Advertorial

Demi Genjot Laju Vaksinasi, Kemendagri Siapkan Apresiasi dan Sanksi untuk Pemda

Kompas.com - 24/12/2021, 21:03 WIB

KOMPAS.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mengatakan, pemerintah pusat akan mengapresiasi pemerintah daerah (pemda) dengan laju vaksinasi Covid-19 sesuai target. Sebaliknya, daerah yang memiliki capaian vaksinasi rendah akan diberikan sanksi.

Hal tersebut diungkapkan Mendagri dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Penanganan Covid-19 dan Percepatan Vaksinasi di Aula Kantor Gubernur Maluku, Jumat (24/12/2021). Sebagai informasi, Rakor diikuti oleh Gubernur Maluku, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Maluku, kepala daerah se-Maluku, serta beberapa pejabat terkait lainnya.

“Bagi (daerah) yang jauh sekali (laju vaksinasinya), pasti kami akan memberikan sanksi. Misalnya, dengan tidak diberikan Dana Insentif Daerah (DID), evaluasi ulang terkait pemberian Dana Alokasi Khusus (DAK), dan beragam bentuk sanksi lain,” tegas Tito dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat.

Tak hanya itu, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) juga akan mengumumkan pemda yang tak berhasil mencapai target vaksinasi ke khalayak umum.

Untuk diketahui, capaian vaksinasi menjadi salah satu indikator evaluasi kinerja pemda. Karena itu, Tito mengimbau seluruh pemda agar dapat menggenjot capaian vaksinasi hingga akhir Desember 2021.

Hal tersebut sejalan dengan ketetapan Presiden Joko Widodo yang telah menargetkan capaian vaksinasi dosis pertama sebanyak 70 persen hingga akhir Desember 2021.

Menurutnya, pencapaian itu hanya bisa diraih bila seluruh daerah di Indonesia bekerja sama untuk mewujudkannya.

Oleh karena itu, seluruh pemda diimbau meningkatkan laju vaksinasinya sehingga jarak capaian antardaerah tidak terlalu jauh.

Adapun evaluasi pencapaian vaksinasi akan dilakukan pada awal Januari 2022. Evaluasi tingkat daerah akan dilakukan oleh pemerintah pusat. Sementara, evaluasi di tingkat provinsi akan langsung dilakukan oleh Presiden.

Sementara itu, Kemendagri akan mengevaluasi capaian vaksinasi pemerintah di tingkat kabupaten atau kota.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com