Advertorial

Selain Menonton Film, JFF Online 2022 Hadirkan Banyak Aktivitas Seru

Kompas.com - 17/02/2022, 11:13 WIB

KOMPAS.com - The Japan Foundation menggelar Japanese Film Festival (JFF) Online 2022 secara daring selama dua pekan, mulai Senin (14/2/2022) sampai Minggu (27/2/2022).

Festival film tahunan tersebut memutar 20 film Jepang pilihan secara serentak di 25 negara. Film-film yang tayang akan dilengkapi dengan 15 takarir atau subtitle, termasuk bahasa Indonesia, yang dapat disaksikan secara gratis dengan melakukan registrasi di situs JFF Online.

Tidak hanya itu, JFF Online 2022 juga menghadirkan berbagai kegiatan menarik dan kesempatan untuk mendapatkan special merchandise JFF Online 2022.

Salah satu kegiatan yang dapat diikuti adalah menonton film bersama VTuber NIJISANJI ID yang berlangsung pada Rabu (16/2/2022) dan Jumat (18/2/2022) pukul 19.00 WIB sampai selesai. Acara ini dapat disaksikan secara langsung di kanal Youtube Azura Cecillia dan Hyona Elatiora.

Kegiatan tersebut didesain agar penonton di rumah tetap bisa merasakan pengalaman menonton bersama dengan penonton lainnya walaupun secara virtual.

Selanjutnya, ada kuliah umum mengenai tato dalam sinema Indonesia dan Jepang oleh pembuat film dan antropolog dari kedua negara, yaitu Profesor Yoshimi Yamamoto dan Tito Imanda. 

Pembahasan pada kuliah umum tersebut mencakup representasi orang-orang bertato dan penokohannya dalam media film Asia, khususnya Indonesia dan Jepang. Kuliah umum ini digelar pada Minggu (20/2/2022) pukul 15.00-17.00 WIB via Zoom. 

Masyarakat dapat mengikuti kuliah umum tersebut secara gratis dengan melakukan registrasi di tautan ini.

Selain itu, ada pula kegiatan lektur dan demonstrasi bersama pakar perancangan ilustrasi latar film animasi dari Jepang, Masuyama Osamu.

Pada kegiatan tersebut, Osamu akan mengajak peserta untuk mengeksplorasi seluk-beluk penciptaan dunia animasi, serta kegiatan belajar bahasa Jepang dengan tema film yang bisa diikuti oleh para pecinta bahasa Jepang di Indonesia. 

Lektur dan demonstrasi akan berlangsung pada Sabtu (19/2/2022) pukul 14.00-16.00 WIB via Zoom. Kunjungi tautan ini untuk registrasi acara tersebut secara gratis.

Selanjutnya, ada program belajar berbincang bahasa Jepang yang akan diselenggarakan pada Minggu (27/2/2022) pukul 10.00-11.00 WIB via Zoom. Bagi calon peserta yang tertarik dapat melakukan registrasi melalui tautan ini dan harus memenuhi syarat sebagai berikut.

  • Usia di atas 15 tahun
  • Sudah menonton minimal salah satu dari film Patema Inverted atau It’s a Summer Film!/OZLAND
  • Tidak wajib mengerti bahasa Jepang

Keseruan lain yang juga dihadirkan dalam festival tersebut adalah program “Merchandise Hunt”. Penonton dengan film terbanyak bisa mendapatkan merchandise yang telah disiapkan khusus.

Untuk diketahui, program tersebut menjadi daya tarik tersendiri dan selalu dinantikan oleh para penonton setia JFF sejak 2016.

Penonton juga diajak untuk banyak terlibat selama festival berlangsung dengan mengikuti berbagai kuis dan tantangan berhadiah lainnya.

Untuk informasi selengkapnya mengenai JFF Online 2022, kunjungi situs https://jff.jpf.go.jp/watch/jffonline2022/indonesia/ atau akun media sosial Instagram @indonesiajff dan Facebook JFF Online.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com