Advertorial

Catat, Ini Tips Pergi ke Tanah Suci yang Aman dengan Biaya Umrah Lebih Terjangkau

Kompas.com - 17/03/2022, 10:56 WIB

KOMPAS.com – Setelah harus menunggu hampir dua tahun, masyarakat Indonesia dapat kembali berangkat ke Tanah Suci untuk beribadah umrah. Sayangnya, pengumuman soal itu dibarengi dengan pemberitahuan kenaikan biaya umrah.

Kementerian Agama (Kemenag) menentukan biaya umrah yang sebelumnya sebesar Rp 20 juta menjadi Rp 28 juta pada 2022. Kenaikan ini didasarkan penambahan dana untuk tes swabpolymerase chain reaction (PCR) serta karantina, baik di Arab Saudi maupun di Indonesia.

Bahkan, setiap layanan travel umrah diizinkan memberikan fasilitas dan layanan tambahan sehingga berpotensi membuat biaya jadi lebih tinggi.

Meski demikian, Anda sebaiknya tidak menyamaratakan semua agen perjalanan. Sebab, beda agen, bisa beerbeda pula biaya yang dipatok.

Namun, Anda tetap perlu berhati-hati dalam memilih agen travel umrah. Jangan sampai tawaran harga murah membuat Anda terjebak pada penipuan. Terlebih, beberapa tahun lalu sempat heboh kasus jemaah umrah batal berangkat ke Tanah Suci karena ditipu agen travel.

Agar tidak menjadi korban penipuan, penting untuk memilih agen travel yang sudah tepercaya. Salah satu caranya dengan melihat identitas, riwayat keberangkatan, serta testimoni dari jemaah umrah yang pernah menggunakan jasanya.

Biasanya, biaya umrah dari agen travel tepercaya sudah termasuk satu paket yang terdiri dari kegiatan manasik, biaya pembuatan visa dan dokumen penting, durasi perjalanan umrah, biaya tiket pulang-pergi dengan nama maskapai pesawat, nama hotel dan biayanya, katering makanan, biaya ziarah, transportasi, serta rincian tambahan jika ada wisata ke negara lain.

Selain itu, Kemenag juga menerapkan pedoman “5 Pasti Umrah” kepada calon jemaah. Tujuannya, agar mereka lebih cermat dalam memilih travel umrah tepercaya. Berikut lima pedoman tersebut.

  1. Pasti travelnya
    Sebaiknya pilihlah agen travel yang sudah memiliki izin penyelenggaraan ibadah umrah dan tour muslim dari Kemenag. Anda bisa melihat perizinan ini pada website resmi Kemenag.
  2. Pasti jadwalnya
    Memastikan agen travel saja tidak cukup, Anda perlu memastikan jadwal keberangkatan dan perencanaan waktu umrah untuk para jemaah yang telah mendaftar. Sebaiknya, Anda juga mengetahui jadwal aktivitas atau itinerary ibadah umrah dan ziarah dari pihak travel.
  3. Pasti terbangnya
    Biaya umrah yang ditampilkan dalam paket biasanya sudah termasuk biaya tiket pesawat pergi-pulang. Namun, Anda perlu memastikan maskapai pesawat yang digunakan sesuai dengan perjanjian.

    Bila terjadi pergantian maskapai, Anda perlu memastikan kembali maskapai penggantinya. Hal ini penting untuk menghindari risiko Anda mendapatkan fasilitas yang lebih buruk dari perjanjian.

  4. Pasti hotelnya
    Langkah selanjutnya, yaitu memastikan nama hotel yang sudah termasuk ke dalam paket dan biaya umrah dari agen travel. Minimal, jemaah umrah bisa menginap di hotel bintang 3. Anda juga perlu mengetahui informasi jika terjadi pergantian hotel yang dilakukan oleh agen travel.
  5. Pasti visanya
    Visa umrah merupakan dokumen resmi yang menjadi bukti bahwa jemaah dapat tinggal di wilayah Arab Saudi dalam jangka waktu tertentu. Jika Anda tidak punya visa atau masa berlakunya sudah habis, Anda tidak bisa berangkat umrah.

    Pihak travel harus memastikan setiap jemaah sudah memiliki visa yang masih berlaku sebelum keberangkatan. Anda harus lebih aktif memastikan hal ini agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Ilustrasi keluarga akan berangkat umrah. Dok. Shutterstock Ilustrasi keluarga akan berangkat umrah.

Lebih tenang dengan fasilitas pembiayaan dari Adira Finance

Setelah memastikan agen travel umrah yang dipilih tepercaya, sekarang saatnya Anda menyiapkan dana yang harus dibayarkan. Salah satu solusi bagi Anda yang ingin berangkat ke Tanah Suci dengan aman, cepat, dan mudah adalah dengan memanfaatkan layanan Pembiayaan Syariah Umrah dari Adira Finance.

Layanan tersebut merupakan produk pembiayaan umrah dengan menggunakan akad yang berprinsip syariah, yaitu akad murabahah.

Melalui layanan tersebut, Anda dapat beribadah ke Tanah Suci dengan biaya yang bisa diangsur. Jadi, Anda tidak perlu menunggu waktu yang lama untuk mengumpulkan uang tunai yang cukup. Bahkan, Anda bisa berangkat umrah dulu dan menyicil angsurannya setelah pulang dari Tanah Suci.

Selain bisa memilih paket umrah yang diinginkan dan mencicilnya, layanan Pembiayaan Syariah Umrah juga memberikan keuntungan lain bagi konsumen, seperti transparansi biaya umrah yang mencakup fasilitas selama beribadah di Tanah Suci dan bekerja sama dengan agen travel tepercaya di Indonesia.

Kemudian, proses pengajuan cepat, syarat dan ketentuan mudah, serta jaminan yang mudah, yaitu BKPB motor atau mobil yang dimiliki.

Bagi Anda yang ingin tahu lebih banyak mengenai paket umrah terbaru dan cara mengajukan pembiayaannya, silakan klik di sini.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com