Advertorial

Bank BJB Gandeng AWS dan DCI Ciptakan IT Digital Enablement

Kompas.com - 23/02/2022, 18:52 WIB

KOMPAS.com – PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk atau Bank BJB bekerja sama dengan Amazon Web Service (AWS) dan PT DCI Indonesia Tbk (DCI) mendukung IT Digital Enablement “Modernisasi Infrastruktur Menuju Era Digital dengan ISO 20000 dan ISO 27001”, Rabu (23/2/2022).

Acara tersebut dihadiri oleh Direktur Utama Bank BJB Yuddy Renaldi beserta jajaran, Presiden Direktur DCI Toto Sugiri beserta jajaran, dan Strategic Account Lead AWS Yos Vicenzo beserta jajaran.

Perlu diketahui, Bank BJB telah melakukan kerja sama dengan DCI yang merupakan data center Tier IV pertama di Asia Tenggara. DCI mampu memberikan layanan infrastruktur data center yang andal, aman, dan tepercaya sesuai dengan standar operasional global.

Selain itu, DCI juga menjamin SLA 99,999 persen atau waktu downtime maksimal 5 menit dalam setahun.

Melalui kerja sama tersebut, DCI berupaya memberikan kualitas data center terbaik guna menunjang pertumbuhan bisnis Bank BJB di era transformasi digital.

Selanjutnya, Bank BJB pun melakukan kerja sama dengan AWS. Untuk diketahui, AWS merupakan penyedia platform cloud komprehensif yang digunakan secara luas di dunia. AWS menawarkan lebih dari 200 layanan unggulan.

Kemudian, Bank BJB juga telah bekerja sama dengan Alibaba Cloud. Penyedia ratusan produk dan layanan teknologi terdepan berstandar internasional ini juga menyediakan layanan cybersecurity.

Alibaba Cloud Indonesia merupakan satu-satunya perusahaan teknologi yang memiliki scrubbing center dan tiga data center di Indonesia.

Yuddy mengatakan, sebagai bank pembangunan daerah (BPD) yang mendukung transformasi digital di Indonesia, Bank BJB telah menerapkan strategi Digital Enablement dalam melakukan transformasi digital.

Digital Enablement merupakan langkah-langkah untuk mendukung transformasi digital Bank BJB dalam rangka mengadopsi teknologi yang robust dan up-to-date.

“Kerja sama Bank BJB dengan AWS, Alibaba, dan DCI adalah bukti komitmen Bank BJB dalam membangun ekosistem digital yang lebih masif untuk mendukung penerapan Digital Enablement di Bank BJB,” ujar Yuddy dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu.

Raih Rekor MURI

Selain bekerja sama dengan AWS, Alibaba, dan DCI, Bank BJB juga berhasil mencatatkan rekor baru dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai BPD pertama di Indonesia yang melakukan sertifikasi ISO 20000 dan ISO 27001 secara bersamaan.

Sebagai informasi, sertifikasi ISO 20000 untuk menjamin mutu pada Sistem Manajemen Layanan Teknologi Informasi dan ISO 27001 untuk Sistem Manajemen Keamanan Informasi.

Piagam MURI diserahkan oleh Senior Manager MURI Ngadri kepada Yuddy Renaldi. Penyerahan disaksikan oleh Direktur Utama PT Proxsis Global Solusi Andrianto Moeljono.

Penyerahan turut disaksikan Direktur Information Technology, Treasury, and International Banking Bank BJB Rio Lanasier dan Direktur Operasional Bank BJB Tedi Setiawan.

Penyelenggaraan dua sertifikasi tersebut menunjukkan komitmen Bank BJB untuk memberikan layanan digital banking terbaik. Layanan didukung dengan keamanan informasi terstandardisasi dalam aspek confidentiality, integrity, dan availability.

Standardisasi ISO 20000 dan ISO 27001 Bank BJB saat ini difokuskan dalam produk layanan digital banking Bank BJB, yaitu DIGI dan DigiCash by Bank BJB. Ke depan, standardisasi ISO 20000 dan ISO 27001 ini akan diterapkan pada layanan lain di Bank BJB.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com