Advertorial

Mencoba All New Honda BR-V Prestige, Mobil Berdimensi Besar yang Kuat di Medan Tanjakan

Kompas.com - 17/03/2022, 19:03 WIB

KOMPAS.com – Setelah sempat menjajal All New Honda BR-V Prestige with Honda Sensing, redaksi Kompas.com kembali mendapatkan kesempatan dari PT Honda Prospect Motor (HPM) untuk mencoba ketangguhan dan kenyamanan All New Honda BR-V tipe tertinggi kedua, yakni All New Honda BR-V Prestige, Selasa (8/3/2022).

Tim Kompas.com melakukan pengujian dari Jakarta menuju kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, dengan total jarak sekitar 180 kilometer (km). Pengujian dilakukan melalui berbagai jenis medan, mulai dari jalur beraspal, tanah, bebatuan, hingga tanjakan di kawasan Puncak.

Lalu, bagaimana kesan tim Kompas.com selama menguji All New Honda BR-V Prestige? Simak ulasan berikut.

  1. Kabin yang elegan dan lapang

Berdasarkan pengamatan Kompas.com, All New Honda BR-V Prestige memiliki bodi atau dimensi yang besar. Masuk ke dalam, interiornya memiliki kesan elegan dan sporty berbalut warna hitam.

Secara umum, interior All New Honda BR-V 2022 dirancang untuk memberikan ruang lapang bagi pengemudi dan penumpang selayaknya mobil multi-purpose vehicle (MPV).

Pada area kokpit, All New Honda BR-V Prestige memiliki ruang kepala dan kaki yang lega untuk menunjang kenyamanan pengemudi dan penumpang di baris depan.

Meski tampilan dasbornya dibuat lebih tinggi ketimbang Honda BR-V generasi sebelumnya, visibilitas pengendara saat mengemudi tetap terjamin.

Secara detail, bagian kokpit mobil tersebut terlihat mewah berkat sentuhan ornamen kulit dengan jahitan yang detail di bagian kursi, sandaran tangan, lingkar kemudi, tuas persneling, sisi pintu, serta panel.

Interior di bagian kokpit juga terkesan lebih modern berkat kehadiran head unit layar sentuh 7 inci, panel AC digital, serta layar interaktif 4,2 inci Thin-Film Transistor (TFT) Meter Display.

Layar TFT Meter Display dapat menampilkan berbagai informasi akurat saat berkendara, mulai dari jarak tempuh perjalanan, rata-rata konsumsi bahan bakar, hingga sisa bahan bakar.

Tak hanya baris pertama, All New Honda BR-V Prestige turut menawarkan kenyamanan untuk penumpang pada baris kedua dan ketiga. Ruang kabin baris kedua ditunjang dengan ruang kaki lapang, ruang kepala yang nyaman, serta blower AC di bagian atas.

Selain itu, jok pada baris kedua juga sudah dilapisi ornamen kulit. HPM juga sudah melengkapi baris kedua dengan 2nd Row Seat Armrest. Sandaran lengan ini dapat memberikan rasa nyaman kepada penumpang saat melakukan perjalanan dengan mobil tersebut. 

All New Honda BR-V Prestige juga nyaman dipakai bagi pengendara yang membawa anak kecil. Sebab, kursi baris kedua telah dilengkapi International Standards Organization FIX (ISOFIX).

Seperti diketahui, ISOFIX merupakan fitur bawaan mobil untuk menunjang penggunaan child car seat. Dengan demikian, keselamatan penumpang usia dini, seperti batita, balita, dan anak kecil, lebih terjamin. Terdapat juga fitur keamanan child safety lock agar anak tidak bisa membuka pintu dari dalam saat mobil sedang berjalan ataupun diam.

Sementara itu, baris ketiga All New Honda BR-V 2022 secara umum juga dapat ditempati oleh orang dewasa. Hal ini berkat ruang kepala dan kaki yang cenderung lapang.

Selain itu, jok di baris ketiga juga dapat di-sliding ke belakang untuk memberikan posisi duduk yang lebih santai sekaligus ruang kepala lebih lapang.

Ruang kargo di belakang All New Honda BR-V Prestige juga cukup luas untuk membawa koper atau barang dalam perjalanan jarak jauh. Bila membutuhkan ruang lebih luas, kursi di baris ketiga bisa dilipat untuk memuat barang sesuai kebutuhan.

Tak heran, melakukan perjalanan jauh dengan bawaan banyak tak menghilangkan rasa nyaman menggunakan mobil tersebut. Kabin dan bagasi yang dimiliki All New Honda BR-V 2022 pun terluas di kelasnya.

  1. Kuat di medan tanjakan

Secara keseluruhan, performa All New Honda BR-V Prestige cukup andal. Mobil low sport utility vehicle (LSUV) teranyar Honda tersebut mampu melibas medan aspal dan bebatuan di bukit dengan lancar. Mobil tersebut juga dapat melaju di jalan tanjakan yang cukup curam dengan mulus tanpa hambatan berarti.

Hal tersebut tidak mengherankan karena All New Honda BR-V Prestige telah dibekali berbagai fitur canggih untuk mendukung pengemudi mengendarai mobil di jalur tanjakan.

Saat menjajal mobil tersebut, Kompas.com terkesan dengan fitur Hill Start Assist (HSA) yang berguna saat dikendarai di medan tanjakan.

Pasalnya, fitur HSA memungkinkan mobil berhenti selama beberapa detik saat berhenti di tanjakan. Fitur ini memberikan kesempatan kepada pengemudi untuk menginjak pedal gas tanpa membuat posisi mobil mundur terlebih dulu.

Selanjutnya, All New Honda BR-V Prestige memiliki tenaga putaran bawah yang cukup responsif dan torsi puncak 145 Nm.

Dengan torsi sebesar itu dan tenaga mesin Double Overhead Camshaft (DOHC) i-VTEC 1.500 cc yang mampu mencapai 121 tenaga kuda, All New Honda BR-V secara umum mampu memberikan performa andal di jalan raya. Hal ini membuat mesin All New Honda BR-V menjadi yang terbesar di kelasnya.

Selama berkendara, perpindahan tenaga dari putaran bawah sampai atas terasa terisi sehingga mesin bisa bekerja secara maksimal. Selain itu, penggunaan transmisi Continuously Variable Transmission (CVT) pada All New Honda BR-V Prestige membuat perpindahan gigi semakin smooth. Penggunaan transmisi ini juga berpengaruh pada efisiensi bahan bakar.

All New Honda BR-V Prestige handal di berbagai medan, termasuk jalan bebatuan dan tanah. KOMPAS.COM/Yosua Einstein Kurniawan All New Honda BR-V Prestige handal di berbagai medan, termasuk jalan bebatuan dan tanah.

Tak hanya itu, HPM juga telah memberikan All New Honda BR-V perbaikan pada aspek suspensi yang lebih keras. Hal ini membuat All New Honda BR-V lebih stabil saat dibawa pada kecepatan tinggi.

Berdasarkan hasil road trip tersebut, konsumsi bahan bakar minyak (BBM) All New Honda BR-V Prestige mencapai 12 kilometer per liter (kpl).

Jumlah itu dapat dicapai melalui kondisi berkendara normal dan sedikit agresif dengan melewati berbagai medan, mulai dari jalan beraspal, bertanah, bebatuan, sampai tanjakan.

Kapasitas ground clearance sebesar 220 milimeter (mm) dan penggunaan pelek 17 inci pada All New Honda BR-V Prestige membuat mobil itu mampu melibas berbagai kondisi jalan tanpa hambatan.

  1. Dibekali fitur smart

Selain keandalan mesin dan fitur canggih yang dapat membantu berkendara, All New Honda BR-V Prestige juga dibekali fitur smart lain. Salah satunya adalah fitur Smart Entry System.

Fitur itu memungkinkan pemilik mobil dapat membuka kunci pada pintu All New Honda BR-V Prestige hanya dengan memegang handle pintu.

Fitur Walk-away auto lock juga dapat dipakai untuk mengunci mobil secara otomatis bila pemilik kendaraan berjalan menjauhi mobil dalam jarak lebih dari dua meter. Fitur ini berguna bila pemilik kendaraan sedang terburu-buru atau lupa mengunci mobil.

Selanjutnya, ada fitur Remote Engine Start. Fitur ini dapat dipakai pengguna untuk menyalakan mesin dan AC All New Honda BR-V Prestige melalui remot tanpa perlu membuka pintu mobil. Sebagai informasi, fitur yang sama juga terdapat pada Honda BR-V 2022 tipe E CVT.

Fitur tersebut tergolong advance di kelasnya dan biasanya hanya terdapat pada produk hi-end Honda lainnya. Sebut saja, Honda CR-V dan Civic.

Itulah kesan tim redaksi Kompas.com saat melakukan pengujian All New Honda BR-V Prestige. Mobil LSUV teranyar Honda tersebut layak Anda jadikan sebagai mobil pilihan keluarga untuk memenuhi berbagai kebutuhan, mulai dari rutinitas di jalan perkotaan hingga kebutuhan berkendara di medan tanjakan.

Hal tersebut membuat All New Honda BR-V 2022 cocok untuk digunakan untuk menempuh perjalanan jauh, terlebih saat mudik Lebaran.

Sebagai informasi, All New Honda BR-V 2022 memiliki rentang harga bervariasi, yakni Rp 278.900.000 untuk All New Honda BR-V tipe S, Rp 292.900.000 untuk All New Honda BR-V tipe E M/T, dan Rp 302.900.000 untuk All New Honda BR-V tipe E CVT.

Sementara itu, All New Honda BR-V Prestige dihargai sejumlah Rp 324.900.000 serta All New Honda BR-V Prestige with Honda Sensing Rp 324.900.000.

Bila mencari mobil keluarga yang andal dan harga bersaing di kelasnya, Anda bisa mempertimbangkan All New Honda BR-V tipe S, All New Honda BR-V tipe E, serta All New Honda BR-V Prestige.

Ketiga varian All New Honda BR-V memiliki fitur yang cukup lengkap dan harga yang lebih ekonomis dibandingkan varian tertinggi, yakni All New Honda BR-V Prestige CVT with Honda Sensing.

Namun, jika Anda mencari All New Honda BR-V 2022 dengan fitur keamanan yang canggih, All New Honda BR-V Prestige CVT with Honda Sensing layak dijadikan pilihan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai All New Honda BR-V 2022, Anda bisa klik tautan ini.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com