Advertorial

Beri Peluang Go Global, Pertamina Dukung UMKM Binaannya untuk Ikut Serta Inacraft 2022

Kompas.com - 15/03/2022, 21:46 WIB

KOMPAS.com – Pameran industri kerajinan tangan berskala internasional, The International Handicraft Trade Fair (Inacraft) kembali digelar pada 23-27 Maret 2022 di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC).

PT Pertamina (Persero) memberi kesempatan untuk pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) binaannya yang mengikuti program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) untuk menjadi peserta pameran tersebut.

Para pelaku UMKM mitra binaan Pertamina dapat mendaftar secara online melalui situs web https://bit.ly/INACRAFTREBORN2022. Vice President (VP) Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan bahwa saat ini sudah ada 63 UMKM yang mendaftar.

Pendaftaran, kata Fajriyah telah dibuka lebih dari sepekan lalu. Untuk memperbanyak jumlah pendaftar, Pertamina memperpanjang periode pendaftaran hingga 17 Maret 2022.

Setelah melakukan pendaftaran, para pelaku UMKM akan melalui tahap kurasi oleh Pertamina. Pada saat kurasi, Pertamina akan memilih, menilai, dan memastikan produk yang dimiliki calon peserta menarik serta memiliki nilai jual.

Melalui proses kurasi, Pertamina akan memilih 24 pelaku UMKM untuk ikut serta memeriahkan Inacraft 2022.

“Tentunya, (pelaku) UMKM yang dipilih juga harus sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya. Maka, harus ada inovasi yang dilakukan (pelaku UMKM),” ujar Fajriyah dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (15/3/2022).

Adapun kriteria yang ditetapkan adalah angsuran pinjaman lancar, tergabung dalam UMK Academy, pernah mengikuti pameran di tingkat lokal, mampu memproduksi sendiri dengan kapasitas yang memadai, dan memiliki materi promo berupa katalog atau video.

Kemudian, tidak menggunakan LPG subsidi, mengunduh aplikasi MyPertamina, mem-follow Instagram @gen_umkm, serta bersedia untuk membuat paket promosi selama pelaksanaan pameran. 

Fajriyah menyebutkan bahwa pelaku UMKM mitra binaan Pertamina terbuka untuk mendaftar pada sektor fesyen dan kerajinan. Dari seluruh peserta yang telah mendaftar, tidak semua merupakan pendatang baru.

Ada beberapa pelaku UMKM yang tahun sebelumnya pernah mengikuti Inacraft kembali mendaftar di tahun ini.

Kehadiran Inacraft selalu ditunggu oleh para perajin dan pengusaha kriya serta buyer atau peminat handicraft dari luar negeri.DOK. Pertamina Kehadiran Inacraft selalu ditunggu oleh para perajin dan pengusaha kriya serta buyer atau peminat handicraft dari luar negeri.

“Tentunya Pertamina akan memberikan kesempatan yang sama kepada (pelaku) UMKM untuk mengikuti ajang yang merupakan pameran sangat bergengsi ini,” ujarnya. 

Tujuan utama Inacraft digelar adalah untuk mempromosikan produk lokal. Diharapkan, setelah mengikuti pameran, para pelaku industri kerajinan, termasuk UMKM, dapat memperoleh pelanggan. Dengan demikian, lebih banyak transaksi yang terjadi di luar pameran.

Sebagai informasi, Inacraft merupakan salah satu pameran industri kerajinan terbesar di Asia Tenggara dan selalu dinanti oleh peminat produk kerajinan Indonesia.

Ajang tersebut digagas oleh Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) dan dilaksanakan pertama kali pada April 1999. Setiap pelaksanaanya, pameran ini diikuti oleh lebih dari 500 peserta.

Berbagai kerajinan menarik seperti keramik, anyaman, kaca, sepatu, tas, dan aneka perhiasan dipajang di acara ini.

Fakta tersebut, kata Fajriyah, menjadikan Inacraft ajang pameran yang bergengsi dan mampu menggerakkan perekonomian Indonesia.

Kehadiran Inacraft selalu ditunggu oleh para perajin dan pengusaha kriya serta buyer atau peminat handicraft dari luar negeri. Oleh sebab itu, Inacraft juga akan berdampak pada naiknya ekspor kerajinan tangan UMKM.

“Kesempatan untuk mengikuti kegiatan ini diharapkan dapat mengakomodasi harapan dan aspirasi pelaku UMKM mitra binaan Pertamina, sekaligus mendorong jiwa kemandirian untuk menjadi pengusaha yang tangguh dan profesional,” kata Fajriyah.

Selain memberi kesempatan untuk tampil di ajang bergengsi seperti Inacraft 2022, Pertamina juga mendukung para pelaku UMKM dengan beragam program.

Dengan semangat “Energizing Your Future”, Pertamina ingin senantiasa menghadirkan energi yang dapat menggerakkan roda ekonomi dan mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

Selain itu, Pertamina berupaya terus mendorong setiap Mitra Binaan menjadi UMKM naik kelas dan go global.

Pertamina juga senantiasa mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) melalui implementasi program-program berbasis Environmental, Social, and Governance (ESG) di seluruh wilayah operasionalnya.

Hal ini merupakan bagian dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), demi mewujudkan manfaat ekonomi di masyarakat.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com