Advertorial

Percepat Kekebalan Masyarakat, Mendagri Luncurkan Vaksinasi Booster di Kepulauan Riau

Kompas.com - 14/01/2022, 11:32 WIB

KOMPAS.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meluncurkan pelaksanaan vaksinasi booster atau dosis ketiga di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Kamis (13/1/2022).

Peluncuran tersebut dilakukan secara simbolis dengan menyuntikkan vaksin dosis ketiga kepada sejumlah peserta. Selain itu, peluncuran juga ditandai dengan menekan tombol sirene oleh Tito bersama Gubernur Kepri Ansar Ahmad beserta sejumlah pejabat.

Tito mengatakan, pemberian vaksinasi dosis ketiga perlu segera dilakukan untuk mempercepat pembentukan herd immunity (kekebalan kelompok). Dengan begitu, masyarakat dapat terhindar dari dampak Covid-19 yang lebih serius.

“Apabila terinfeksi, diharapkan dampaknya pada tubuh tidak terlalu berat. Berbagai studi menunjukkan bahwa (vaksin) booster itu sangat penting," ujar Tito dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (14/1/2022).

Pada kesempatan tersebut, Tito mengapresiasi kerja keras yang Gubernur Kepri, bupati/wali Kota, forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda), dan berbagai pihak lain selama pandemi, termasuk dalam mempercepat vaksinasi.

Upaya tersebut menjadikan Kepri sebagai provinsi ketiga dengan capaian vaksinasi tertinggi dan tercepat di Tanah Air, baik untuk dosis pertama maupun kedua.

Kecepatan vaksinasi yang dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri juga telah menunjukkan hasil yang baik.

Hal ini dibuktikan melalui sejumlah indikator penanganan pandemi yang dinilai mengalami perbaikan. Oleh karena itu, Tito mengimbau kepada seluruh pihak agar kekompakan dapat terus dijaga, termasuk dalam pemberian vaksinasi dosis ketiga.

"Upaya penanganan Pemprov Kepri sangat bagus. Hal itu terlihat dari angka-angka (kasus pandemi) yang menurun jauh," ujar Tito.

Selain itu, Tito juga mengimbau pemerintah daerah untuk terus mendorong masyarakat yang belum divaksin agar segera mengikuti vaksinasi yang disediakan pemerintah.

Pasalnya, vaksinasi perlu dilakukan, terutama bagi masyarakat dari kalangan lanjut usia (lansia) dan anak-anak.

Untuk diketahui, selain meluncurkan vaksinasi booster, Tito juga meninjau salah satu titik perbatasan laut di wilayah Kepri, yaitu di Pulau Karang Singa.

Setelah itu, Tito memimpin rapat koordinasi dalam rangka monitoring, evaluasi program, dan kegiatan strategis di daerah tersebut.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com