Advertorial

Terus Akselerasi Kinerja, Bisnis Wealth Management BRI Tumbuh 9,2 Persen secara Tahunan pada 2021

Kompas.com - 07/01/2022, 10:28 WIB

KOMPAS.com – Bisnis wealth management PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI mencatatkan kinerja positif sepanjang 2021.

Pada akhir 2021, dana kelolaan atau asset under management (AUM) BRI meningkat signifikan sebesar 9,2 persen secara tahunan atau year on year (yoy).

Selain itu, pertumbuhan fee based income (FBI) investasi BRI juga meningkat hingga 45,5 persen yoy dan 23,7 persen yoy untuk FBI bancassurance. Secara keseluruhan, FBI BRI meningkat sebesar 27,3 persen yoy.

Adapun sebagai mitra distribusi, total penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel BRI pada primary market juga meningkat sebesar 21 persen yoy dengan market share penjualan mencapai 11,23 persen.

Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani mengatakan, BRI telah menyiapkan strategi untuk memperkuat edukasi pengelolaan keuangan kepada masyarakat melalui program Headline Wealth Management for All.

“BRI senantiasa menawarkan instrumen produk dengan risiko yang aman. Di sini, kami memproteksi kegiatan investasi lewat kerja sama dengan berbagai pihak, seperti manajer investasi, asuradur, serta sekuritas yang tepercaya dan berpengalaman,” ujar Handayani dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (6/1/2022).

Dalam mengoptimalisasi sinergi di BRI Group, tambah Handayani, perseroan terus melakukan kolaborasi dengan anak perusahaan terkait layanan wealth management.

Salah satunya melalui penambahan produk investasi serta produk bancassurance BRI di sepanjang 2021.

Upaya tersebut akan terus dilakukan sebagai bentuk komitmen BRI dalam mendorong literasi dan inklusi keuangan kepada seluruh lapisan masyarakat ataupun nasabah.

“(Upaya tersebut juga) sesuai moto yang diusung BRI, yakni ‘Memberi Makna untuk Indonesia’. Perusahaan optimistis bisnis wealth management memiliki prospek cerah dan akan terus tumbuh di masa depan. Ini juga bentuk komitmen kami sebagai mitra tepercaya dalam menghadapi iklim investasi dan proteksi di era yang baru,” jelas Handayani.

Saat ini, total outlet layanan nasabah prima BRI mencapai 175 unit. Jumlah tersebut terdiri dari satu Signature Private BRI Outlet, 31 sentra layanan BRI Prioritas, dan 143 priority lounge yang tersebar di seluruh Indonesia.

Selain itu, BRI juga memiliki 114 kantor cabang yang mempunyai izin sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

BRI juga turut serta dalam meningkatkan kapabilitas karyawannya melalui akselerasi sertifikasi bidang pengelolaan keuangan secara masif. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan layanan financial advisory BRI kepada nasabah dan seluruh masyarakat Indonesia.

Lewat kinerja bisnis wealth management yang cemerlang selama 2021, BRI pun berhasil mendapat tiga penghargaan dari Asiamoney, yakni Best Domestic Private Bank, Best for HNW, dan Best for Asset Transition/Succession Planning.

Tak hanya itu, BRI juga berhasil meraih tiga penghargaan internasional pada tahun yang sama, yakni Best Private Bank for HNWIs Indonesia dari The Asset Triple A dalam Private Capital Award 2021, Rank 1 Best Retail Finance Service dari The Asian Banker dan Best Bank for Priority Banking dari Global Private Banking.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com