Advertorial

Mas Dhito Apresiasi Dinsos Kabupaten Kediri yang Salurkan BPNT secara Home Visit

Kompas.com - 10/03/2022, 14:07 WIB

KOMPAS.com – Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengapresiasi upaya penyaluran Bantuan Pangan Nontunai (BPNT) yang dilakukan Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kediri secara langsung ke rumah (home visit) penerima manfaat yang telah lanjut usia (lansia) dan sakit.

"Langkah yang dilakukan Dinsos Kabupaten Kediri patut diapresiasi. Kami terus mendorong percepatan penyaluran BPNT,” ujar Bupati yang akrab disapa Mas Dhito itu dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (10/3/2022).

Sebagai informasi, penyaluran bantuan tersebut merupakan kerja sama antara Dinsos Kabupaten Kediri dan PT Pos Indonesia.

Bantuan sebesar Rp 200.000 per bulan diberikan selama tiga bulan, yakni pada periode Januari sampai Maret 2022.

Adapun dana bantuan diberikan secara sekaligus untuk tiga bulan, yakni sebesar Rp 600.000. Meski berupa uang tunai, bantuan ini ditujukan untuk pembelian sembako.

Pelaksana Tugas Kepala (Plt) Dinsos Kabupaten Kediri Slamet Turmudi mengatakan, untuk menjangkau rumah warga penerima manfaat, petugas didampingi pihak pemerintah desa setempat.

“Untuk penerima manfaat karena kondisi tertentu, seperti sakit, lansia, tidak bisa jalan, atau gangguan lain, kami akan salurkan (bantuan) secara home visit,” ujar Slamet saat melakukan penyaluran bantuan di Kecamatan Ngasem.

Sumiati, warga Desa Paron, menerima BPNT secara langsung dari Dinsos Pemkab Kediri. Dok. Pemkab Kediri Sumiati, warga Desa Paron, menerima BPNT secara langsung dari Dinsos Pemkab Kediri.

Salah satu penerima manfaat bantuan, Sumiati (66), menyampaikan terima kasih kepada petugas yang datang menyerahkan bantuan secara langsung ke rumahnya di Desa Paron, Kecamatan Ngasem. Saat ini, Sumiati tengah menderita sakit sehingga mengalami kesulitan untuk berjalan.

Matursuwun sedoyo mawon (terima kasih semuanya),” ucap Sumiati kepada petugas.

Slamet menuturkan, penyaluran bantuan bagi penerima manfaat secara home visit akan dilakukan setiap hari ke seluruh wilayah kecamatan di Kabupaten Kediri.

Adapun warga yang tidak memiliki kendala, lanjut Slamet, dapat mengambil bantuan di kantor pos terdekat.

Untuk diketahui, pada pertengahan Februari 2022, Mas Dhito mendorong percepatan penyaluran BPNT di Kabupaten Kediri. Dia menargetkan, penyaluran bantuan bisa mencapai 90 persen dalam waktu satu bulan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com