Advertorial

Cara Jitu agar Bisa Beli Motor Menggunakan Bukalapak Paylater

Kompas.com - 24/02/2022, 18:00 WIB

KOMPAS.com – Saat ingin membeli motor, idealnya orang akan mendatangi dealer untuk mendapatkan pengajuan kredit dari leasing rekanan. Namun kini, perkembangan teknologi membuat aktivitas yang berhubungan dengan transaksi jual beli menjadi lebih mudah. Membeli motor pun dapat dilakukan melalui e-commerce, seperti Bukalapak.

Tidak hanya menyediakan pembelian motor secara online, platform e-commerce tersebut memiliki layanan pembayaran Bukalapak paylater.

Cara menggunakan Bukalapak paylater terbilang mudah, apalagi jika Anda sudah memiliki akun paylater yang sudah bekerja sama dengan Bukalapak. Salah satu paylater tersebut adalah Kredivo.

Tak tanggung-tanggung, Kredivo menawarkan limit hingga Rp 30 juta. Pendaftaran Kredivo juga mudah karena semua dilakukan secara online, termasuk proses approval hanya dalam 1x24 jam.

Berikut langkah-langkah menggunakan layanan Bukalapak paylater untuk membeli motor secara online pakai Kredivo.

Daftar akun Kredivo

Tiap financial technology (fintech) yang menyediakan paylater memiliki regulasi masing-masing terkait pendaftaran. Terutama, terkait syarat dan platform pendaftaran. Ada yang menggunakan situs web atau menggunakan aplikasi seperti Kredivo.

Jika memakai Kredivo, Anda tinggal mengunduh aplikasinya di Google Play Store atau App Store. Sebelumnya, pastikan bahwa Anda sudah memenuhi syarat berikut.

  1. Berusia 18 - 60 tahun.
  2. Sudah punya penghasilan tetap, minimal Rp 3 juta per bulan.
  3. Berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, Tegal, Banjarmasin, Pontianak, Bandar Lampung, dan Kediri.

Tiga hal tersebut adalah syarat utama yang harus dipenuhi kalau mau daftar Kredivo. Selanjutnya, Anda dapat mengikuti instruksi pendaftaran yang ada di aplikasi Kredivo dan menunggu proses approval dalam kurun 1 x 24 jam.

Pastikan limit memadai

Saat pendaftaran sudah disetujui, Anda akan langsung menerima limit kredit dalam bentuk nontunai. Nah, besaran kecilnya limit yang diberikan bergantung pada profil atau batas limit yang bisa diberikan fintech terkait.

Misalnya, Kredivo dapat memberikan limit hingga Rp 30 juta untuk pengguna Premium. Namun, tidak semua pengguna akun Premium bisa mendapat jumlah limit tersebut. Sebab, limit akan bergantung pada profil dan kondisi finansial.

Untuk bisa kredit motor menggunakan Bukalapak payalater, Anda memerlukan limit yang memadai. Sebagai contoh, kisaran harga motor di Bukalapak adalah Rp 17 juta sampai Rp 20 juta. Artinya, Anda baru bisa kredit online motor jika limit kredit Anda melebihi angka tersebut.

Di Kredivo, cicilan tersedia dengan 3 opsi tenor, yaitu 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan. Anda juga bisa pilih cicilan 0 persen khusus untuk tenor 3 bulan. Sementara untuk tenor 6 dan 12 bulan, cicilan akan dikenakan bunga sebesar 2,6 persen.

Perlu diketagui, semua fasilitas tersebut tidak memerlukan uang muka. Tersedia juga opsi pembayaran dalam 30 hari dengan bunga 0 persen yang biasanya dipilih untuk transaksi di bawah Rp 500.000.

Jika limit cukup, bisa langsung transaksi

Kalau sudah yakin mau menggunakan Kredivo untuk cicil motor di Bukalapak, Anda dapat melanjutkan proses belanja layaknya belanja online biasa. Masukkan pilihan motor ke keranjang belanja, isi data diri dengan benar, lalu checkout ke pembayaran, dan pilih cicilan online dengan layanan paylater pilihan Anda.

Kemudian, pilih sistem atau tenor cicilan yang diinginkan dan proses cicilan sampai transaksi dinyatakan berhasil oleh penyedia cicilan.

Cek keadaan finansial sebelum transaksi

Meski limit sudah cukup, pastikan juga kondisi finansial Anda masih aman untuk mengambil cicilan tersebut. Pasalnya, cicilan dengan paylater biasanya memiliki tenor yang tidak sepanjang leasing. Ini artinya, cicilan bulanan yang harus dibayar bisa jadi lebih besar.

Apabila kondisi keuangan Anda masih sehat atau penghasilan masih stabil dan jumlah utang belum melebihi 30 persen penghasilan, cicilan motor bisa aman diambil.

Sebaliknya, jika cicilan berjalan masih banyak dan sudah mencapai 30 persen dari jumlah penghasilan per bulan, sebaiknya tunda dulu untuk ambil cicilan motor online dengan cara menggunakan Bukalapak paylater.

Bagaimana? Tertarik mencobanya atau masih pikir-pikir?

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com