Advertorial

Gelar Webinar, IDA Ajak Pelaku Media Digital Bertanggung Jawab atas Konten dan Iklan yang Dipublikasikan

Kompas.com - 23/02/2022, 21:26 WIB

KOMPAS.com - Di era informasi yang begitu cepat, masyarakat wajib membekali dirinya dengan literasi digital. Sebab, konten dan informasi yang ada di media digital saat ini sudah menjadi bagian dari kehidupan. 

Sayangnya, derasnya informasi yang didapatkan, baik dari sumber media tepercaya maupun perorangan kerap membuat masyarakat kesulitan untuk memastikan kebenaran dari konten tersebut. 

Dalam kondisi seperti itu, peran media sebagai pemain yang akuntabel dan memiliki integritas diperlukan. Perusahaan media digital, utamanya, perlu memastikan seluruh konten yang dihasilkan oleh pihaknya, termasuk iklan yang ditayangkan, aman untuk dikonsumsi publik.

Perlu diketahui, iklan yang ditayangkan perusahaan media merupakan bentuk informasi yang sama-sama punya dampak bagi konsumen. Oleh sebab itu, perusahaan media perlu memproduksi dan menjaga kualitas konten iklan agar tidak berbahaya dan merugikan.

Merespons hal itu, Indonesia Digital Association (IDA) bersama Tempo.co dan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo), menggelar webinar pada Kamis (24/2/2022) pukul 16.00-17.30 WIB. Acara juga didukung oleh platform periklanan MGID.

Sebagai informasi, IDA merupakan perkumpulan pelaku industri media dan periklanan digital yang concern memberikan edukasi terkait manfaat industri digital kepada masyarakat.

Gelaran webinar ini membahas bagaimana pelaku industri, baik media maupun layanan teknologi iklan bertanggung jawab atas konten yang dihasilkan, serta memberi pemahaman tentang pentingnya memerangi berita dan iklan yang menyesatkan. Adapun, harapannya webinar ini dapat memperkaya wawasan para penyelenggara media onlineplatform periklanan digital, dan masyarakat pengguna internet.

Narasumber yang akan hadir pada webinar tersebut antara lain CEO Tempo.co Wahyu Dhyatmika, perwakilan MGID Moch Rifki, dan Project Officer Program Media & Pemeriksa Fakta Mafindo Dedy Helsyanto. Acara dipandu oleh External Affair Department IDA Alexander Zulkarnain.

Informasi lebih lanjut mengenai webinar tersebut bisa didapatkan melalui http://ida.or.id/ atau media sosial IDA.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com