Advertorial

Presiden Jokowi Lepas Parade Pebalap Pertamina Grand Prix of Indonesia

Kompas.com - 16/03/2022, 18:12 WIB

KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati melepas 20 pebalap MotoGP pada acara “Pertamina Grand Prix of Indonesia, Energy to Speed Up Parade”, Rabu (16/3/2022).

Pada kegiatan tersebut, 20 pebalap MotoGP yang berpartisipasi dalam Pertamina Grand Prix of Indonesia – MotoGP Mandalika 2022 melakukan parade dari Istana Negara ke Bundaran Hotel Indonesia.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fajriyah Usman menjelaskan gelaran pelepasan tersebut menjadi rangkaian awal untuk menyemarakkan Pertamina Grand Prix of Indonesia – MotoGP Mandalika 2022 yang akan diselenggarakan di Sirkuit Pertamina Mandalika mulai Jumat (18/3/2022) hingga Minggu (20/3/2022).

“Parade Ini adalah suatu penghargaan kepada Presiden Jokowi dan seluruh rakyat Indonesia yang diikuti oleh 20 pebalap, seperti juara dunia MotoGP Marc Marquez dan Pol Espargaro. Kemudian, pebalap Pertamina Mandalika SAG Team, Bo Bendsneyder dan Gabriel Rodrigo, serta pembalap Indonesia Veda Ega Pratama," ujar Fajriyah dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu.

Fajriyah melanjutkan, partisipasi Pertamina dalam MotoGP 2022 di Indonesia merupakan salah satu upaya dalam mendukung nation branding, baik untuk perseroan maupun seluruh masyarakat Indonesia.

"Kita bisa segera bangkit dari pandemi dan event motorsport berskala internasional di Mandalika ini menjadi buktinya. Acara ini merupakan sebuah kesempatan bagi Pertamina serta usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di sekitar Mandalika untuk go global dan mendapatkan international exposure," ujar Fajriyah.

Sementara itu, CEO Dorna Sport Carlos Ezpeleta menyampaikan apresiasinya terhadap masyarakat Indonesia. Terlebih, rangkaian MotoGP dibuka secara langsung oleh Presiden Jokowi di Istana Negara.

"Presiden Jokowi adalah penggemar berat MotoGP dan beliau berkali-kali mengelilingi sirkuit dengan sepeda motornya. Jadi, saya pikir hal itu adalah kebahagiaan bagi Presiden dan para pebalap. (Ini juga menjadi) suatu kehormatan yang luar biasa," ujar Carlos.

Lebih lanjut, Carlos mengucapkan terima kasih kepada Pertamina sebagai sponsor MotoGP di Indonesia, Presiden Jokowi, dan Erick Thohir atas kembalinya MotoGP di Indonesia.

"Saya bersyukur bahwa Indonesia dapat menjadi tuan rumah MotoGP setelah sekian lama (absen). Acara ini juga menjadi cara terbaik untuk membuat semua orang sadar bahwa MotoGP telah kembali ke Indonesia," ujar Carlos.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com