Advertorial

BPJS Ketenagakerjaan Perkenalkan Wajah Baru Layanan yang Lebih Ramah dan Kekinian

Kompas.com - 16/03/2022, 18:21 WIB

KOMPAS.com - Sebagai salah satu institusi yang menyelenggarakan pelayanan publik, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK selalu berupaya lebih dekat dan memudahkan akses peserta untuk menjangkau layanannya.

Adapun upaya yang dilakukan sejak 2021,mulai dari simplifikasi persyaratan dan prosedur klaim hingga menghadirkan layanan lebih cepat, mudah, dan lengkap melalui aplikasi Jamsostek Mobile (JMO).

Selain melakukan transformasi digital, BPJAMSOSTEK juga mengubah tampilan kantor cabang menjadi lebih casual dan kekinian pada awal 2022. 

Direktur Utama BPJAMSOSTEK Anggoro Eko Cahyo dan Ketua Dewan Pengawas (Dewas) BPJAMSOSTEK Muhammad Zuhri meluncurkan wajah baru BPJAMSOSTEK tersebut secara resmi, Selasa (15/3/2022).

Kegiatan tersebut dilaksanakan bersamaan dengan seremoni pembukaan kembali kantor cabang BPJAMSOSTEK di Slipi, Jakarta Barat, setelah pindah lokasi ke Graha BPJAMSOSTEK. Pemindahan kantor ini sekaligus menjadi prototipe kantor cabang dengan new service blueprint.

Direktur Utama BPJAMSOSTEK Anggoro Eko Cahyo dan Ketua Dewas BPJAMSOSTEK Muhammad Zuhri saat meluncurkan wajah baru BPJAMSOSTEK. DOK. BPJAMSOSTEK Direktur Utama BPJAMSOSTEK Anggoro Eko Cahyo dan Ketua Dewas BPJAMSOSTEK Muhammad Zuhri saat meluncurkan wajah baru BPJAMSOSTEK.

Anggoro mengatakan, pada 2022, BPJAMSOSTEK akan fokus pada fixing the basics. Salah satu poinnya adalah memperbaiki kantor cabang agar BPJAMSOSTEK dapat memberikan pelayanan terbaik.

“Kami berharap, perbaikan kantor cabang dapat menciptakan kesan yang berbeda. Hal ini bertujuan supaya BPJAMSOSTEK menjadi lebih komunikatif dan kolaboratif karena tidak ada jarak antara petugas dan peserta,” kata Anggoro dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (16/3/2022). 

Perubahan kantor cabang, lanjut Anggoro, sejalan dengan visi BPJAMSOSTEK. Visi tersebut adalah mewujudkan jaminan sosial ketenagakerjaan tepercaya, berkelanjutan, menyejahterakan seluruh pekerja Indonesia, serta menjawab tuntutan peserta yang membutuhkan layanan prima dari BPJAMSOSTEK. 

Selain itu, perubahan kantor cabang juga dilakukan untuk memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik dan mengedepankan customer centric

Anggoro menambahkan bahwa mulai saat ini, insan BPJAMSOSTEK harus lebih komunikatif dalam memberikan layanan kepada seluruh peserta. Hal ini diperlukan untuk memberikan kenyamanan kepada peserta yang menggunakan seluruh kanal layanan BPJAMSOSTEK.

“Saya menargetkan sampai akhir 2022, wajah baru layanan BPJAMSOSTEK sudah terimplementasi di seluruh Indonesia,” tuturnya.

Sementara itu, Zuhri menyampaikan apresiasi kepada manajemen BPJAMSOSTEK yang telah berhasil mewujudkan terobosan untuk memudahkan peserta. 

Menurutnya, Dewas BPJAMSOSTEK senantiasa mendukung jajaran manajemen untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat.

“Hal itu bertujuan untuk mewujudkan komitmen bersama terhadap bangsa melalui layanan BPJS Ketenagakerjaan,” ujar Zuhri.

Direktur Utama BPJAMSOSTEK Anggoro Eko Cahyo (kanan) dan Ketua Dewas BPJAMSOSTEK Muhammad Zuhri (kiri) saat meluncurkan wajah baru BPJAMSOSTEK.DOK. BPJAMSOSTEK Direktur Utama BPJAMSOSTEK Anggoro Eko Cahyo (kanan) dan Ketua Dewas BPJAMSOSTEK Muhammad Zuhri (kiri) saat meluncurkan wajah baru BPJAMSOSTEK.

Pada kesempatan tersebut, Anggoro dan Zuhri juga turun langsung memberikan layanan kepada peserta. Keduanya juga memperkenalkan beragam fitur di aplikasi JMO yang dapat dimanfaatkan oleh peserta BPJAMSOSTEK di mana saja dan kapan saja. 

“Semoga beragam inovasi layanan tersebut dapat memudahkan peserta dalam mengakses perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan dari BPJAMSOSTEK. Dengan demikian, mereka dapat bekerja lebih tenang dan produktivitasnya meningkat,” tutur Anggoro.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com