Advertorial

Transaksi Transfer Uang Tumbuh Positif, DANA Siapkan Pembaruan Fitur Kirim Uang

Kompas.com - 07/01/2022, 19:12 WIB

KOMPAS.com - Dompet digital DANA mengawali 2022 dengan melakukan sejumlah pembaruan pada layanan Kirim Uang. Layanan ini merupakan salah satu fitur favorit pengguna.

Dengan pembaruan tersebut, pengguna bisa lebih berhemat dalam melakukan transfer uang dan mendapatkan pengalaman yang makin menyenangkan dalam bertransaksi digital.

Pembaruan fitur Kirim Uang juga menegaskan posisi DANA sebagai dompet digital pilihan masyarakat untuk transfer uang.

Chief of Product DANA Rangga Wiseno mengatakan, fitur Kirim Uang menjadi andalan dan dipercaya pengguna DANA.

“Guna memperkaya pengalaman pengguna, kami melakukan pembaruan pada fitur tersebut agar tetap relevan dengan preferensi dan kebutuhan pengguna saat ini,” ujar Rangga dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (7/1/2022).

Rangga menambahkan, fitur Kirim Uang makin digemari masyarakat karena menyuguhkan kemudahan, keamanan, dan kenyamanan dalam mentransfer uang, baik ke sesama pengguna maupun ke akun rekening lain.

Salah satu kemudahan yang ditawarkan adalah fleksibilitas dalam menggunakan beberapa pilihan sumber dana, seperti saldo DANA, kartu debit, dan kartu kredit.

Pengguna pun bisa mengirimkan uang melalui berbagai cara, mulai dari antar-pengguna, chat, hingga link.

“Selain itu, mengirim uang melalui fitur Kirim Uang DANA jadi lebih nyaman karena pengiriman lebih mulus dan cepat. Dari segi keamanan, fitur Kirim Uang dilindungi oleh teknologi keamanan terdepan dan berlapis,” jelas Rangga.

Berkat keunggulan tersebut, lanjut Rangga, fitur Kirim Uang DANA mencatatkan pertumbuhan signifikan.

Hingga akhir 2021, penggunaan fitur Kirim Uang tercatat mencapai lebih dari 350 juta transaksi dengan rata-rata 30 juta transaksi per bulan.

“Desember 2021 merupakan periode tertinggi penggunaan fitur Kirim Uang. Pertumbuhan transaksi fitur Kirim Uang mencapai lebih dari 360 persen (secara tahunan) pada 2021. Angka ini lebih tinggi ketimbang periode Desember 2020,” terangnya.

Pembaruan fitur Kirim Uang

Adapun salah satu pembaruan pada fitur Kirim Uang DANA adalah biaya transfer yang lebih kompetitif. Setelah menikmati gratis transfer hingga 10 kali dengan Kirim Uang DANA, pengguna hanya dikenakan biaya Rp 2.500 pada transfer ke-11 dan seterusnya.

“Pengguna kami yang didominasi oleh generasi Z dan milenial akan bisa berhemat dan menyisihkan uangnya dari biaya ini. Dengan begitu, pengguna bisa mengoptimalkan biaya transfer ringan untuk kebutuhan lainnya,” kata Rangga.

Rangga menjelaskan, penerapan biaya transfer tersebut merupakan kepatuhan dan dukungan DANA terhadap infrastruktur sistem pembayaran terbaru dari Bank Indonesia (BI), yakni BI-Fast.

Selain itu, imbuh Rangga, pengguna DANA kini dapat dengan mudah melacak, memantau, dan menelusuri secara langsung tahapan pengiriman uang.

Untuk memudahkan penanganan setiap transaksi digital pengguna, termasuk fitur Kirim Uang, DANA juga menambahkan Resolution Center yang dapat diakses pengguna secara langsung.

“Kami menyiapkan Resolution Center untuk melayani berbagai kebutuhan dan pertanyaan pengguna melalui saluran resmi Customer Care DANA,” jelasnya.

Dalam pembaruan yang akan datang, lanjut Rangga, pihaknya menyiapkan kolom “Favorit” pada aplikasi DANA.

Kolom tersebut dapat digunakan untuk mengelompokkan daftar nama keluarga atau kerabat dekat pilihan pengguna.

Dengan begitu, saat pengiriman uang berikutnya, pengguna hanya perlu menuju kolom “Favorit” dan memilih tujuan transfer dengan lebih cepat.

Berdasarkan Survei YouGov pada kuartal III 2021, DANA berhasil memperkuat posisi sebagai dompet digital paling digemari untuk transaksi pengiriman uang, baik ke sesama pengguna maupun rekening bank.

Persepsi terhadap DANA juga semakin membaik, khususnya di kalangan pengguna usia 18–24 tahun. Persepsi positif ini terutama didapat dari segi kualitas layanan yang ditawarkan.

“Masyarakat menggunakan DANA karena dinilai aman, terkoneksi dengan beragam aplikasi, diterima di mana-mana, user-friendly, dan bebas biaya administrasi,” kata Rangga.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com