Advertorial

Mau Ganti Lampu Sendiri di Rumah? Ikuti 5 Cara Mudah Ini

Kompas.com - 18/02/2022, 09:11 WIB

KOMPAS.com – Salah satu tanda lampu perlu diganti adalah cahayanya perlahan meredup. Jika hal ini terjadi pada lampu di rumah, sebaiknya kamu bersiap segera menggantinya.

Mengganti lampu di rumah dapat dilakukan sendiri tanpa bantuan orang lain. Namun, tak jarang orang merasa takut dan khawatir. Padahal, mengganti lampu sendiri mudah dilakukan.

Perhatikan lima langkah berikut untuk mengganti lampu sendiri di rumah secara aman.

1. Pilih lampu yang sesuai kebutuhan
Ketika cahaya lampu sudah mulai meredup, kamu harus menyediakan lampu cadangan untuk menggantinya. Pilih lampu yang sesuai dengan ukuran ruang dan besaran daya yang kamu butuhkan.

Saat ini, banyak orang yang memilih lampu LED ketimbang lampu bohlam untuk lampu rumah. Pasalnya, jenis lampu ini cenderung lebih hemat energi sehingga tidak memakan banyak pengeluaran biaya listrik.

2. Siapkan tangga yang kokoh
Setiap rumah memiliki ketinggian plafon yang berbeda-beda. Untuk itulah, kamu membutuhkan alat bantu khusus saat mengganti lampu.

Nah, kamu bisa menggunakan tangga lipat ketimbang meja dan kursi untuk menggapai dudukan lampu yang tinggi. Sebab, alas yang tidak kokoh, berbahaya buat keselamatan dan mempersulit proses penggantian lampu.

3. Matikan sumber listrik utama
Supaya lebih aman, jangan hanya mematikan saklar lampu yang ingin diganti. Pastikan kamu juga mematikan sumber aliran listrik utama di rumah. Cara ini bertujuan untuk meminimalisasi risiko tersetrum dan konsleting saat memasang lampu.

Kemudian, tunggu selama 5-10 menit hingga bola lampu tidak lagi panas. Setelah itu, kamu boleh mencabut bola lampu dari dudukannya.

4. Lepas lampu secara perlahan
Setelah mematikan sumber listrik utama, kamu bisa melepas lampu secara perlahan. Pastikan kamu memegang bagian isolator yang berbahan plastik, bukan pada bagian kaca.

Untuk menjaga keamanan, kamu bisa melapisi tangan dengan kain berbahan katun. Teknik ini membantu untuk menghindari bagian lampu yang panas dan risiko tersetrum listrik.

5. Cek ulang lampu
Tahapan terakhir adalah pemeriksaan ulang. Pastikan kamu tidak berdekatan dan menyentuh lampu yang sudah terpasang. Jika lampu sudah menyala dengan benar, tandanya tidak ada kesalahan selama pemasangan lampu.

Nah, itu dia lima langkah mudah dan aman mengganti lampu sendiri di rumah. Tidak sulit, bukan?

Untuk mendapatkan berbagai jenis dan model lampu terlengkap, kamu bisa mengunjungi Ruparupa.com. Situs belanja online ini juga menyediakan aneka produk kebutuhan rumah tangga dan furnitur berkualitas dari merek ternama Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, dan Selma. Selamat belanja!

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com