Advertorial

Konser Musik Suryanation Suara Cahaya Nusantara Jadi Penutup Sempurna 2021

Kompas.com - 31/12/2021, 17:06 WIB

KOMPAS.com – Konser musik Suryanation: Suara Cahaya Nusantara sukses menutup tahun ini dengan sempurna.

Tak hanya menampilkan aksi panggung apik dari sederet musisi hebat Indonesia, acara berdurasi 90 menit itu juga menyuguhkan pengalaman menonton konser yang berbeda melalui televisi (TV). Pasalnya, konser diselanggarakan dengan memadukan teknologi extended reality (XR).

Berkat pemanfaatan teknologi tersebut, Suryanation: Suara Cahaya Nusantara berhasil menjadi konser musik dengan teknologi XR pertama di TV Indonesia.

Seperti tajuknya, Suryanation: Suara Cahaya Nusantara menghadirkan pertunjukan musik dari sederet musisi terbaik Tanah Air yang menjadi “suara Indonesia”. Keterwakilan ini dikarenakan karya-karya mereka begitu menggugah, bermakna, dan berpengaruh bagi permusikan Tanah Air.

Selain itu, penamaan tajuk juga dilatarbelakangi keberagaman budaya di Tanah Air. Ini mengingat, Indonesia memiliki 13.000 ribu pulau yang berjajar dari Sabang hingga Merauke. Masing-masing daerah ini memiliki manusia-manusia berprestasi, mampu menaklukkan dunia, dan bermanfaat bagi sesama.

Jadi, ketika seluruh energi bangsa tersebut bersatu, Indonesia akan menyala lebih terang dari sebelumnya.

Adapun musisi yang terlibat pada konser itu adalah Iwan Fals, Noah, Raisa, Tiara Andini, Ndarboy Genk, dan Shine of Black. Mereka membawakan lagu masing-masing dengan iringan musik orkestra yang dipimpin komposer kenamaan Erwin Gutawa.

Keterlibatan Erwin dalam acara itu tak sebatas pengiring para bintang tamu. Ia juga berkolaborasi dengan dua musisi electronic dance music (EDM), yakni Weird Genius yang digawangi oleh Eka Gustiwana, Reza Oktovian, dan Gerald Liu.

Kemudian, produser musik andal asal Mojokerto, Jawa Timur (Jatim), Alffy Rev, juga turut berkolaborasi dengat Erwin.

Bersama mereka, komposer yang juga mantan pemain bas grup musik jazz Karimata itu membawakan suguhan musik hasil perpaduan orkestra dan EDM.

Kemeriahan dan kemegahan Suryanations: Suara Cahaya Nusantara bisa kamu saksikan di Indosiar, pukul 21.30-23.00 WIB pada Sabtu (1/1/2021).

Catat tanggalnya supaya kamu bisa merasakan pengalaman menonton konser berteknologi XR pertama di Tanah Air.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com