Advertorial

Ini Sederet Cara untuk Menambah Kekayaan yang Mudah Diterapkan

Kompas.com - 28/01/2022, 14:55 WIB

KOMPAS.com – Tidak bisa dimungkiri, semua orang pasti ingin memiliki harta kekayaan yang berlimpah. Bahkan, bermimpi mendapat julukan jutawan hingga miliarder di usia muda. 

Walau harta bukanlah segalanya dan tidak dapat membeli kebahagiaan, menjadi kaya memudahkan seseorang untuk menikmati segala beragam fasilitas. 

Meski sulit, menjadi kaya bukan hal yang mustahil dan dapat diwujudkan. Bila saat ini belum bisa mewujudkan impian untuk menambah kekayaan, tak menutup kemungkinan nasib berubah. Dalam 5 atau 10 tahun mendatang, bisa saja target itu terwujud.

Untuk mendatangkan nasib baik itu, kamu bisa membenahi aktivitas sehari-hari. Bila rutin menerapkannya, kamu pun bisa merasakan peningkatan jumlah kekayaan dalam waktu yang tidak lama. Berikut caranya.

  1. Memperbesar ukuran margin keuntungan

Ketika mendengar margin untung, hal yang kerap terpikir adalah keuntungan dari sebuah usaha. Kamu sebaiknya tidak berpikir terlalu jauh. Margin untung dalam hal ini merupakan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan dari prinsip hidup yang diterapkan.

Untuk menjalani cara yang satu ini, prinsip hidup yang harus kamu pegang adalah memperbesar selisih antara penghasilan dan pengeluaran.

Dengan menerapkan prinsip tersebut, kamu bisa memperoleh margin yang lebih besar sehingga meningkatkan jumlah kekayaan yang kamu miliki secara perlahan.

  1. Memulai sesuatu dengan Rp 10 juta

Nominal Rp 10 juta merupakan modal yang sedikit untuk membuka usaha. Sebaliknya, modal Rp 10 juta bisa meningkatkan dan melipatgandakan kekayaan jika dikelola dengan benar.

Misalnya, membeli saham milik perusahaan melalui bursa saham. Walau demikian, pastikan kamu memilih saham yang tepat dengan mempertimbangkan potensi perusahaan tersebut di kemudian hari.

Dengan begitu, uang yang tadinya hanya Rp 10 juta, akan berlipat ganda tergantung seberapa pintar kamu memilih perusahaan yang kamu beli sahamnya.

Cara lain yang lebih aman, kamu bisa menggunakan Rp 10 juta itu untuk memulai sebuah bisnis kuliner kecil-kecilan. Misalnya saja, bisnis kuliner yang tengah memiliki peluang besar di Indonesia.

  1. Manfaatkan passion

Terlalu fokus terhadap dunia luar yang sangat luas kerap membuat seseorang melupakan passion yang dimilikinya. Padahal, salah satu cara untuk cepat kaya adalah fokus dan mengenal dengan baik kelebihan yang dimilikinya.

Untuk itu, temukan passion yang kamu miliki dengan mencari tahu hal yang membuatmu senang dan nyaman saat mengerjakannya.

Setelah menemukannya, kamu bisa mengubah passion tersebut menjadi sebuah bisnis. Jika memiliki keahlian dalam memasak, misalnya, kamu bisa membuka tempat makan kecil-kecilan untuk memulai usaha sendiri.

Apa pun passion yang kamu miliki, sebaiknya dimanfaatkan untuk menghasilkan uang. Begitu juga saat bermain game, kamu bisa mengikuti berbagai ajang turnamen hingga masuk pada tim e-sports besar.

  1. Tidak menunda investasi

Investasi merupakan pilihan yang tepat untuk meningkatkan kekayaan secara cepat.

Dengan berinvestasi, kamu akan memahami bahwa semakin lama kamu berinvestasi, semakin banyak pula uang yang akan kamu dapatkan. Inilah mengapa waktu disamakan dengan uang.

Sebaliknya, menunda investasi hanya akan membuat kamu semakin menunda dirimu sendiri untuk merasakan seperti apa rasanya ketika memiliki kekayaan yang berlipat. Untuk itu, kamu bisa memulai berinvestasi sejak dini walau dengan nominal kecil sekalipun.

Adapun bila kamu memiliki profil risiko rendah, pilihlah instrumen investasi reksadana atau emas yang dinilai paling aman.

Bila memiliki profil risiko tinggi, kamu bisa langsung terjun ke dunia saham. Dengan catatan, analisis kinerja perusahaan tempat berinvestasi saham terlebih dulu.

  1. Menerapkan gaya hidup sederhana

Setiap orang sering kali berfokus pada bagaimana cara mereka mendapatkan uang sebanyak mungkin. Padahal, hal tersebut tidak selamanya tepat untuk menambah kekayaan. Jika kamu memiliki gaji Rp 10 juta per bulan, tetapi cicilan yang harus kamu tutup mencapai Rp 9 juta per bulan, artinya kamu hanya memiliki bayaran Rp 1 juta.

Untuk itu, kamu sebaiknya fokus untuk menjaga keseimbangan antara pemasukan dan pengeluaran dengan menerapkan gaya hidup sederhana. Dengan begitu, kamu bisa meminimalisasi pengeluaran sehingga jumlah kekayaan yang kamu miliki akan terus meningkat.

  1. Menyimpan uang di Koperasi Rangkul Teman

Selanjutnya, menyimpan uang di koperasi tepercaya, seperti Koperasi Rangkul Teman. Selain tepercaya, koperasi ini juga sudah berbasis digital sehingga kamu bisa menyimpan uang melalui aplikasi di smartphone.

Koperasi Rangkul Teman juga memberikan jasa penyimpanan hingga 10 persen per tahun untuk produk Simpanan. Koperasi ini juga sudah memiliki legalitas dan terdaftar di Kementerian Koperasi Indonesia.

Nah, dengan mengikuti beberapa cara di atas, kamu bisa dengan meningkatkan jumlah kekayaan yang kamu miliki. Tentunya, kamu harus terus menerapkan cara-cara itu meskipun kekayaanmu sudah meningkat nantinya.

Hal tersebut berguna agar keuanganmu tetap stabil sehingga pengeluaran tidak lebih banyak daripada pendapatan. Selamat mencoba!

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com