Advertorial

Penyengat Diresmikan sebagai Pulau Digital oleh Ketua Umum TP-PKK

Kompas.com - 08/03/2022, 17:43 WIB

KOMPAS.com - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) H Ansar Ahmad dan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kepri, Hj Dewi Kumalasari Ansar, mendampingi Ketua Umum TP-PKK Tri Tito Karnavian saat acara peresmian Pulau Penyengat sebagai Pulau Digital di Rumah Balai Adat, Riau, Senin (7/3/2022).

Untuk diketahui, kunjungan Tri Tito Karnavian ke Pulau Penyengat merupakan bagian dari salah satu rangkaian kegiatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-50 PKK. Tahun ini, HKG diperingati di Provinsi Kepri.

"Kami memilih kegiatan ulang tahun ke-50 TP-PKK di Kepri karena kami tahu bahwa TP-PKK Kepri memiliki banyak program kegiatan yang menyentuh langsung ke masyarakat," ujar Tri dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Selasa (8/3/2022).

Selain meresmikan Pulau Digital, Tri juga meninjau kegiatan vaksinasi untuk lansia dalam kunjungannya ke Pulau Penyengat.

Ia pun menyerahkan berbagai bantuan untuk masyarakat setempat, mulai dari bantuan sembako untuk lansia, penyerahan stimulus usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), penyerahan merchant Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), dan penyerahan voucer bantuan kemasan cetak stiker.

Peresmian Pulau Digital merupakan langkah untuk membuat Pulau Penyengat menjadi pulau budaya dan sejarah. Pulau ini juga diharapkan mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi saat ini.

Oleh karena itu, kehadiran QRIS di pulau tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan wisatawan untuk bertransaksi secara nontunai.

Tri juga mengaku terkejut dengan perubahan yang ada di Pulau Penyengat sejak ia datang pertama kali pada 2017. Ia pun mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri dalam melindungi cagar budaya dan nilai-nilai budaya yang ada di Pulau Penyengat.

"Saya sangat terkejut melihat Pulau Penyengat, sangat berbeda dengan saya lihat pada tahun 2017 lalu. Saya sangat optimistis bahwa Gubernur Kepri dapat membangun Kepri, khususnya Pulau Penyengat, dengan lebih baik lagi," imbuh Tri.

Selain itu, Tri Tito Karnavian didampingi Dewi Ansar menyempatkan mengunjungi setiap stan masakan bazar Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), baik yang dibuka oleh para pengurus TP-PKK Kepri maupun TP-PKK Tanjungpinang.

"Saya sangat puas dengan masakan khas Melayu yang ada di Kepri. Saya sangat merekomendasikan kepada para pengunjung wisatawan untuk mencoba masakan yang ada di Kepri, khususnya Pulau Penyengat," kata Tri Tito Karnavian.

Sementara itu, Ansar Ahmad pun memanfaatkan kunjungan Tri Tito untuk menyampaikan program-program pembangunan yang akan dilakukan oleh Pemprov Kepri.

Ansar mengungkapkan bahwa Pemprov Kepri akan melakukan pembenahan jalan di Pulau Penyengat. Ia juga akan melakukan pembenahan fasilitas-fasilitas di sekitar masjid.

"(Pembangunan dan pembenahan) ini dilakukan supaya Pulau Penyengat lebih cantik lagi dan wisatawan yang berkunjung di Pulau Penyengat lebih merasa nyaman," kata Gubernur Ansar singkat.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com