Advertorial

Telkomsel Umumkan Pemenang Dunia Games Awards 2021

Kompas.com - 24/12/2021, 18:18 WIB

KOMPAS.com – Telkomsel melalui Dunia Games mengumumkan pemenang penganugerahan Dunia Games Awards (DGA) 2021, Kamis (23/12/2021).

Pengumuman tersebut disiarkan secara virtual melalui aplikasi MAXstream, serta kanal YouTube Dunia Games dan Telkomsel.

Ada 17 kategori dan pemenang dalam DGA 2021 untuk para gamers, atlet esports profesional, contentcreator, esports organizer, publisher dan developergame lokal, celebrity gamers, serta fan club esports.

“Semoga ajang penghargaan DGA 2021 dapat disambut positif oleh seluruh pihak. Saya juga berharap, ajang ini juga menjadi stimulus untuk terus berkarya, berprestasi, dan berkontribusi lebih pada perkembangan industri game dan esports Tanah Air,” kata Vice President (VP) Digital Lifestyle Telkomsel Nirwan Lesmana dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis.

Ia melanjutkan, DGA tidak hanya menjadi ajang apresiasi semata. Lebih dari itu, DGA juga membuka peluang kolaborasi bersama seluruh industri, khususnya dalam pemanfaatan solusi teknologi terintegrasi guna mendorong kemajuan ekonomi kreatif Indonesia.

Selain itu, acara besutan Telkomsel itu dihadirkan sebagai upaya untuk menarik minat masyarakat umum agar dapat mendalami ekosistem gaming dan esports di Indonesia.

DGA 2021 juga menyajikan berbagai pertunjukkan, mulai dari charity fun matchcosplay parade, hingga pertunjukan musik. Ragam acara ini dibuat untuk dinikmati oleh para game enthusiast dan masyarakat Indonesia.

Bersamaan dengan momen DGA 2021, Telkomsel turut menghadirkan konten dokumenter orisinal bertajuk “Indonesian Esports Legend - Push It Down!”. Konten ini bisa disaksikan secara eksklusif melalui platform konten video-on-demand MAXstream.

Melalui konten tersebut, Telkomsel menunjukkan perkembangan industri game dan esports Indonesia.

Kehadiran dokumenter itu juga merupakan bentuk apresiasi sekaligus motivasi bagi seluruh entitas industri untuk terus bergerak maju dalam memperkuat ekosistem games dan esports nasional untuk kemajuan bangsa.

Dalam paparannya, Nirwan menjelaskan bahwa industri gaming dan esports Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk terus tumbuh. Bahkan, berpotensi menjadi salah satu kekuatan ekonomi digital nasional di masa depan.

Terbukti, industri game menjadi salah satu sektor yang berkontribusi pada pendapatan domestik bruto (PDB) 2020.

Walau demikian, lanjut Nirwan, perlu komitmen untuk bisa mewujudkan hal tersebut. Karenanya, sinergi dan dukungan dari berbagai pihak dibutuhkan.

“Ke depan, kami berharap dapat kembali menghelat DGA dengan skala yang lebih besar untuk dapat mengapresiasi berbagai capaian yang lebih luas di sektor ekonomi kreatif nasional,” tutur Nirwan.

Penerima penghargaan DGA 2021.Dok. DGA Penerima penghargaan DGA 2021.

Daftar pemenang DGA 2021

Pemenang DGA 2021 ditetapkan berdasarkan hasil voting masyarakat melalui situsdgawards.duniagames.co.id yang dilaksanakan sejak 1-14 Desember 2021. Berikut daftar pemenang ajang ini.

  1. Male Esports Player of the Year - Bigetron (BTR) Luxxy
  2. Female Esports Player of the Year - EVOS Caramel
  3. Game of the Year - Mobile Legends Bang Bang
  4. Esports Team of the Year - EVOS
  5. Publisher Tournament of the Year - Mobile Legends Premier League (MPL) Indonesia (ID)
  6. Non-publisher Tournament of the Year - Dunia Games League (DGL) 2021
  7. Gaming Content Creator of the Year - Windah Basudara
  8. Indonesia Game of the Year - Lokapala
  9. Game Publisher of the Year - Moonton
  10. Cosplayer of the Year - Kameaam
  11. Esports Fans Club of the Year - Evos Fams
  12. Caster of the Year - Clara Mongstar
  13. Esports Coach of the Year - EVOS Zeys
  14. Esports Brand Ambassador of the Year - EVOS Rachel
  15. Celebrity Gamer of the Year - Tretan Muslim
  16. Rookie of the Year - EVOS Ferxiic
  17. Lifetime Achievement - Former President dari Indonesia Esports Association (IESPA) Eddy Lim

Untuk diketahui, penghargaan Lifetime Achievement yang didapatkan oleh Eddy tak terlepas dari besarnya kontribusi dan dedikasi yang telah ia berikan dalam memajukan industri game dan esports di Tanah Air sejak 2013-2021.

Pemenang penghargaan DGA 2021.Dok. DGA Pemenang penghargaan DGA 2021.

Untuk mengetahui informasi lengkap mengenai daftar pemenang penghargaan DGA 2021, Anda dapat mengaksesnya melalui telkomsel.com/games/DGawards-2021.

Sementara highlight rangkuman kegiatan DGA 2021, dapat disaksikan di SCTV pada Jumat (24/12/2021) pukul 12.00-12.30 WIB.

Informasi lebih lanjut mengenai Dunia Games lainnya dapat diakses melalui www.duniagames.co.id.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com