Advertorial

Mendagri Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Anak Saat Kunker ke Riau

Kompas.com - 21/01/2022, 19:43 WIB

KOMPAS.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meninjau pelaksanaan vaksinasi anak di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 36 Pekanbaru, Riau, Jumat (21/1/2022). Hal ini Mendagri lakukan di sela-sela agenda kunjungan kerja (kunker) ke Riau.

Pada kesempatan tersebut, Mendagri juga menyempatkan untuk berdialog dengan sejumlah camat Pekanbaru secara virtual. Dialog ini dilakukan untuk memastikan program vaksinasi di berbagai kecamatan di Riau berjalan lancar.

Ia juga meminta agar penanganan Covid-19 berfokus pada penegakan protokol kesehatan (prokes) yang mencakup penerapan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak (3M), serta mempercepat vaksinasi.

“Penanganan vaksinasi harus difokuskan pada percepatan vaksinasi booster atau vaksinasi dosis ketiga, vaksinasi anak, dan lanjut usia (lansia). Adapun vaksinasi booster diperlukan untuk memperkuat antibodi,” kata Mendagri dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (21/1/2022).

Vaksinasi anak, lanjutnya, dibutuhkan agar anak-anak dapat melangsungkan pembelajaran tatap muka. Dengan demikian, tidak terjadi learning loss atau kemunduran pengetahuan akademik akibat faktor tertentu.

“Sementara (untuk vaksinasi) lansia, diperlukan langkah door-to-door atau pintu ke pintu karena terkadang lansia lebih sulit diajak ke tempat vaksinasi. Maka dari itu, dibutuhkan tim kecil karena kebanyakan yang meninggal (akibat Covid-19 adalah) lansia,” tambah Mendagri.

Mendagri juga meminta penanganan Covid-19 di Pekanbaru tidak boleh lengah, meski kasus, angka kematian, dan angka keterisian tempat tidur atau bed occupancy ratio (BOR) relatif menurun. Sebab, ancaman dari mutasi virus Covid-19 terus terjadi.

“(Kita tidak boleh lengah). Karena saat ini, ada varian baru bernama Omicron. Di negara lain terjadi ledakan (kasus Covid-19 akibat varian ini),” kata Mendagri.

Sebagai informasi, pertemuan kunker tersebut turut dihadiri oleh jajaran pejabat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), antara lain Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) Safrizal ZA, Pelaksana Harian (Plh) Dirjen Bina Keuangan Daerah (Keuda) Agus Fatoni, Staf Khusus Mendagri Apep Fajar Kurniawan, serta Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri Benni Irwan.

Kehadiran Mendagri itu pun disambut dengan baik oleh Wali Kota Pekanbaru Firdaus dan jajaran perangkat daerah lainnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com