Advertorial

Perkuat Dukungan terhadap UMKM Binaan, BRI Luncurkan Localoka

Kompas.com - 29/12/2021, 19:44 WIB

KOMPAS.com – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI meluncurkan Localoka, yakni platform showcase yang menampilkan outlet sekaligus aggregator pemasaran produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) binaan perusahaan.

Produk usaha yang dijual di Localoka bermacam-macam, mulai dari buah, sayur, frozen food, hingga makanan ringan. 

Peluncuran fasilitas itu diselenggarakan di Gedung Kantor Pusat BRI, Jumat (17/12/2021). Kegiatan ini juga berbarengan dengan Bazaar Klaster Mantriku dan penyerahan sertifikasi halal yang sudah terlaksana rutin setiap bulan.

Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengatakan, Localoka merupakan salah satu realisasi dari komitmen BRI dalam mendukung pemberdayaan pelaku UMKM dan kelompok usaha binaan BRI.

Sebagai aggregator pemasaran, ia melanjutkan, Localoka diharapkan dapat membuat produk UMKM dikenal lebih luas.

“Selama ini, pemasaran produk klaster masih terbatas di wilayah sekitaran kelompok usaha berada. Selain itu, media pemasaran produk masih tradisional sehingga kurang dikenal oleh masyarakat luas,” kata Supari dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (29/12/2021).

Supari pun optimistis bahwa Localoka dapat memperkuat kultur tenaga pemasar BRI, khususnya mantri sebagai advisor pelaku UMKM.

“Program ini juga mampu memperluas akses pasar produk kelompok usaha binaan, customer base acquisition and loyalty, serta menjadi role model pengelolaan business account bagi Mantri untuk merambah online dan go global,” imbuhnya.

Terkait pemberdayaan, Supari menerangkan bahwa konsolidasi terhadap UMKM dan kelompok usaha binaan BRI dilakukan bertahap, mulai dari pameran mini yang diadakan setiap bulan, yaitu Bazaar Klaster Mantriku, hingga pembentukan Localoka.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com