Advertorial

Gramedia Academy Gelar Mindfulness Writing Class 2022

Kompas.com - 11/03/2022, 13:32 WIB

KOMPAS.com – Dalam rangka memperingati Hari Bipolar Sedunia 2022, Gramedia Academy menggelar “Mindfulness Writing Class, Special Edition: Mental Health Benefits of Journaling”. Gelaran ini dibuka untuk umum dengan menghadirkan seorang psikiater dan juga penulis buku DR dr Nova Riyanti Yusuf, SpKJ, dan seorang public figure penyintas bipolar disorder Marshanda.

Sebagai informasi, Mindfulness Writing Class telah terselenggara sejak Oktober 2021 sebanyak 5 batch bersama Elizabeth Novarina SS, MSi, CHt atau yang akrab disapa Elnov. Ia adalah seorang penulis buku Anomali: Memoar Seorang Bipolar dan Hipnoterapis Klinis.

#MemoarSeorangBipolar adalah trilogi perjalanan hidup Elnov sebagai orang dengan bipolar (ODB), yang menjadikan aktivitas menulis jurnal sebagai salah satu terapi pendamping di bawah pengawasan psikiaternya. 

Buku pertama yang ia tulis bertajuk Anomali terbit pada 2020, disusul dengan Andromeda yang segera terbit pada Maret 2022. Adapun buku yang sedang dalam penulisan bertajuk Anonim akan terbit pada November 2023.

Selain menulis buku, Elnov juga kerap berbagi informasi mengenai bipolar disorder dan kesehatan mental lain melalui media sosial dan situs pribadinya. Dengan menulis, Elnov berharap dapat membantu dan menyemangati orang-orang yang memiliki kondisi sama.

Dalam kehidupan sehari-hari, Elnov menerapkan mindfulness, yaitu sebuah konsep here and now, dengan tidak menilai segala sesuatu dan fokus pada saat ini, hingga mampu memunculkan awareness

Dengan menyadari apa yang dilakukan, dirasakan, dan dipikirkan, Elnov dapat mengendalikan suasana hati dan kondisi psikologisnya. Hal ini membantu dirinya dalam menjalani kehidupan dan mendukungnya tetap berkreativitas.

Elnov kemudian memadukan mindfulness dan menulis ke dalam sebuah program: Mindfulness Writing Class with Elnov. Program ini didukung oleh Gramedia Pustaka Utama dan dikemas oleh Gramedia Academy.

Mindfulness Writing Class memiliki tiga tingkatan: Level 1, belajar menulis sambil mengenal diri. Level 2, belajar menyusun sebuah naskah fiksi atau nonfiksi, dan Level 3, belajar menyusun sebuah buku. 

Pada akhir program, Elnov menggandeng Gramedia Pustaka Utama untuk bersama-sama melakukan pendampingan dan menyeleksi naskah peserta yang sesuai dengan kriteria untuk diterbitkan.

Mindfulness Writing Class with Elnov terbuka untuk semua kalangan. Kelas ini mengajak para pembaca buku, penulis jurnal, pejuang mental health, dan mereka yang berkeinginan memiliki buku sendiri untuk belajar bersama di dalam sebuah komunitas yang sehat. 

Suasana eksklusif dalam kelas tersebut menjadi ruang yang aman bagi semua peserta untuk saling berbagi pengalaman hidup.

Pendaftaran edisi spesial Mindfulness Writing Class: “Mental Health Benefits of Journaling” telah dibuka. Saat ini, calon peserta dapat mendaftarkan diri dengan harga khusus early bird Rp 100.000. Harga ini berlaku hingga Selasa (15/3/2022). 

Untuk mendaftar, calon peserta bisa menghubungi nomor WhatsApp 0877-9310-3435 atau melaluihttps://linktr.ee/elnov.id.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com