Advertorial

Capai Target Vaksinasi dalam 10 Hari, Pemkab Kolaka Dapat Penghargaan dari Mendagri

Kompas.com - 30/12/2021, 18:24 WIB

KOMPAS.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian memberikan piagam penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) karena berhasil mencapai target vaksinasi dalam 10 hari.

Apresiasi itu diberikan langsung kepada Bupati Kolaka Ahmad Safei di Gedung A Kantor Pusat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta, Kamis (30/12/2021).

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan 70 persen masyarakat Indonesia menerima vaksinasi Covid-19 dosis pertama hingga akhir 2021.

Meski saat ini telah melampaui target, pemerintah memastikan bahwa jarak capaian vaksinasi antardaerah di seluruh Indonesia seimbang satu sama lain.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Mendagri gencar mengunjungi daerah dengan capaian vaksinasi masih di bawah target.

Tito mengatakan, saat kunjungan ke Sultra, Ahmad menyanggupi target vaksinasi di sana bisa tercapai dalam 10 hari. Prestasi itu, menurutnya, sangat luar biasa karena tak mudah dilakukan oleh daerah dengan kondisi geografis seperti di Sultra.

Ia pun berharap, seluruh kepala daerah bisa mengikuti jejak Pemkab Kolaka dalam mencapai target vaksinasi hingga akhir tahun.

“Waktu itu, capaian vaksinasi di Kolaka masih 48 persen. Jujur saja, Ahmad adalah bupati pertama yang saya lihat optimistis (dalam mencapai target vaksinasinya) selama kunjungan saya ke seluruh Indonesia,” katanya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis.

Mendagri juga memberikan satu unit motor dan satu Anjungan Dukcapil Mandiri (ADP) untuk operasional Pemkab Kolaka Dok. Kemendagri Mendagri juga memberikan satu unit motor dan satu Anjungan Dukcapil Mandiri (ADP) untuk operasional Pemkab Kolaka

Tito menjelaskan bahwa informasi mengenai pencapaian vaksinasi Pemkab Kolaka didapatnya dari Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil), Rabu (22/12/2021).

Di sisi lain, Ahmad menjelaskan bahwa keberhasilan pihaknya dalam mencapai target vaksinasi tak terlepas dari motivasi yang diberikan Kemendagri. Apalagi, begitu tahu Tito hendak berkunjung ke Sultra, Pemkab lantas melakukan konsolidasi dengan jajarannya untuk mempercepat vaksinasi.

“Malu kami rasanya (bila) pejabat setingkat menteri harus datang hanya (untuk) persoalan vaksinasi ini,” terangnya.

Ia pun menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh jajaran Pemkab Kolaka, termasuk seluruh masyarakat yang telah membantu pencapaian target vaksinasi Covid-19. Dengan bantuan seluruh pihak, daerahnya dapat mengejar target tersebut hanya dalam waktu 8 hari.

Untuk diketahui, selain piagam penghargaan, Pemkab Kolaka juga mendapatkan satu unit sepeda motor untuk kebutuhan patroli dan satu Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) guna mempermudah pelayanan administrasi kependudukan setempat. 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com