Advertorial

Kilang Beroperasi Normal di Nataru, Pertamina Jamin Pasokan BBM dan LPG ke Masyarakat Aman

Kompas.com - 25/12/2021, 21:36 WIB

KOMPAS.com – PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) menjamin kilang minyak tetap beroperasi normal serta memproduksi produk olahan yang dibutuhkan masyarakat selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022.

Selain itu, KPI juga memastikan bahwa fasilitas operasi di seluruh kilang Pertamina terjaga keandalannya.

Corporate Secretary PT KPI Ifki Sukarya mengatakan bahwa seluruh pekerja kilang mengemban amanah dan tanggung jawab penuh untuk menjaga keberlangsungan operasional kilang.

“Terlebih, ketika permintaan bahan bakar minyak (BBM) dan liquefied petroleum gas (LPG) meningkat pada momen libur Nataru,” ujar Ifky dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (25/12/2021).

Dengan operasional kilang yang berjalan normal, lanjut dia, pasokan BBM dan LPG ke terminal BBM di seluruh Indonesia juga akan berada dalam kondisi aman.

Ifki menjelaskan, saat ini, Pertamina membentuk Satuan Tugas (Satgas) Nataru yang terdiri atas berbagai pihak terkait di Pertamina.

Satgas tersebut bertugas memantau serta memastikan pemenuhan kebutuhan BBM dan LPG ke masyarakat berjalan normal. Oleh karena itu, Ifki meminta agar masyarakat tetap tenang dan tidak panik.

Sebagai informasi, KPI merupakan Subholding Refining and Petrochemical Pertamina yang mengelola seluruh kilang minyak dan gas (migas) di Indonesia.

Saat ini, terdapat enam refinery unit (RU) di Indonesia yang mengelola minyak mentah (crude) menjadi produk-produk olahan, seperti BBM, LPG, dan petrokimia.

Dengan kapasitas pengolahan sekitar satu juta barrel per hari, kilang-kilang tersebut merupakan aset penting dalam menjaga ketersediaan BBM dan LPG bagi masyarakat.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com