Advertorial

Dorong Capaian IKU, USU Berikan Penghargaan untuk Program Studi dan Fakultas Berprestasi

Kompas.com - 27/12/2021, 20:20 WIB

KOMPAS.com - Universitas Sumatera Utara (USU) memberikan penghargaan kepada program studi (prodi) dan fakultas yang berkontribusi terbanyak dalam pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU).

Penghargaan tersebut diberikan pada kegiatan apel pagi di pelataran Gedung Biro Pusat Administrasi USU, Senin (27/12/2021).

Rektor USU Dr Muryanto Amin, SSos, MSi mengatakan bahwa penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi USU atas kerja keras dan dedikasi prodi serta fakultas kepada universitas.

“Kita akan memulai kebiasaan bekerja sesuai dengan target capaian dan memberikan penghargaan bagi mereka (prodi dan fakultas) yang meraih prestasi. Ini sekaligus jadi peringatan bagi mereka yang masih jauh dari target prestasi,” ujar Muryanto kepada sivitas akademika USU seperti dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin.

Muryanto pun berharap, penghargaan yang diberikan kepada para kontributor IKU terbaik dapat memotivasi fakultas dan prodi lainnya untuk turut berprestasi.

“Pelihara target itu agar tetap berada pada pusaran kinerja yang terbaik. Bagi yang belum, kami berharap upaya dan kerja kerasnya untuk dapat menemukan solusi dari permasalahan yang ada,” kata Muryanto.

Pada kesempatan tersebut, Muryanto juga mengajak seluruh sivitas akademika USU untuk memahami IKU yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Adapun IKU bertujuan untuk mengembalikan tugas dosen dan fungsi kemahasiswaan.

“IKU bertujuan meningkatkan mutu pendidikan serta penyesuaian kualitas lulusan universitas dengan standar dan tuntutan industri sebagai penyerap tenaga kerja. Dengan begitu, IKU dapat memberikan kontribusi yang berorientasi pada high tech level. Terlebih, saat ini kompetisi sudah sangat maju,” jelas Muryanto.

IKU, tambah Muryanto, adalah pedoman yang mendasari seluruh gerak langkah universitas dalam mencapai target yang ditetapkan. Kemudian, indikator tersebut digunakan untuk menyusun rencana kerja dan anggaran. Dengan demikian, produktivitas kampus bisa diperkuat.

“Tahun depan, kami berharap program kerja yang menyasar IKU bisa menunjukkan pertumbuhan yang signifikan,” tuturnya.

Para penerima penghargaan dari Rektor USU.Dok. USU Para penerima penghargaan dari Rektor USU.

Pada 2022, USU membutuhkan gagasan baru yang segar untuk mengakomodasi seluruh perubahan di ruang kelas dan penggunaan teknologi.

“Perguruan tinggi sebagai institusi yang memproduksi sumber daya manusia (SDM) dituntut untuk menyesuaikan pembelajaran agar adaptif dengan dunia kerja dan industri. Kita bisa menerjemahkan tugas rumit ini untuk mendukung lulusan USU dalam memenuhi IKU,” paparnya.

Berikut peraih Penghargaan Kontributor Terbanyak dalam Pencapaian IKU 2020.

Kategori Program Studi dengan Kontribusi Terbanyak untuk Prestasi Mahasiswa

  1. Prodi S1 Teknik Kimia
  2. Prodi S1 Pendidikan Dokter
  3. Prodi S1 Hukum

Kategori Program Studi dengan Kontribusi Terbanyak Hasil Kerja Dosen/Luaran yang Digunakan Masyarakat atau Mendapatkan Rekognisi Internasional

  1. Prodi S1 Teknik Industri
  2. Prodi S1 Teknologi Informasi
  3. Prodi S1 Teknik Kimia

Kategori Program Studi yang Memiliki Kerja Sama dengan Mitra Kelas Dunia

  1. Prodi S1 Pendidikan Dokter
  2. Prodi S1 Teknik Industri
  3. Prodi D3 Kesekretariatan

Kategori Program Studi yang Memiliki Akreditasi Internasional

  1. Prodi S1 Teknik Kimia
  2. Prodi S1 Teknik Mesin
  3. Prodi S1 Teknik Industri
  4. Prodi S1 Pendidikan Dokter

Kategori Fakultas dengan Kontribusi Terbanyak Dosen Berkegiatan di Luar Kampus

  1. Fakultas Kedokteran

Kategori Fakultas dengan Kontribusi Terbanyak untuk Dosen yang Berkualifikasi S3 dan Memiliki Sertifikat Kompetensi

  1. Fakultas Kehutanan

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com