Advertorial

Tips Memahami dan Mencintai Diri Sendiri dalam Kehidupan Berkeluarga

Kompas.com - 25/02/2022, 19:51 WIB

KOMPAS.com - Permasalahan seputar rumah tangga yang terjadi secara langsung dapat memengaruhi stabilitas emosi dan kesehatan mental orang yang mengalaminya. Perselingkuhan dan poligami merupakan contoh kasus permasalahan rumah tangga yang banyak dialami di Indonesia.

Belum lama ini, web seriesLayangan Putus yang mengangkat kisah perselingkuhan pun menyita banyak perhatian dan ramai diperbincangkan masyarakat. Cerita web series tersebut terinspirasi dari buku best seller berjudul sama karya Mommy ASF.

Layangan Putus sempat menjadi viral lantaran kisahnya yang menyentuh hati para pembaca. Bahkan, tidak dimungkiri hal itu juga umum terjadi pada kehidupan berumah tangga.

Dengan berbagai masalah rumah tangga yang ada, penting untuk mengelola emosi dan kesehatan mental dengan baik.

Untuk membantu masyarakat Indonesia mengatasi hal tersebut, PT Kobe Boga Utama mengadakan webinar bertajuk “Love Yourself First”pada Selasa (15/2/2022). Webinar tersebut mengangkat tema pahami diri sendiri dimulai dari self love.

Webinar tersebut menghadirkan dua narasumber, yaitu penulis novel Layangan Putus, Mommy ASF yang bernama asli Eca Prasetya dan psikolog klinis Frisca Melissa.

Melalui acara tersebut, Kobe mengajak para wanita, khususnya para ibu, untuk bisa lebih memahami dan mencintai diri sendiri di tengah situasi yang tidak diinginkan dalam kehidupan berkeluarga.

Dengan begitu, mereka diharapkan dapat mencari solusi dan memiliki mental yang sehat.

Dalam webinar tersebut juga diungkapkan lebih dalam apa yang melatarbelakangi penulis mengangkat kisah permasalahan rumah tangga serta menilik sudut pandang psikolog dalam menyikapi persoalan tersebut.

Penjelasan dari pakar psikolog turut memberikan solusi yang berkaitan dengan perasaan, emosi, dan perilaku. Pasalnya, menurut penelitian, perempuan lebih rentan mengalami stres dan lebih suka memendam masalahnya sendiri, terutama permasalahan dalam rumah tangga.

Selain itu, juga dibahas mengenai cara bertahan, mamahami, dan mencintai diri sendiri serta kelebihan kekurangan pasangan yang memiliki sifat idealis.

Eca Prasetya mengatakan, saat sedang terkena benturan atau masalah, ia menyarankan untuk mencoba menenangkan diri dan mempersilakan diri untuk merasakan kesedihan serta kekecewaan dari perasaan negatif. Menurutnya, hal tersebut manusiawi.

“Jadikan momen tersebut untuk intropeksi dan memahami diri, tetapi jangan berlarut-larut. Kemudian, cari solusi dan perbaiki diri agar bisa bangkit kembali,” ujar Eca dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Jumat (25/2/2022).

Selain itu, lanjutnya, perhatikan juga orang-orang terdekat. Anak misalnya. Jangan biarkan masalah dan kesedihan memberikan dampak negatif kepada anak.

Hal tersebut dibenarkan oleh Frisca. Menurutnya, bila sudah berhasil bangkit, berikan juga self-reward, seperti makan makanan kesukaan atau liburan.

“Dengan memperhatikan kebutuhan dan meluangkan waktu untuk diri sendiri menjadi cara untuk mencintai diri sendiri,” kara Frisca.

Menurutnya, supaya dapat memberikan waktu, tenaga, dan cinta kepada orang lain, baik suami maupun anak, seseorang harus mulai dengan mencintai dan merawat diri sendiri terlebih dahulu.

Dengan diadakannya webinarLove Yourself First, PT Kobe Boga Utama berharap dapat membantu mengubah sudut pandang permasalahan yang sedang dihadapi para wanita. Selain itu, pihaknya juga ingin wanita dapat mengetahui cara mengatasi kesedihan, kecemasan, dan ketakutan dengan lebih memahami dirinya sendiri yang dimulai dari self love.

Untuk menonton webinar Love Yourself First, Anda bisa mengunjungi akun official Dapur Kobe di YouTube atau dengan klik tautan berikut ini.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com