Advertorial

Peduli UMKM Indonesia di Jepang, Salurkan Fasilitas Diaspora Loan

Kompas.com - 20/02/2022, 20:21 WIB

KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) menegaskan perannya sebagai jembatan bisnis antara Indonesia dan dunia. Caranya, dengan menghadirkan fasilitas pendanaan bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Indonesia di luar negeri.

Hal itu dilakukan mengingat bank yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini memiliki kantor cabang luar negeri (KCLN) di pusat bisnis Internasional.

Adapun kantor cabang luar negeri BNI, di antaranya berada di Singapura, Hong Kong, Tokyo, Seoul, London, dan New York, serta satu sub-branch di Osaka. Adanya kantor cabang luar negeri diklaim menjadi pintu masuk bagi potensi-potensi bisnis, baik itu dari luar negeri ke Indonesia maupun dari Indonesia ke luar negeri.

Fasilitas pendanaan salah satunya dihadirkan pada kantor cabang Tokyo. Untuk itu, BNI menandatangani kerja sama pembiayaan dengan Dopang Co Ltd dalam penyaluran fasilitas pendanaan bagi diaspora Indonesia melalui diaspora loan atau pemberian kredit. Pinjaman ini diberikan kepada diaspora Indonesia yang memiliki usaha segmen small medium enterprise (SME) atau usaha kecil dan menengah (UKM).

Penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Acting General Manager BNI Tokyo Dyah Paramita Novia Putri dengan Founder Dopang Co Ltd Tania Mirella dan disaksikan oleh Wakil Duta Besar Republik Indonesia Tri Purnajaya di Kantor BNI Tokyo, Jepang, Jumat (18/2/2022).

Sebagai informasi, pemberian diaspora loan merupakan salah satu wujud komitmen BNI cabang Tokyo dalam mendukung diaspora Indonesia di luar negeri.

Program pemberian kredit tersebut juga hasil kolaborasi dengan SME Center di Jepang dan diinisiasi oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo. Adapun SME Center merupakan wadah untuk mendukung pelaku SME di Indonesia agar dapat masuk ke pasar Jepang.

Direktur Treasury dan Internasional BNI Henry Panjaitan mengatakan, langkah kolaborasi tersebut sejalan dengan misi pihaknya, yaitu memperkuat layanan internasional untuk mendukung kebutuhan mitra bisnis global.

"Diaspora loan merupakan pinjaman atau pemberian kredit bagi diaspora Indonesia. Pinjaman ini didesain secara komprehensif serta prudent atau bijaksana untuk mengakomodir kebutuhan diaspora Indonesia dalam mengembangkan usahanya di luar negeri," ujarnya seperti dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu (20/2/2022).

BNI cabang Tokyo sendiri menyatakan akan fokus dan berperan aktif dalam memfasilitasi Indonesia related business atau bisnis terkait di Jepang dan memberikan layanan internasional terbaik untuk mendukung kebutuhan mitra bisnis global.

Aktivitas Dopang Co Ltd

Untuk diketahui, diaspora Indonesia di Jepang saat ini berjumlah sekitar 66.000 jiwa yang terdiri dari berbagai profesi dan usaha. Salah satunya yaitu Dopang Co Ltd yang memiliki misi “Connecting Indonesia and Japan’s Small Medium Business for a better world”.

Dopang Co Ltd telah mengembangkan platform online maupun offline untuk mempertemukan pelaku industri kreatif SME di Indonesia dan Jepang.

Beberapa proyek yang sedang dikerjakan Dopang Co Ltd saat ini antara lain “Gengoya” dan “Dentayori”.

Dentayori adalah platform blended learning atau pembelajaran campuran dan career planning atau rencana karier untuk komunitas kedokteran gigi yang muda dan mengglobal.

Proyek Dentayori dimulai dengan kolaborasi antara tim multinasional dengan berbagai keahlian, seperti kedokteran gigi, education technology (EdTech), human resources (HR), dan bisnis sosial.

Sementara itu, Gengoya merupakan platform pembelajaran Bahasa Jepang berbasis minat yang mengombinasikan kosakata dan ilustrasi.

Misi Dopang Co Ltd sendiri adalah memotivasi audiensi untuk belajar Bahasa Jepang dan membantu mereka menambah perbendaharaan kata-kata dengan cara yang seru, yaitu menggunakan strategi omnichannel yang dirancang untuk masyarakat modern.

Sebagai informasi, omnichannel adalah strategi yang memungkinan perusahaan menyediakan layanan terpadu dari berbagai channel atau saluran.

Selain proyek-proyek tersebut, Dopang Co Ltd juga menjalankan bisnis translation atau terjemahan dan advisory and assistance atau penasehat dan pendampingan bagi para UKM.

Dopang Co Ltd juga merupakan jebolan kegiatan “Bootcamp for Indonesian and Japanese Technopreneur” yang diinisiasi oleh KBRI Tokyo pada Oktober 2021. Kegiatan ini diadakan untuk mendukung visi Indonesia sebagai “Digital Energy of Asia” dan pengembangan sektor ekonomi digital dan kreatif.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com