Advertorial

Dukung Peningkatan Kualitas SDM, PHR Tandatangani Nota Kesepahaman dengan 5 Perguruan Tinggi di Riau

Kompas.com - 23/12/2021, 15:38 WIB

KOMPAS.com – PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) yang mengelola Wilayah Kerja (WK) Rokan menandatangani Nota Kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan lima perguruan tinggi di Riau, Rabu (23/12/2021).

Perguruan tinggi tersebut adalah Universitas Riau, Universitas Islam Riau, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Universitas Lancang Kuning, dan Universitas Muhammadiyah Riau.

Adapun kerja sama tersebut merupakan wujud dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PHR di bidang pendidikan. Selain itu, kerja sama tersebut menjadi bentuk komitmen perusahaan dalam mendukung upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang unggul di era revolusi industri 4.0.

Direktur Utama PHR Jaffe A Suardin mengatakan, penandatangan Nota Kesepahaman ini akan menjadi dasar untuk kerja sama pelaksanaan program TJSL pada 2022.

“Tentu juga melibatkan pihak lain dari berbagai elemen, seperti pemerintah, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), serta organisasi dan institusi terkait lainnya. Fokus kemitraan kami adalah untuk mendukung program-program unggulan pemerintah, seperti Menara Vokasi dan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM),” ujar Jaffee dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (23/12/2021).

Jaffe menambahkan, ruang lingkup kemitraan dan kerja sama dengan lima perguruan tinggi tersebut meliputi peningkatan kualitas SDM dengan memajukan pendidikan, pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, persiapan, serta penyusunan perbaikan akreditasi program studi.

Selain itu, kerja sama itu juga bertujuan membuka peluang bagi mahasiswa dan staf pengajar di perguruan tinggi untuk berpartisipasi dalam kegiatan TJSL PHR.

Nota Kesepahaman antara PHR dengan lima perguruan tinggi di Riau.Dok. PHR Nota Kesepahaman antara PHR dengan lima perguruan tinggi di Riau.

Untuk diketahui, sebelumnya, PHR juga telah menandatangani MoU sejenis dengan Politeknik Bengkalis, Politeknik Caltex Riau (PCR), dan Sekolah Tinggi Pariwisata Riau.

Sejumlah program TJSL di bidang pendidikan diinisiasi PHR WK Rokan pada kerja sama tersebut. Salah satunya, program beasiswa untuk mahasiswa suku Sakai.

Beasiswa tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM dan memberi peluang mahasiswa suku asli Riau agar mampu bersaing di dunia kerja ataupun berdikari sebagai wirausahawan.

Sebagai informasi, kegiatan penandatangan MoU antara PHR dengan lima perguruan tinggi Riau turut dihadiri Rektor Universitas Riau Prof Dr Ir Aras Mulyadi MSc, Rektor Universitas Islam Riau Prof Dr Syafrinaldi SH MCL, Rektor Universitas Lancang Kuning Dr Junaidi M Hum, dan Rektor Universitas Muhammadiyah Riau Dr Mubarak Msi.

Selanjutnya, ada Rektor Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Prof Dr Hairunas MAg, Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi, dan perwakilan dari Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Perwakilan Sumatera Bagian Utara (Sumbagut).

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com