaran transaksi investasi. Dengan begitu, nasabah dapat meraih peluang investasi pada saat yang tepat.

Salah satu nasabah DBS Treasures, Rosnawati Salimin, mengatakan, ia berkeinginan untuk melakukan investasi dengan risiko kecil pada 2020. Alasannya, ia ingin meminimalisasi kerugian di masa pandemi.

Saat itu, ia yang tengah kebingungan dalam mengurus keuangannya disarankan untuk membuka rekening DBS Treasures oleh anaknya yang sudah lebih dulu menjadi nasabah.

“Dari awal membuka rekening di DBS Treasuresrelationship manager (RM) sangat komunikatif dan proaktif terhadap apa yang ingin dilakukan dengan tabungan saya,” ujar Rose, sapaan akrabnya, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (14/12/2021).

Awalnya, lanjut Rose, ia hanya ingin menyimpan uang di deposito agar lebih aman. Seiring waktu berjalan, bunga deposito terus mengalami penurunan.

“Saya bilang kepada RM kalau ingin punya pendapatan tambahan dari tabungan. Kemudian, ia memberikan saran pengelolaan keuangan dengan detail dan mendalam. Pada akhirnya, saya bisa mendapatkan penghasilan bulanan dari tabungan tersebut,” kata Rose.

Memasuki tahun kedua bersama DBS Treasures, Rose mengaku sangat menghargai pengalaman dan informasi komprehensif yang ditawarkan oleh Bank DBS Indonesia.

Bahkan, ia merasa mendapatkan keistimewaan yang tidak pernah ia alami sebelumnya.

“Suatu hari, saya sedang di Medan dan perlu mengirim uang dollar AS ke Amerika Serikat (AS) untuk anak. Saya sebenarnya punya rekening dollar AS, tapi bukan di Bank DBS Indonesia. Bank tersebut tidak bisa melakukan permintaan saya karena saya sedang tidak di Jakarta,” jelas Rose.

Rose menambahkan, saat itu, ia langsung menghubungi RM untuk mencari solusi perihal pengiriman uang tersebut.

“Ia (RM) langsung mengirim orang dari Bank DBS Indonesia di Medan (pada) hari itu juga untuk mengurus surat pengiriman uang. Prosesnya berjalan dengan lancar dan mudah,” tuturnya.

Sementara itu, nasabah Bank DBS yang berdomisili di Kanada, Rizal, mengatakan bahwa kemudahan bertransaksi merupakan salah satu bukti nyata komitmen DBS Treasures.

Sebagai mitra manajemen kekayaan tepercaya yang ingin mewujudkan future of banking, komitmen DBS Treasures tidak hanya diberikan untuk nasabah yang berada di Indonesia, tapi juga di luar negeri.

Ia mengaku telah mendapatkan pelayanan terbaik dari Bank DBS Indonesia meskipun tidak tinggal di Tanah Air. 

“RM yang mendampingi saya sangat andal, cekatan, dan penuh perhatian. Ia membuat segala urusan jadi mudah. Sebagai nasabah dari beberapa bank lokal dan asing sebelumnya, layanan dari Bank DBS Indonesia adalah yang terbaik yang pernah saya rasakan. Bahkan, untuk urusan lain di DBS Tower pun saya tetap dilayani dengan profesional dan penuh kemudahan,” papar Rizal.

Head of Sales and Distribution Bank DBS Indonesia Melfrida Waty Gultom mengatakan, kebutuhan nasabah selalu menjadi prioritas DBS Indonesia. Oleh karena itu, pihaknya memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah.

“Ini sejalan dengan janji Bank DBS Indonesia sebagai purpose-driven bank yang selalu berupaya untuk memberikan dampak positif ke seluruh aspek sosial, lingkungan, dan ekonomi. Tentunya, ini juga termasuk membantu memecahkan masalah yang dialami oleh masyarakat, terutama di tengah pandemi,” ujar Melfrida.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com