Advertorial

Tips Memilih Smart CCTV untuk Restoran dengan Tepat

Kompas.com - 11/02/2022, 19:49 WIB

KOMPAS.com – Saat ingin membuka bisnis restoran, kamu harus menyiapkan banyak hal, mulai dari pernak-pernik hingga masalah keamanan. Tujuannya, agar restoran dapat berjalan dengan maksimal.

Adapun untuk menunjang keamanan, pemasangan closed circuit television (CCTV) bisa menjadi pilihan. Di tengah kemajuan zaman seperti sekarang, penggunaan CCTV dengan teknologi termutakhir akan lebih optimal ketimbang CCTV biasa. Apalagi, dari segi biaya, keduanya pun tak jauh berbeda.

Oleh karena itu, penggunaan smart CCTV atau smart cam lebih direkomendasikan untuk menunjang keamanan bisnis seperti restoran.

Alasan restoran perlu dipasang smart CCTV

Pada dasarnya, CCTV atau smart cam sama-sama memiliki peran sebagai kamera pengawas. Bila kamu masih ragu untuk memasang smart CCTV di restoran, beberapa alasan berikut bisa jadi pertimbangan.

  1. Melihat semua aktivitas pegawai dengan jelas

Jika dibandingkan CCTV analog, smart CCTV memiliki kualitas gambar yang lebih baik. Bahkan, tingkat ketajamannya pun jauh berbeda sehingga kamu bisa mengawasi semua aktivitas pegawai dengan jelas.

Berkat kualitas tersebut, banyak orang menilai bahwa kualitas gambar pada CCTV analog terbaik bahkan masih kalah dari smart CCTV paling rendah.

Untuk diketahui, CCTV analog biasa memiliki kualitas gambar hitam putih. Akibatnya, gambar yang dihasilkan seringkali tidak terlihat jelas.

Hal tersebut dapat menjadi celah ataupun alasan bagi oknum yang melakukan kesalahan atau pencurian untuk menutupi perbuatannya. Kamu pasti tidak menginginkan hal seperti ini terjadi.

  1. Dapat merekam video dalam waktu lama

Ketika menemukan tindak kejahatan di restoran seperti pencurian bahan baku, kamu pasti akan melakukan analisis dengan menelusuri waktu perkara.

Saat menggunakan CCTV analog biasa, hasil rekaman hanya bisa dilihat beberapa hari yang lalu saja. Bukti tersebut tentu sangat kurang.

Namun, jika menggunakan smart CCTV, kamu bisa melihat tindakan pencurian tersebut mulai dari awal terekam kamera.

Hal tersebut dikarenakan smart CCTV bisa menyimpan hasil rekaman lebih lama sehingga kamu bisa melakukan analisis dengan mudah.

Contohnya, tindakan pencurian tersebut ternyata sudah dilakukan dari satu bulan penuh. Jika mengandalkan CCTV analog biasa, kamu hanya bisa mengumpulkan bukti selama tujuh hari. Pasalnya, mayoritas rekaman CCTV analog akan terhapus secara otomatis setelah tujuh hari.

  1. Lebih efisien

Sudah jadi rahasia umum bahwa smart CCTV jauh lebih efisien bila dibandingkan CCTV analog biasa.

Pada penggunaan CCTV analog biasa, kamu harus memikirkan cara menginstalasi kabel kamera. Ditambah, CCTV analog memiliki sistem konfigurasi yang sulit antara digital video recorder (DVR) dan berbagai kamera yang terhubung.

Hal tersebut membuat kamu harus mengeluarkan biaya tambahan yang tak sedikit jika ingin memasang kamera di banyak tempat. Hal ini kerap jadi masalah.

Namun, tidak demikian dengan smart CCTV. Kamu bisa memasangnya di mana saja asalkan alat tersebut masih terkoneksi dengan jaringan wireless fidelity (Wi-Fi).

Bahkan, kamu bisa memasang sendiri di restoranmu jika menggunakan CCTV jenis ini.

  1. Bisa mengawasi restoran di mana saja dan kapan saja

Sebagai pemilik restoran, kamu tidak selalu bisa mengawasi tempat tersebut. Apalagi, jika kamu memiliki banyak cabang dan harus mengawasi semuanya secara bergantian.

Agar kinerja dari setiap cabang tetap maksimal, penggunaan smart CCTV terbaik bisa menjadi solusi. Seperti diketahui, smart cam bisa dikoneksikan dengan berbagai macam device.

Dengan begitu, kamu dapat mengawasi keadaan restoran dan kinerja pegawai dari mana saja, termasuk rumah. Hal tersebut juga semakin mempermudah koordinasi dengan pegawai. 

Tips memilih smart CCTV terbaik untuk restoran

Sebagai seorang pembeli, pasti kamu ingin memilih produk yang terbaik. Bagi kamu yang masih bingung dalam memilih produk smart CCTV terbaik, berikut tips untuk menentukannya.

  1. Sesuaikan kebutuhan

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum memilih smart CCTV adalah memastikan kebutuhan yang kamu miliki serta bujet yang tersedia.

Contohnya, kamu ingin memasang CCTV di restoran cabang yang ramai. Kamu jelas membutuhkan smart CCTV yang bisa memantau seluruh aktivitas karyawan dan pelanggan, kualitas gambar yang jelas, dan memiliki fitur yang mutakhir.

Selain itu, harga CCTV tersebut juga harus sesuai dengan bujet yang sudah kamu siapkan.

  1. 2. Memiliki teknologi termutakhir

Smart CCTV yang kamu pilih sudah sepatutnya dilengkapi dengan teknologi paling mutakhir. Salah satu teknologi tersebut adalah fitur untuk membedakan wajah pengunjung dengan karyawan.

Keberadaan teknologi tersebut dapat membantu kamu saat pengunjung very important person (VIP) mampir ke restoran.

Dengan begitu, karyawan bisa langsung mengenali tamu tersebut dan memberikan layanan eksklusif, seperti mengecek ketersediaan meja dan menyiapkan berbagai menu terbaik restoran.

  1. Memiliki alarm keamanan

Fasilitas seperti alarm menjadi hal yang sangat penting bagi pelaku bisnis restoran. Kamu memerlukan jenis smart CCTV yang dilengkapi dengan sistem alarm untuk menjaga keamanan gudang bahan baku.

Pasalnya, ketika terjadi pembobolan, alarm tersebut dapat langsung berbunyi sehingga seluruh staf atau karyawan yang bertugas pada hari itu bisa langsung datang dan melakukan pengecekan.

  1. Dapat menunjukkan antrean dengan jelas

Dengan aturan pembatasan kapasitas pada masa pandemi Covid-19, sebagai pemilik, kamu harus mencari cara agar restoran tetap ramai, tetapi tidak menyebabkan kerumunan.

Pastikan smart CCTV yang dipasang dapat menunjukkan antrean dengan jelas agar tidak menyebabkan kerumunan.

Dengan cara itu, penjadwalan serta pembagian tugas karyawan restoran juga bisa dilakukan dengan maksimal.

  1. Memiliki kualitas gambar yang jernih

Kualitas gambar menjadi salah satu pertimbangan yang harus kamu perhatikan saat memilih smart CCTV.

Sebenarnya, kualitas gambar tergantung dari harga smart CCTV. Semakin mahal harganya, maka akan semakin bagus juga kualitas yang diberikan.

Sebaiknya, sebelum melakukan pembelian, kamu berkonsultasi dengan agen CCTV. Jelaskan titik-titik tempat yang ingin kamu pasang CCTV serta seberapa jelas gambar yang kamu inginkan, seperti bisa merekam plat nomor di parkiran atau yang lainnya.

Dengan berkonsultasi, agen CCTV akan memberikan rekomendasi sesuai kebutuhanmu.

  1. Mudah diintegrasikan pada berbagai device

Sebagai sebuah smart cam, sudah pasti CCTV tersebut dapat dengan mudah diintegrasikan pada berbagai macam device. Misalnya, aplikasi yang digunakan untuk mengakses CCTV bisa diunduh melalui Play Store atau di App Store.

Selain itu, pastikan aplikasi pemantauan CCTV mudah dioperasikan, bahkan untuk pemula sekalipun.

Pasalnya, tidak jarang CCTV dengan harga murah memiliki aplikasi tersendiri, menggunakan bahasa asing, dan sulit untuk dioperasikan. Jika hal ini terjadi, pemantauan tidak bisa dilakukan dengan maksimal.

Rekomendasi smart CCTV terbaik

Bila masih bingung dalam memilih smart CCTV, salah satu rekomendasi yang tepat untuk kebutuhan bisnis restoran adalah produk dari Hikvision Seri Pro dengan AcuSense.

Adapun AcuSense merupakan teknologi dari Hikvision yang menyediakan sensor akurat dalam perangkat keras. Teknologi ini juga didukung dengan algoritma deep learning.

Dengan teknologi tersebut, AcuSense bisa dengan mudah membedakan antara orang dan berbagai target bergerak, seperti kendaraan.

Selain itu, kamu juga bisa fokus pada berbagai kejadian penting, seperti pembobolan kendaraan dan mengetahui seseorang yang masuk tanpa izin ke dalam restoran.

Sebagai sebuah smart CCTV yang banyak direkomendasikan, berikut berbagai keunggulan yang dimiliki Hikvision Seri Pro dengan AcuSense.

  1. Fitur alarm untuk membedakan manusia dan hewan

Teknologi yang dimiliki Hikvision Seri Pro dengan AcuSense dapat dengan mudah mendeteksi dan membedakan antara manusia dan obyek lain, seperti hewan.

Terkadang, meskipun sudah memilih smart CCTV dengan teknologi alarm, teknologi tersebut seringkali kurang mumpuni. Pada banyak kasus, alarm tersebut sering berbunyi ketika terdapat hewan.

Padahal, hal tersebut bukan menjadi sebuah ancaman. Hal ini kerap membuat pegawai kebingungan.

Pada Hikvision Seri Pro dengan AcuSense, produk tersebut mampu mendeteksi pergerakan melalui sensor pendeteksi gerak sehingga kesalahan tersebut dapat diminimalisasi.

Hikvision Seri Pro dengan AcuSense akan bereaksi ketika terdapat penyusup dengan memberikan sinyal kedipan cahaya dan bunyi sirene. Dengan fitur ini, penjahat yang akan menerobos masuk akan mengurungkan niatnya.

  1. Fitur peringatan visual dan suara

Untuk diketahui, kebanyakan smart CCTV hanya memberikan peringatan dalam bentuk visual atau alarm. Sementara, smart CCTV yang memberikan peringatan dengan dua bentuk peringatan itu masih jarang.

Salah satu smart CCTV yang dapat memberikan dua peringatan tersebut adalah Hikvision Seri Pro dengan AcuSense. Bukan hanya mampu mendeteksi gerak dengan maksimal, Hikvision Seri Pro dengan AcuSense juga dapat memberikan peringatan dengan visual dan suara. Dengan begitu, keamanan restoran yang kamu miliki bisa menjadi semakin kuat.

Ketika terdapat hal yang mencurigakan, Hikvision Seri Pro dengan AcuSense akan memberikan notifikasi khusus pada smartphone agar kamu bisa melihat feed video secara langsung dan memastikan kebenaran kejadian tersebut.

  1. Dapat mencari target dengan cepat dan tepat berdasarkan jenis

Pada Hikvision Seri Pro dengan AcuSense, hasil video yang muncul akan diurutkan berdasarkan barang bergerak, seperti manusia atau kendaraan.

Pengelompokan tersebut akan mempermudah dan mempercepat kamu dalam mencari video.

Dengan begitu, kamu bisa dengan mudah mengumpulkan bukti ketika terjadi peristiwa yang tidak diinginkan.

Sebagai pemilik restoran, memilih produk keamanan terbaik menjadi hal wajib yang harus dilakukan.

Daripada memilih produk yang belum tentu kualitasnya, menggunakan Hikvision Seri Pro dengan AcuSense bisa menjadi pilihan terbaik.

Sebagai sebuah smart CCTV yang mumpuni, kualitas Hikvision Seri Pro dengan AcuSense tak perlu diragukan lagi.

Bagi yang tertarik terhadap produk Hikvision Seri Pro dengan AcuSense, silakan kunjungi tautan berikut.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com