Advertorial

Pemenang Lomba Fotografi dan Writing Competition BPJS Ketenagakerjaan Sudah Diumumkan, Cek di Sini!

Kompas.com - 24/12/2021, 21:20 WIB

KOMPAS.com - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) mengumumkan daftar pemenang Lomba Fotografi dan Writing Competition 2021.

Adapun kompetisi yang juga menjadi bagian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-44 BPJAMSOSTEK tersebut mengusung tema “BPJAMSOSTEK Adaptif dan Solutif untuk Pekerja Indonesia” dan digelar sejak 1 November hingga 5 Desember 2021.

Untuk kompetisi fotografi, BPJAMSOSTEK membagi perlombaan ke dalam tiga kategori, yakni kategori Pewarta, Umum, dan Ponsel.

Sementara, kompetisi menulis dikhususkan untuk kalangan pewarta dengan tiga kategori, yakni Hard News Media Online, Feature Media Online, dan Feature Media Cetak.

Pada lomba fotografi, BPJAMSOSTEK menggandeng Pewarta Foto Indonesia (PFI) Jakarta sebagai pelaksana acara.

Adapun juri pada lomba kategori fotografi terdiri dari Direktur Utama (Dirut) BPJAMSOSTEK Anggoro, fotografer dari Agence France Presse (AFP) Adek Berry, dan anggota Fotografer Associated Press (AP Photo) Achmad Ibrahim.

Hingga akhir periode pendaftaran, terdapat 3.486 karya yang diterima oleh BPJAMSOSTEK. Dari jumlah tersebut, 1.537 lolos seleksi administrasi dan berhak melaju ke tahap penjurian.

Jumlah tersebut mengalami peningkatan secara signifikan ketimbang kompetisi serupa pada 2019. Total hadiah yang diperebutkan pada lomba tahun ini juga bertambah, yakni sebesar Rp 105 Juta.

Pada lomba tersebut, terpilih 44 karya terbaik yang terdiri dari tiga juara dari masing-masing kategori dan 35 nominator.

Anggoro mengaku bahwa dewan juri cukup kesulitan dalam memilih juara dari ratusan karya terbaik yang telah dikirimkan.

“Saya mengucapkan selamat kepada 44 foto terbaik yang terpilih menjadi pemenang dan masuk dalam nominasi,” ujar Anggoro dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (24/12/2021),.

Rincian pemenang lomba fotografi sebagai berikut.

  1. Kategori Pewarta

Juara 1: Fauzan - Antara

Juara 2: Evan Zumarli – SumateraEkspres

Juara 3: Muhamad Solihin

  1. Kategori Umum

Juara 1: Ichsan Said

Juara 2: Nyoman Hendra

Juara 3: Mirza Baihaqie 

  1. Kategori Ponsel

Juara 1: Muhammad Cahayadi

Juara 2: Aceng Sofian

Juara 3: Tahta Adilia

Sementara itu, pada kompetisi menulis, total hadiah yang disediakan BPJAMSOSTEK mencapai Rp 83,5 juta. Lomba menulis khusus jurnalis ini pun turut mendapatkan antusiasme tinggi dari para peserta.

Hal tersebut terlihat dari jumlah pendaftar yang mencapai 230 jurnalis dengan total 452 artikel.

Adapun dewan juri yang bertugas pada kompetisi tersebut adalah Ketua Dewan Pengawas BPJAMSOSTEK Zuhri, anggota Dewan Pers Agus Sudibyo, dan Pemimpin Redaksi Bisnis Indonesia Maria Y Benyamin.

Berikut daftar pemenang lomba tersebut.

  1. Kategori Hard News Media Online

Juara 1 : Aditya Jaya Iswara - Kompas.com

Juara 2 : Ecep Sukirman - Pikiran-rakyat.com

Juara 3 : Andira - Suarakarya.id 

  1. Kategori Feature Media Online

Juara 1 : Muhammad Iqbal Fahmi - Kompas.com

Juara 2 : Lilik Darmawan - Mediaindonesia.com

Juara 3 : Iim Fathimah Timorria - Bisnisindonesia.id 

  1. Kategori Feature Media Cetak

Juara 1 : Novantar Ramses Negara - Pontianak Post

Juara 2 : Dinda Wulandari - Bisnis Indonesia

Juara 3 : Henny Elyati - Riau Pos

Apresiasi peserta

Kesuksesan lomba foto dan menulis yang diadakan BPJAMSOSTEK tak lepas dari peran para peserta. Oleh karena itu, Anggoro mengapresiasi para peserta yang telah mengikuti kompetisi dari BPJAMSOSTEK.

“Kami juga berharap perlombaan ini dapat menjadi media edukasi dan publikasi kepada seluruh stakeholder terkait pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan,” ujar Anggoro.

Pada kesempatan tersebut, Anggoro juga mengingatkan peserta bahwa kompetisi tidak dipungut biaya apa pun.

“Maka dari itu, para pemenang diimbau untuk berhati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan BPJAMSOSTEK,” jelas Anggoro.

Zuhri juga turut memberikan selamat kepada seluruh pemenang lomba.

Ia turut pula mengapresiasi seluruh peserta, khususnya Writing Competition, yang telah berpartisipasi dengan mengirimkan artikel-artikel terbaik tentang BPJAMSOSTEK.

Menurutnya, kompetisi menulis sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kompetensi para jurnalis, khususnya terkait program dan manfaat jaminan sosial yang diselenggarakan oleh BPJAMSOSTEK.

“Dengan demikian, jurnalis diharapkan dapat menjadi agen yang turut melakukan sosialisasi serta edukasi kepada masyarakat dan pekerja akan pentingnya menjadi peserta BPJAMSOSTEK,” ujar Zuhri.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com