Advertorial

TIENS Siapkan 10.000 Leader Profesional Global Terkemuka pada 2022

Kompas.com - 10/03/2022, 13:57 WIB

KOMPAS.com - Perusahaan multinasional, TIENS Group, berkomitmen mencetak 10.000 profesional global terkemuka. Komitmen tersebut diungkapkan dalam Konferensi Peresmian Karnaval 2022 bertema “Colorful TIENS” pada Sabtu (19/2/2022) yang disiarkan secara langsung melalui aplikasi VShare di 110 negara.

Dalam perencanaan, TIENS Group akan memperkenalkan 100 profesional tingkat internasional dari berbagai latar belakang pendidikan dan pelatihan kejuruan tingkat tinggi di setiap negara tempat TIENS beroperasi.

Pada kesempatan tersebut, pemimpin dan Presiden TIENS Group serta Ketua Komisioner dan Chief Executive Officer (CEO)Tiens Bio-Tech Group (USA) Li Jinyuan menyampaikan bahwa salah satu kunci sukses dalam membangun karier di perusahaan adalah mengikuti program pengembangan keterampilan profesional para karyawan.

TIENS sendiri, kata Li, membutuhkan banyak profesional untuk mengembangkan perusahaan di berbagai bidang.

“Pada 2022, TIENS akan memperkenalkan 100 profesional internasional dan profesional pendidikan kejuruan asing global tingkat tinggi di setiap negara tempat TIENS beroperasi. Hal ini dilakukan untuk memotivasi sekaligus menciptakan model bisnis yang inovatif,” ujar Li Jinyuan dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (4/3/2022).

Ia menambahkan, para profesional tersebut akan menjalani peran sebagai pengembang pasar global, berbudaya yang sehat, fokus pada pertumbuhan tim, dan kewirausahaan. Nantinya, para profesional yang terpilih akan dibawa perusahaan ke tahap pertarungan yang lebih keras.

TIENS, lanjut Li, adalah rumah bagi mereka yang ingin menciptakan dunia melalui kemitraan, membangun kekuatan gabungan secara global, serta mencari tempat untuk dapat berkembang.

“Saya ingin mengajak para profesional untuk bersinar lebih cemerlang di masa depan melalui TIENS Group,” tuturnya.

Komitmen pada pendidikan

Li Jinyuan mengatakan bahwa selama 26 tahun, TIENS Group telah berkembang menjadi pemain global di bidang bioteknologi, manajemen kesehatan, pariwisata hotel, pendidikan dan pelatihan, e-commerce, perdagangan internasional, serta pendidikan tinggi.

TIENS Group memiliki cabang di 110 negara dan produknya telah menjangkau 224 negara. TIENS memiliki 600 jenis produk yang terdiri dari produk kesehatan, kecantikan dan perawatan kulit, produk kebutuhan rumah tangga, serta peralatan kesehatan.

Presiden TIENS Group Li Jinyuan.DOK. TIENS Group Presiden TIENS Group Li Jinyuan.

Sampai saat ini, jaringan bisnis TIENS Group sudah melayani lebih dari 47 juta orang di seluruh dunia melalui 32.000 jaringan bisnis keluarga dan experience store.

“Bersama dengan e-commerce lintas batas negara, layanan pelanggan, dan tim pengembangan profesional, TIENS telah membangun platform global yang kuat. Kami juga memiliki jalur distribusi global yang menawarkan prospek luas dan nilai tak terbatas,” kata Li Jinyuan. 

TIENS Group, lanjut Li Jinyuan, juga senantiasa menjadikan sektor pendidikan sebagai fokus pengembangan program sekaligus strategi inti perusahaan. Komitmen ini diwujudkan TIENS Group melalui pembangunan TIENS College pada 1996.

Proyek tersebut pun berlanjut melalui pengembangan kampus baru TIENS College pada 2015. Total nilai investasi proyek tersebut mencapai 2,7 miliar dollar Amerika Serikat (AS). Kampus baru TIENS College mencakup area seluas 3,2 kilometer persegi (km2) dan ruang bangunan seluas 2,1 juta meter persegi (m2) yang mampu menampung 42.600 siswa.

“Saat ini, ada 12.000 guru dan siswa yang tinggal dan belajar di lingkungan yang bagus di kampus baru,” tuturnya.

Li Jinyuan menambahkan bahwa TIENS Group mendorong percepatan pengembangan pendidikan sarjana sebagai respons atas Implementasi Reformasi Pendidikan Vokasi Nasional di China pada 2019.

Upaya tersebut dilakukan dengan cara menarik minat generasi muda bercita-cita tinggi dari seluruh dunia, mempromosikan kerja sama akademik dan bisnis, mengintegrasikan produksi dan pendidikan, serta menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kepribadian dan keterampilan tinggi di bidang teknologi.

“Selain fokus pada pendidikan, TIENS Group juga aktif dalam kegiatan sosial. Adapun total donasi yang sampai saat ini TIENS Group kucurkan mencapai 500 juta dollar AS,” kata Li Jinyuan.

Strategi bisnis “satu-tubuh multisayap”

TIENS Group menerapkan strategi bisnis “satu-tubuh multisayap” untuk mengembangkan perusahaan dalam jangka panjang. Strategi yang menjadi mercusuarperusahaan ini sesuai dengan “The New Replacement and Transcendence Theory” yang dikembangkan oleh Li Jinyuan.

Dalam menghadapi gejolak Covid-19, misalnya, TIENS Group tetap memegang prinsip “Memberi kesehatan untuk manusia dan melayani masyarakat” pada bisnisnya. Aspirasi bisnis itu digunakan untuk mempercepat tujuan strategis perusahaan secara global, meningkatkan investasi, serta menciptakan kesejahteraan bagi mitra.

Khusus kesejahteraan, TIENS juga mencanangkan program “Pemakaian di Keluarga Menciptakan Kesejahteraan, Membangun Bisnis mulai dari Pemakaian oleh Keluarga Menciptakan Kesejahteraan yang Lebih Besar”. Program ini untuk mendukung orang-orang di semua negara agar bisa menjadi wirausaha massal. Dengan begitu, kesejahteraan pun tercipta.

“Program ini mengubah keluarga menjadi konsumen, operator, serta komunikator yang memastikan kewirausahaan dan kesehatan di suatu negara berjalan dengan baik,” tutur Li.

Selain program tersebut, TIENS Group juga berencana membuka 10.000 experience store baru di seluruh dunia untuk mendukung 32.000 toko yang sudah ada pada 2022.

"Tai Chi Life atau Taijisun Health Management Experience Stores dari TIENS Group adalah pusat dari jaringan bisnis. Experience stores merupakan tubuh bisnis utama dari TIENS Group,” ujarnya.

Sementara itu, perusahaan juga akan melakukan pemasaran melalui platform e-commerce lintas batas negara. Hal ini merupakan sayap utama bisnis TIENS Group. TIENS Group akan memperluas produknya yang sudah dikenal kepada masyarakat di seluruh dunia melalui e-commerce.

Untuk menunjang visi tersebut, TIENS Group akan meningkatkan daya saing sistem logistik. Berbagai gudang penyimpanan produk TIENS Group berbasis negara akan digabung dengan empat gudang utama di luar negeri.

“Selanjutnya, gudang ini akan ditempatkan di sepanjang jalur dan jalan distribusi produk TIENS Group,” kata Li Jinyuan.

Salah satu produk dari TIENS Group. DOK. TIENS Group Salah satu produk dari TIENS Group.

Ia menambahkan bahwa dalam rangka melebarkan sayap bisnis secara global, TIENS Group akan mengintegrasikan semua jenis sektor bisnis melalui platform e-commerce lintas batas negara. Selain itu, TIENS Group juga akan melakoni proyek kerja sama dengan media dan pelaku industri lainnya.

Semua sektor usaha TIENS Group, lanjut Li Jinyuan, mampu berkembang secara mandiri dan saling melengkapi satu sama lain. Bisnis tersebut beroperasi sebagai secara multisayap dalam satu tubuh dan memberdayakan satu sama lain.

“Bisnis kami beroperasi di satu negara dan melalui semua negara. Bisnis kami memberi keuntungan kepada seluruh dunia serta menawarkan layanan dan perhatian terbaik untuk pelanggan,” jelasnya.

Konsep manajemen TIENS Group

TIENS Group mementingkan konsep manajemen perusahaan yang berbasis pada pengalaman, kinerja, budaya perusahaan, serta semangat TIENS.

Strategi pengembangan bisnis yang dilakukan TIENS Group telah berkembang dari teori menjadi pengalaman praktis di 110 negara.

Kesuksesan TIENS Group mendapat perhatian seorang jurnalis penulis Australia Christopher Sheedy. Ia meneliti rahasia perkembangan cepat ekonomi China dengan mengacu pada perkembangan bisnis TIENS. Hasil penelitiannya diterbitkan dalam buku berjudul TIENS Memorabilia pada 2018.

Apresiasi terhadap kesuksesan TIENS Group juga diberikan mantan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Ban Ki-moon. Ia menuliskan kata pengantar dalam buku TIENS Group’s Global Development: Replacement, Transcendence and China’s Success.

“Semua karya tersebut merupakan upaya untuk menyatukan teori menjadi sebuah sistem teoritis sekaligus benih dari kisah sukses kewirausahaan TIENS. Semua karya tersebut adalah manifesto TIENS sekaligus kunci untuk memahami kebangkitan dramatis 26 tahun TIENS,” kata Li Jinyuan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk TIENS Group, Anda bisa mengunjungi klik tautan ini.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com