Advertorial

Sambut 2022, Ajinomoto Tunjukkan Sejumlah Komitmen untuk Indonesia Lebih Sehat dan Hijau

Kompas.com - 07/01/2022, 11:21 WIB

KOMPAS.com – Produsen bumbu penyedap makanan terkemuka yang hadir sejak 1969, PT Ajinomoto Indonesia (Ajinomoto), memperkuat komitmennya untuk mendampingi masyarakat Indonesia walau di tengah pandemi Covid-19.

Melalui slogan “Eat Well, Live Well”, Ajinomoto terus berkontribusi dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat Indonesia sekaligus membawa perusahaan yang lebih ramah lingkungan.

Hal tersebut dibuktikan lewat sejumlah upaya perusahaan yang sejalan dengan Ajinomoto Share Value (ASV), yakni health and wellbeing, food resources, dan global sustainability. Berikut sejumlah upaya yang telah dilakukan.

  1. Menciptakan lingkungan berkelanjutan untuk Indonesia Hijau

Dalam proses produksi, Ajinomoto berkomitmen menjaga lingkungan. Pabrik Ajinomoto di Mojokerto, Jawa Timur (Jatim), misalnya, berhasil mengefisienkan penggunaan air hingga 35 persen.

Pabrik tersebut juga mengembangkan sistem pengelolaan air limbah atau waste water management improvement. Operasional pabrik juga menerapkan prinsip 4R, yakni reduce, reuse, recovery, dan recycle.

Proses bisnis Ajinomoto pun berhasil menurunkan emisi karbon sebesar 38.500 ton. Pengurangan ini dihasilkan melalui penghematan konsumsi bahan bakar seluruh moda transportasi di tempat kerja, pemangkasan penggunaan tenaga listrik, dan pencegahan kebocoran uap pada peralatan produksi.

Kemasan kertas Ajinomoto MSG merupakan salah satu upaya perusahaan dalam mengurangi penggunaan material plastik pada kemasan.Dok. Ajinomoto Indonesia Kemasan kertas Ajinomoto MSG merupakan salah satu upaya perusahaan dalam mengurangi penggunaan material plastik pada kemasan.

Terkait sampah plastik, Ajinomoto ikut mengatasi masalah tersebut dengan mengurangi penggunaan material plastik di kemasan Ajinomoto MSG paper packaging hingga 30 persen.

Langkah ini juga diikuti oleh brand Masako yang berada di bawah naungan Ajinomoto secara bertahap mulai Oktober 2021. Selain pada kemasan, Masako juga mengurangi penggunaan material plastik pada bagian header part.

Upaya yang dilakukan Masako melalui gerakan no inner plastic dan take out header part  dapat mengurangi penggunaan plastik sebesar 8,4 persen daripada kemasan sebelumnya.

Langkah Ajinomoto tidak berhenti sampai di situ. Perusahaan asal Jepang ini juga mengolah sisa produksi monosodium glutamate (MSG) menjadi berbagai produk alternatif, seperti produk tambahan nutrisi untuk pakan ternak fermented mother liquor (FML) dan pupuk Ajifol.

Petani juga diberi bantuan oleh Ajinomoto dalam pengaplikasian pupuk Ajifol di lahan mereka dengan menggunakan drone.

Dari serangkaian uji coba, pemupukan dengan bantuan drone hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit per hektare (ha) dan air 16 liter per ha.

Jumlah tersebut terbilang efisien bila dibandingkan penyemprotan pupuk secara manual yang membutuhkan waktu sekitar setengah hingga satu hari per ha dengan jumlah air sekitar 200 liter per ha.

Upaya Ajinomoto tersebut turut mendukung budi daya pertanian berkelanjutan. Pasalnya, pemupukan menggunakan drone dapat menghemat penggunaan air, sumber daya manusia (SDM), dan biaya produksi.

Presiden Direktur PT Ajinomoto Indonesia Shinichi Matsumoto mengatakan, berbagai upaya tersebut merupakan komitmen perusahaan untuk mengurangi dampak terhadap lingkungan hingga 50 persen.

“Kami berharap, langkah yang kami tempuh dapat menginspirasi dan memicu berbagai pihak untuk turut serta dalam pemeliharaan lingkungan sekitar. Bukan hanya untuk kepentingan saat ini, melainkan juga demi kebahagiaan dan kesehatan keluarga Indonesia di masa depan,” tutur Matsumoto dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (6/1/2021).

  1. Dukung perkembangan prestasi anak bangsa

Selain lingkungan hidup, Ajinomoto juga ikut mendukung perkembangan prestasi anak bangsa. Salah satu upaya tersebut diwujudkan melalui Winning Meals Program (WMP) Kachimeshi.

Winning Meals Program (WMP) Kachimeshi.Dok. Ajinomoto Indonesia Winning Meals Program (WMP) Kachimeshi.

Melalui program WMP, perusahaan mendukung persiapan atlet renang nasional I Gede Siman Sudartawa atau Siman. Dukungan ini berupa bantuan makanan bergizi seimbang.

Makanan bergizi seimbang tersebut dapat menurunkan kadar lemak Siman dengan tetap menjaga tingkat energi. Dengan demikian, ia dapat memperoleh hasil baik dalam rekor renangnya.

Lewat program WMP, Ajinomoto telah membuktikan bahwa makanan bergizi seimbang merupakan kunci untuk mencapai fisik yang unggul.

  1. Dukungan di bidang edukasi dan nutrisi

Nutrisi yang seimbang tidak hanya menjadi kunci mencapai kondisi fisik yang unggul. Gizi yang baik pun turut menjadi modal dalam perkembangan mental dan fisik anak.

Matsumoto mengatakan, anak Indonesia membutuhkan nutrisi yang baik dan lengkap untuk tumbuh. Dengan nutrisi yang lengkap, perkembangan mental dan fisik anak Indonesia akan bertambah baik sehingga Indonesia dapat tumbuh menjadi bangsa yang kuat.

Karena itulah, lanjut Matsumoto, Ajinomoto menginisiasi School Lunch Program (SLP) guna mencegah masalah malnutrisi pada anak-anak. Dalam pelaksanaan program ini di sejumlah pesantren, Ajinomoto menggandeng Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Kementerian Agama.

Kerja sama tersebut juga menghasilkan buku panduan SLP yang berisikan edukasi gizi, tips pelaksanaan program, dan berbagai aplikasi menu lezat bergizi seimbang.

 “Melalui program tersebut, kami mendapatkan hasil yang positif dengan adanya perbaikan gizi para santri,” ujar Matsumoto.

Selain program SLP, Ajinomoto juga memberikan beasiswa kepada anak bangsa melalui program Ajinomoto Foundation.

Beasiswa untuk tahun ajaran 2023 itu diberikan kepada mahasiswa pascasarjana dari Indonesia yang terpilih untuk melanjutkan studi di tujuh pilihan universitas yang ada di Jepang.

Tak hanya itu, Ajinomoto juga konsisten mengadakan rangkaian webinar yang mengusung topik kesehatan dan pemanfaatan MSG dalam pemenuhan nutrisi.

Ajinomoto juga terus menyebarluaskan fakta-fakta informatif tentang MSG yang dapat digunakan sebagai penyedap rasa untuk membuat makanan bergizi seimbang, dan tetap memiliki rasa yang lezat.

Lebih lanjut, perusahaan pun mengedukasi masyarakat terkait peran MSG sebagai cara untuk mengendalikan asupan garam. Perusahaan juga mendorong masyarakat untuk tetap menjaga asupan gizi guna meningkatkan harapan hidup sehat masyarakat Indonesia.

Matsumoto menjelaskan, upaya Ajinomoto tersebut merupakan komitmen perusahaan dalam mendukung pemenuhan nutrisi anak bangsa. Pasalnya, nutrisi merupakan modal penting bagi pertumbuhan generasi di masa depan.

  1. Jaminan produk halal

Upaya lain yang dilakukan Ajinomoto adalah mempertahankan kualitas produk dengan Sistem Jaminan Halal (SJH) di semua pabriknya.

Sistem tersebut berhasil membawa Ajinomoto mempertahankan predikat A dan meraih penghargaan Halal Assurance System (HAS) Award 2021 yang diselenggarakan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) pada 31 Mei 2021.

Penghargaan kategori Corporate Achievement on Halal Innovation Award pada Indonesia Halal Industry Awards (IHYA) 2021 dari Kemenperin.Dok. Ajinomoto Indonesia Penghargaan kategori Corporate Achievement on Halal Innovation Award pada Indonesia Halal Industry Awards (IHYA) 2021 dari Kemenperin.

Ajinomoto juga berhasil meraih penghargaan pada kategori Corporate Achievement on Halal Innovation Award pada Indonesia Halal Industry Awards (IHYA) 2021 yang diadakan oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin) pada 17 Desember 2021.

Matsumoto mengatakan, penghargaan-penghargaan tersebut sangat berarti bagi kemajuan manajemen halal, memberikan motivasi, serta kebanggaan bagi perusahaan untuk terus memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat, khususnya pelanggan sebagai prioritas utama.

“Kami selalu mendukung keluarga Indonesia untuk menciptakan kegembiraan dalam memasak dan makan agar dapat meningkatkan kedekatan keluarga serta meningkatkan semangat untuk esok hari,” kata Matsumoto.

Untuk itu, Ajinomoto fokus dalam memberikan kandungan asam amino lewat produknya kepada masyarakat. Sebab. pemenuhan kebutuhan asam amino dapat mendukung pertumbuhan, perkembangan, pemulihan, serta kesehatan fisik masyarakat Indonesia.

“Kami percaya bahwa keluarga Indonesia dapat tumbuh bahagia, sehat, dan menjadi bangsa yang kuat. Eat well and live well,”tutur Matsumoto.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com