Advertorial

Teknologi AIoT Sudah Merambah AC, Berikut Keunggulan yang Ditawarkan

Kompas.com - 21/12/2021, 19:54 WIB

KOMPAS.com – Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan mulai diterapkan dalam peranti lunak (software) maupun keras (hardware).

Teknologi yang pertama kali diperkenalkan pada 1956 tersebut sudah bisa ditemui di mesin pencari, aplikasi, chatbot, hingga kamera ponsel pintar.

Kehadiran program komputer yang dirancang untuk mengikuti tindakan dan pola pikir manusia itu mampu memberikan kemudahan bagi penggunanya. Misalnya, AI pada chatbot dapat membantu konsumen menyampaikan keluhan dan pada kamera ponsel dapat mempercantik hasil foto.

Perkembangan AI yang cukup pesat juga mendorong hadirnya internet of things (IoT). Program IoT yang terintegrasi pada internet dan komputer merupakan perpaduan yang efisien untuk memudahkan segala pekerjaan penggunanya.

Penggabungan kedua program tersebut kemudian dinamakan artificial intelligence internet of things (AIoT). Pada siklus kerjanya, IoT mengumpulkan informasi dari berbagai sumber dan perangkat. Sedangkan, AI berperan sebagai mesin yang dapat menganalisa dan memutuskan suatu tindakan dari data yang terkumpul.

Kedua penggabungan program itu membuat AIoT menjadi teknologi yang mampu manganalisa dan membuat keputusan dengan cepat berdasarkan data yang diterima, serta user friendly.

Kini, pengaplikasian AIoT pada peralatan elektronik semakin meluas. Peralatan seperti pendingin ruangan atau air conditioner (AC) juga sudah dibekali dengan teknologi AIoT.

Salah satu produsen perangkat elektronik, Sharp Electronics Indonesia, memperkenalkan AC yang dilengkapi teknologi AIoT, yakni New J-Tech Inverter with AIoT Plasmacluster series.

Pada seri tersebut, Sharp merilis tiga varian, yaitu AH-XP6YHY dengan kapasitas 0,5 paard kracht (PK), AH-XP10YHY berkapasitas 1 PK, dan AH-XP13YHY berkapasitas 1,5 PK.

Teknologi AIoT yang disematkan pada AC milik Sharp dapat merasa, berpikir, dan memberikan saran pengaturan untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna.

Keberadaan teknologi AIoT tersebut juga menjawab kebutuhan masyarakat yang menginginkan peralatan elektronik dapat terhubung dengan internet.

Konektivitas itu dapat memberikan pengalaman baru sekaligus kemudahan saat menggunakan peralatan elektronik seperti AC.

Lalu, seperti apa kemudahan yang ditawarkan Sharp dalam produk AC berteknologi AI?

Pengaturan pintar

Teknologi AI akan membuat AC semakin “pintar”. Pada AC Sharp AIoT Plasmacluster Inverter, kepintaran ditunjukkan saat mengontrol AC.

Selain remote control konvensional, AC Sharp AIoT Plasmacluster Inverter juga bisa dikontrol menggunakan smartphone melalui aplikasi Sharp AirAnda bisa mengatur suhu serta volume angin kapan dan di mana pun.

Teknologi tersebut akan memudahkan Anda bila sedang bepergian dan ingin ruangan dalam kondisi sejuk saat sampai di rumah.

Tak hanya itu, AC Sharp AIoT Plasmascluster Inverter juga dibekali dengan teknologi jetstream. Teknologi ini membuat AC dapat mendinginkan ruangan lebih cepat walau suhu di luar panas.

Aplikasi Sharp Air juga dapat membuat jadwal untuk menyalakan ataupun mematikan AC Sharp AIoT Plasmacluster Inverter secara otomatis. Dengan begitu, Anda tinggal mengatur jadwal AC layaknya alarm sehari-hari.

Mengamati udara di ruangan

Selain mengatur AC, Anda juga bisa mengamati kondisi suhu maupun kelembapan udara di ruangan melalui aplikasi Sharp Air. Dengan demikian, Anda dapat mencari setelan atau pengaturan suhu AC yang pas untuk ruangan Anda.

Misalnya, ruangan Anda sedang bersuhu 33 derajat Celcius dan kelembapan udara mencapai 70 persen. Anda pun bisa menurunkan suhu ruangan dengan mengatur setelan AC yang sesuai agar ruangan tersebut nyaman.

Teknologi motion sensor

Teknologi motion sensor yang terdapat pada AC Sharp AIoT Plasmacluster Inverter membuat Anda tidak perlu repot untuk mengatur suhu.

Pasalnya, teknologi tersebut dapat membaca, mengetahui pergerakan, dan jumlah orang di dalam ruangan.

Sebagai contoh, ketika kondisi ruangan sedang ramai dan banyak pergerakan, AC Sharp AIoT Plasmacluster Inverter secara otomatis menurunkan suhu dan meningkatkan volume udara.

Memantau penggunaan energi

Teknologi pintar yang disematkan di AC Sharp AIoT Plasmacluster Inverter bisa memantau penggunaan energi dari AC. Anda bisa dengan mudah melihat besaran energi yang digunakan lewat aplikasi Sharp Air. Dengan begitu, penggunaan energi pada AC dapat diminimalisasi sesuai kebutuhan.

Anda juga bisa mengecek waktu tepat untuk membersihkan AC. Sebab, pada aplikasi Sharp Air, Anda bisa melihat indikator kebersihan AC dalam persentase.

Aplikasi itu bisa pula merekomendasikan waktu terbaik untuk membersihkan maupun men-service AC. Dengan fitur ini, Anda pun takkan kelupaan untuk membersihkan AC.

Sistem AIoT ramah lingkungan

Teknologi AI yang tersemat pada AC Sharp AIoT Plasmacluster Inverter membuat AC ini dikenal sebagai pendingin ruangan yang ramah lingkungan. Pasalnya, teknologi ini dapat menyarankan pengaturan AC yang cocok sesuai dengan kebiasaan pengguna.

Adapun j-tech inverter dan eco power saving mode bekerja dengan cara mengatur kompresor dan kipas agar menggunakan energi sekecil mungkin untuk mencapai suhu ruangan yang diinginkan. Dengan begitu, AC besutan Sharp ini dapat menghemat energi yang digunakan hingga 65 persen.

Untuk memberikan kenyamanan kepada pelanggan, Sharp pun memberikan garansi kompresor hingga 10 tahun. Garansi ini juga merupakan bukti dan jaminan ketangguhan dari AC Sharp AIoT Plasmacluster Inverter.

Hasilkan udara berkualitas dengan ion plasmacluster

Selain teknologi AIoT, AC Sharp AIoT Plasmacluster Inverter juga dibekali teknologi lain yang mendukung kesehatan penggunaan, yakni ion plasmacluster. Teknologi ini mampu membunuh virus dan mikroba yang tersebar bebas di udara ruangan.

Kemudian, AC tersebut juga memiliki teknologi wind clean system dengan plasmacluster ion yang bisa membersihkan sisi dalam AC secara otomatis. Dengan begitu, pengguna tidak perlu khawatir dengan kualitas udara yang dihasilkan AC.

Untuk diketahui, teknologi plasmacluster pada AC Sharp AIoT Plasmacluster Inverter mampu menghasilkan dan melepas ion yang berasal dari hidroksida (OH) positif serta negatif yang sama seperti di alam.

Setelah menjernihkan udara, ion-ion tersebut akan bergabung dengan hidrogen (H) berubah menjadi air dan kembali ke udara.

Dengan keunggulan itu, ruangan yang menggunakan AC Sharp AIoT Plasmacluster Inverter akan memiliki udara yang lebih jernih dan sehat.

Pendingin ruangan besutan Sharp tersebut juga dapat diatur hingga suhu 14 derajat Celcius. Angka ini merupakan suhu terendah yang pernah ada pada pendingin ruangan.

Dengan berbagai kelebihan AC Sharp AIoT Plasmacluster Inverter series, perangkat elektronik pintar ini wajib Anda pilih untuk melengkapi gaya hidup pintar di era digital. Pasalnya, berbagai kelebihan tersebut dapat memudahkan Anda untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

-Dok. Sharp -

Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa mengklik tautan berikut. Yuk, pintar pakai Sharp agar mudah menjalani kehidupan sehari-hari.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com