Advertorial

Dukung Pengembangan UMKM Setempat, Bank BJB Buka Program Kredit Mesra di Pulau Dewata

Kompas.com - 19/01/2022, 08:00 WIB

KOMPAS.com - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk atau Bank BJB senantiasa menjawab tantangan digitalisasi di tengah keberagaman masyarakat.

Upaya tersebut dilakukan melalui program Masyarakat Ekonomi Sejahtera (Mesra) yang ditujukan untuk mendukung pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Program Mesra diselenggarakan untuk menciptakan ekosistem bisnis yang baik serta memajukan UMKM Indonesia.

Setelah sukses di Jawa Barat, Bank BJB kali ini menginisiasi program kredit Mesra di Provinsi Bali. Program ini diresmikan pada acara bertajuk “BJB Mesrakan Bali" yang digelar di area Pasar Badung, Bali, Selasa (18/1/2022).

Direktur Utama Bank BJB Yuddy Renaldi mengatakan, Pulau Dewata terpilih untuk program tersebut karena memiliki keberagaman yang dapat mendukung sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Selain itu, Bali juga merupakan salah satu centre of excellence pada sektor pariwisata di Indonesia.

"Melalui kegiatan tersebut, Bank BJB berkomitmen ikut serta dalam menggerakkan ekonomi umat dan menyejahterakan pelaku UMKM di sekitar rumah ibadah di Bali," ujar Yuddy dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (18/1/2022).

Sebagai informasi, BJB Mesrakan Bali dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, Wakil Gubernur Bali Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati, Komisaris Utama Independen Bank BJB Farid Rahman, dan Yuddy Renaldi beserta jajaran Bank BJB.

Pada acara tersebut, dilaksanakan penandatanganan beberapa memorandum of understanding (MoU) dan perjanjian kerja sama (PKS) antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat dan Pemprov Bali. 

Kerja sama yang tercantum dalam MoU dan PKS tersebut mencakup berbagai aspek, seperti pemberdayaan koperasi dan UMKM, peningkatan pelayanan publik, serta pengembangan potensi daerah.

Selain itu, Bank BJB menyerahkan Kredit BJB Mesra dan program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Terpadu (Pesat) secara simbolis kepada pelaku UMKM sekitar rumah ibadah di Bali. Bank BJB juga menyerahkan Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) Bank BJB kepada debitur Mesra.

Yuddy menjelaskan bahwa hingga kini, sebanyak 7.695 debitur dari 1.168 kelompok di 9 kota dan 18 kabupaten serta 641 rumah ibadah telah merasakan manfaat Kredit BJB Mesra dengan total outstanding sebesar Rp 29,9 miliar.

Kredit BJB Mesra, lanjut Yudi, merupakan program bersama antara Pemprov Jawa Barat bersama Bank BJB.

Program Mesra merupakan kredit tanpa agunan dengan nilai kredit Rp 500.000 sampai Rp 5 juta. Kreditur hanya dikenai biaya administrasi dan kredit ini diberikan secara berkelompok.

"Tujuan Kredit BJB Mesra adalah membantu masyarakat agar terhindar dari pinjaman online (pinjol) ilegal, rentenir, bank emok, serta lembaga pinjaman ilegal yang besaran bunganya mencekik,” ujar Yuddy.

Mendapat apresiasi positif

Pada kesempatan yang sama, Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati atau yang akrab disapa Cok Ace mengatakan bahwa pihaknya mengapresiasi program BJB Mesrakan Bali.

Menurutnya, program itu memiliki visi yang sama dengan Pemprov Bali, yakni membangun Bali.

Visi tersebut diwujudkan melalui slogan “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” yang berarti menjaga keseimbangan alam Bali beserta isinya dan berbuat kebaikan untuk sesama.

“Penerimaan bantuan pembiayaan Kredit BJB Mesra oleh masyarakat Bali merupakan perwujudan atas visi tersebut,” kata Cok Ace.

Sementara itu, Ridwan Kamil berharap program Kredit BJB Mesra dapat memberikan akses pembiayaan kepada masyarakat secara menyeluruh, termasuk untuk golongan non-bankable.

“Kehadiran Bank BJB diharapkan dapat memberikan pertolongan kepada masyarakat melalui inovasi dan solusi atas layanan perbankan,” ujar Ridwan.

Sebagai salah satu perbankan terbaik di Indonesia, lanjut Ridwan, Bank BJB siap mendukung dan berkolaborasi dengan pemerintah daerah (Pemda).

Sebelumnya, Bank BJB bekerja sama dengan Pemprov Jabar dan Pemprov Bali dalam menghadirkan program Beli Bali untuk meningkatkan aktivitas perekonomian di Bali.

Bank BJB juga memiliki program Kredit BJB Infrastruktur Daerah (Indah) yang bisa diakses oleh pemda untuk percepatan pembangunan.

Dengan demikian, Bank BJB memiliki berbagai program yang siap membantu berbagai pihak, mulai dari masyarakat, korporasi, hingga pemda.

“Saya bangga terhadap berbagai pencapaian yang telah diraih Bank BJB. Semoga prestasi tersebut bisa terus ditingkatkan,” tuturnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com