Advertorial

Catat, 4 Aktivitas Berikut Harus Dilakukan Saat Mengunjungi Singapura Setelah Kondisi Lebih Aman

Kompas.com - 23/02/2022, 20:09 WIB

KOMPAS.com – Singapura merupakan salah satu negara favorit masyarakat Indonesia untuk berlibur. Keindahan kota dengan fasilitas modern berpadu dengan keragaman budaya yang dilestarikan menjadi daya tarik Singapura.

Namun, pandemi Covid-19 yang melanda dunia membatasi kegiatan berlibur ke luar negeri, termasuk Singapura. Tidak sedikit masyarakat Indonesia merindukan aktivitas liburan yang biasa dilakukan di negara tersebut.

Seperti diketahui, Singapura memiliki banyak destinasi yang menyajikan atraksi menarik. Bahkan, Singapura melakukan berbagai inovasi di bidang pariwisata untuk memberikan pengalaman baru dan tak terlupakan bagi para wisatawan.

Saat ini, Singapura telah membuka jalur wisata untuk wisatawan yang sudah menerima vaksin lengkap atau Vaccinated Travel Lane (VTL). Jalur wisata ini juga terbuka untuk wisatawan asal Indonesia. Dengan catatan, wisatawan memenuhi ketentuan dan persyaratan yang ditetapkan pemerintah Singapura.

Nah, bagi Anda yang rindu mengunjungi Singapura, berikut empat kegiatan yang wajib dilakukan saat berpelesir ke negara berjuluk Negeri Singa itu.

  1. Melepas penat di alam terbuka

Meski terkenal dengan suasana kota modern, Singapura juga memiliki ruang terbuka hijau yang indah. Salah satunya adalah Mount Faber Park di Bukit Merah. Taman ini terletak di bukit tertinggi kedua di Singapura dengan ketinggian 105 meter.

Taman tersebut kerap dijadikan lokasi berolahraga sambil menikmati udara segar oleh warga lokal. Mount Faber Park dapat dijadikan tempat untuk healing bagi para wisatawan.

Apabila ingin mencoba berolahraga di taman itu, Anda sebaiknya memilih waktu pada pagi atau sore hari. Udara yang sejuk dan pemandangan yang indah membuat olahraga menjadi lebih menyenangkan.

Untuk mencapai puncak Mount Faber Park, wisatawan dapat berjalan kaki melewati jalan setapak atau menaiki kereta gantung. Kereta gantung juga menghubungkan Mount Faber Park dan Pulau Sentosa.

Sebagai informasi, Mount Faber Park sendiri merupakan bagian dari Southern Ridges. Bentangan ruang hijau terbuka sepanjang 10 kilometer ini menghubungkan sejumlah bukit, taman, dan kebun di Singapura.

Southern Ridges juga memiliki salah satu atraksi wisata berupa jembatan setinggi 36 meter dengan desain ikonik, yakni Henderson Waves Bridges.

Pemandangan Mount Faber Park.Dok. STB Pemandangan Mount Faber Park.

  1. Sensasi manis tak terlupakan

Singapura memiliki banyak museum dengan koleksi yang unik. Salah satunya adalah Museum of Ice Cream (MOIC). Sebagai informasi, Singapura menjadi negara pertama di luar Amerika Serikat yang menjadi lokasi MOIC.

Museum yang dibuka pada Agustus 2021 tersebut dedikasikan untuk es krim dan makanan manis. Para pengunjung akan merasakan pengalaman baru. Mereka akan dibawa ke dunia impian semasa kecil dengan berbagai instalasi multisensori yang interaktif.

Selain dapat mengetahui seluk-beluk mengenai es krim, pengunjung dapat berenang di kolam sprinkle dan mencicipi berbagai varian es krim di MOIC Singapore. Bagi pencinta swafoto, semua sudut di MOIC Singapore dapat dijadikan spot foto yang cantik dan instagramble.

MOIC Singapore pun dapat menjadi destinasi baru saat mengunjungi Singapura seusai pandemi Covid-19. Temukan berbagai pengalaman manis di tempat ini.

Denada mencoba berbagai varian es krim di MOIC Singapura.Dok. STB Denada mencoba berbagai varian es krim di MOIC Singapura.

  1. Jadi detektif sehari dengan mengikuti permainan penuh teka-teki

Kawasan Chinatown merupakan destinasi wajib yang harus dikunjungi wisatawan saat berada di Singapura. Pasalnya, kawasan ini memiliki banyak tempat ikonis yang menyimpan budaya serta kuliner China Peranakan terbaik.

Namun, bukan Singapura jika tidak memiliki hal baru. Anda dapat menjelajahi Chinatown dengan mengikuti permainan outdoor escape, Chinatown Murders Tour by Tribe. Sebuah tur yang dikemas dalam permainan ini menjadi cara baru mengenal Chinatown.

Permainan tersebut dimainkan oleh tim yang terdiri dari 2-5 orang peserta. Tiap tim diberikan sebuah teka-teki pembunuhan untuk dipecahkan. Guna mengungkap kasus pembunuhan, peserta diharuskan berkeliling Chinatown dan menemukan petunjuk.

Peserta akan mendapat arahan dari pemutar audio dan aplikasi pada smartphone untuk membantu pemecahan teka-teki.

Dengan mengikuti permainan tersebut, wisatawan diajak berpetualang sekaligus mempelajari sejarah Chinatown secara imersif dan mendalam. Tak heran, permainan tersebut memenangkan penghargaan kategori Outstanding Tour Experience dalam Singapore Tourism Awards 2021.

Keseruan Denada menjelajahi Chinatown dengan permainan detektif.Dok. STB Keseruan Denada menjelajahi Chinatown dengan permainan detektif.

  1. Dinner dengan pemandangan sunset di atas kapal pesiar

Di Singapura, Anda dapat merasakan berlayar di atas kapal mewah dengan menaiki Royal Albatross Cruise. Kapal pesiar ini melayani pelayaran dari Resort World Sentosa ke pantai selatan Singapura.

Royal Albatross merupakan satu-satunya kapal bertiang empat dengan 22 layar dan dipasang secara tradisional di Asia yang masih mengangkut penumpang hingga saat ini. Meski demikian, kegunaannya saat ini hanya untuk mengakomodasi kegiatan wisata.

Setelah melakukan pendaftaran, Anda dapat menikmati berbagai menu makanan dan minuman mewah serta koktail khas dari bar kapal. Menyantap hidangan pun dilakukan di atas dek kapal untuk mendapatkan pemandangan matahari terbenam atau sunset yang romantis.

Selanjutnya, Anda dapat melihat gemerlap lampu gedung dan landmark Singapura dari atas kapal. Sunset dan pemandangan malam tersebut layak diabadikan dalam foto bersama orang terkasih.

Denada bersantap malam di atas Royal Albatross Cruise.Dok. STB Denada bersantap malam di atas Royal Albatross Cruise.

Untuk menjaga keselamatan dan kesehatan, Singapura menerapkan protokol kesehatan yang ketat saat beraktivitas di ruang publik. Misalnya, menggunakan masker, membatasi jumlah pengunjung pada tiap lokasi, dan mengatur jarak antarorang minimal satu meter.

Setiap wisatawan juga diwajibkan melakukan check-in dan check-out dengan memindai QR code Safe Entry menggunakan ponsel untuk masuk atau keluar tempat umum.

Syarat memasuki tempat umum di Singapura dengan scan QR code Safe Entry.Dok. STB Syarat memasuki tempat umum di Singapura dengan scan QR code Safe Entry.

Bagi Anda yang sudah #KangenSingapura, saksikan pengalaman Denada, Sarach Sechan, dan Marissa Nasution menjelajah Singapura dalam video kampanye SingapoReimagine dari Singapore Tourism Board.

Denada menjelajahi keempat destinasi yang disebutkan di atas. Sementara itu, Sarah Sechan memberikan sejumlah referensi destinasi wisata kuliner yang autentik, aman, dan nyaman.

Apabila ingin mengetahui destinasi wisata wellness dan sustainability, Anda dapat menyaksikan pengalaman Marissa Nasution menjelajah lokasi yang menenangkan dan ramah lingkungan di Singapura.

Selanjutnya, Anda bisa membuat bucket list untuk berlibur ke Singapura setelah situasi lebih baik. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Singapura, silakan klik di sini.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com