Advertorial

Bank BJB Raih Indonesia Best BUMD Awards 2022

Kompas.com - 26/02/2022, 08:42 WIB

KOMPAS.com - PT Bank Pembangunan Jawa Barat dan Banten Tbk atau Bank BJB meraih Indonesia Best BUMD Awards 2022. Penghargaan ini diraih karena Bank BJB dinilai punya peran dalam membangkitkan perekonomian daerah. 

Sebagai informasi, penghargaan dari Warta Ekonomi tersebut diterima oleh Senior Executive Vice President (SEVP) Bisnis Bank BJB Beny Riswandi, Kamis (24/2/2022).

"Penghargaan Indonesia Best BUMD Awards 2022 akan memacu semangat Bank BJB untuk bekerja lebih baik dalam memberikan manfaat kepada para stakeholder dan shareholder," ujar Direktur Utama Bank BJBYuddy Renaldi dalam rilis yang diterima Kompas.com, Kamis.

Yuddy menjelaskan bahwa sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Bank BJB memiliki tiga peran penting, yakni memberikan manfaat bagi perkembangan perekonomian daerah, menyediakan barang dan jasa bagi pemenuhan hidup masyarakat sesuai dengan kondisi, karakteristik, dan potensi daerah bersangkutan, serta memperoleh laba atau keuntungan.

Menurutnya, peran dan potensi yang dimiliki BUMD penting untuk mendukung kebijakan dan program pemulihan ekonomi nasional yang dicanangkan pemerintah.

"Bank BJB senantiasa mendukung program pemerintah sekaligus menjadi garda terdepan agen pemulihan ekonomi Indonesia," ujar Yuddy.

Saat ini, Bank BJB sebagai bank pembangunan daerah (BPD) turut mengajak bank daerah lain untuk berkolaborasi dan bersinergi untuk saling memberikan manfaat positif dalam pengembangan bisnis bersama. 

Untuk diketahui, Bank BJB memiliki infrastruktur mapan yang dapat dimanfaatkan oleh BPD secara bersama-sama. Untuk infrastruktur teknologi informasi (TI), Bank BJB memiliki produk digital seperti DIGI dan DigiCash (QRIS), Internet Banking Corporate (IBC), BJB e-Tax, Virtual Account. Lalu, ada pula Loan Onboarding (BJBLAKU) untuk pengajuan kredit usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Selain itu, Bank BJB juga memiliki BJB University yang dapat dimanfaatkan BPD untuk pengembangan sumber daya manusia (SDM). 

Bank BJB juga telah bekerja sama dengan beberapa perusahaan teknologi informasi (TI) internasional. Di antaranya Amazon Web Service (AWS), Alibaba Cloud, dan PT DCI Indonesia Tbk (DCI). Kerja sama ini digarap untuk membangun infrastruktur teknologi dan digitalisasi serta memiliki pengalaman fintech like.

“Semangat kami adalah menciptakan BPD yang lebih besar, kuat, dan efisien. Dengan berkolaborasi, harapannya (kami) bisa memberikan value yang lebih besar dan efisien,” ujar Yuddy.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com