Advertorial

60 Mahasiswa Itenas Bandung Ikuti Program Magang Bersertifikat di Kanwil BPN Jawa Barat

Kompas.com - 18/03/2022, 13:40 WIB

KOMPAS.com - Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung menandatangani perjanjian kerja sama (PKS) dengan Kantor Wilayah (Kanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Jawa Barat (Jabar), Kamis (17/3/2022).

Penandatangan dilakukan di Aula Arsip Kantor Wilayah BPN Provinsi Jabar secara hibrida. Acara ini dihadiri langsung oleh Kepala Kanwil BPN Provinsi Jabar Dalu Agung Darmawan.

Sementara, dari pihak Itenas, dihadiri oleh Dekan FTSP Soni Darmawan, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FTSP, dan Ketua Prodi (Kaprodi) Teknik Geodesi Itenas. Hadir pula perwakilan mahasiswa Itenas yang lolos mengikuti Program Magang Bersertifikat di Kanwil BPN Jabar.

Acara penandatanganan PKS juga turut dihadiri oleh Dekan Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian Institut Teknologi Bandung (ITB) Irwan Meilano.

Sebelum penandatanganan PKS dilakukan, perwakilan mahasiswa membacakan janji mahasiswa selama magang. Janji ini dibacakan oleh Mirza dan Hanandita yang merupakan mahasiswa Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota Itenas Bandung.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan penandatanganan PKS antara FTSP Itenas dan Kanwil BPN Jabar Provinsi Jawa Barat yang dilakukan oleh Soni dan Dalu.

Selain Itenas, penandatanganan PKS juga dilakukan antara ITB dan Kanwil BPN Jabar. PKS ini ditandatangani oleh Irwan dan Dalu.

Pada kesempatan tersebut, Soni mengatakan bahwa kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) menjadi katalis bagi pihak universitas untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak. Itenas selalu membuka diri, memanfaatkan segala peluang, serta adaptif terhadap kondisi yang ada.

“Alhamdulillah, berkat Kabid Survei Pemetaan dan Kepala Kanwil BPN (Jabar), saat ini sebanyak 60 mahasiswa dari Prodi Teknik Sipil, Teknik Geodesi, serta Perencanaan Wilayah dan Kota Itenas dapat mengikuti program magang bersertifikat MBKM di Kanwil BPN Provinsi Jabar,” kata Soni dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (18/3/2022).

Soni pun turut memberikan nasihat kepada mahasiswa yang akan menjalani pemagangan. Ia berharap, mahasiswa dapat menunjukkan dan mengimplementasikan ilmu yang sudah didapat di bangku kuliah, selalu bekerja keras, tuntas, serta menjaga etika.

“Mahasiswa juga harus selalu ingat bawa di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Dalu menyambut baik atas kesepakatan kerja sama antara Itenas Bandung dan Kanwil BPN Jabar. Ia mengaku, pihaknya terbantu dengan kehadiran mahasiswa magang.

Menurutnya, program magang tersebut merupakan kesempatan yang harus diambil oleh perguruan tinggi karena pemerintah sangat membutuhkan tenaga mahasiswa magang.

“Di Jabar, terdapat 22 juta bidang tanah. Sementara, yang terdaftar baru sekitar 10 jutaan. Kami tengah berupaya melakukan percepatan pendaftaran,” ujar Dalu.

Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Itenas Bandung Soni Darmawan. DOK. Itenas Bandung Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Itenas Bandung Soni Darmawan.

Salah satu upaya percepatan yang dilakukan Kanwil BPN Jabar, lanjut Dalu, adalah melakukan pendaftaran sistematis secara lengkap. Hingga saat ini, pendaftaran yang dilakukan masih belum mengarah pada suatu wilayah lengkap.

Hal tersebut menjadi tantangan supaya target pendaftaran 22 juta bidang tanah di Jabar dapat terealisasi.

“Kami merasa terbantu dengan program mahasiswa magang bersertifikat. Pasalnya, kami kekurangan sumber daya manusia (SDM). Sementara bagi mahasiswa magang, program ini memberikan pengalaman praktik kerja,” ujarnya.

Ruang lingkup MBKM

Penandatanganan PKS yang dilakukan Itenas Bandung dengan pelaku industri dan instansi pemerintah merupakan upaya menyambungkan ilmu yang didapat mahasiswa di perguruan tinggi dengan praktik di dunia kerja.

Seperti diketahui, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) mengeluarkan kebijakan MBKM. Kebijakan ini memungkinkan mahasiswa untuk memilih kegiatan di luar kampus. Kegiatan ini setara maksimal 40 satuan kredit semester (SKS) atau 2 semester.

Kegiatan di luar kampus dapat berupa magang, proyek desa, pertukaran pelajar, penelitian, wirausaha, proyek independen, proyek kemahasiswaan, serta mengajar di sekolah.

Adapun ruang lingkup PKS antara Itenas Bandung dan Kanwil BPN Jabar meliputi penyelenggaraan program magang bersertifikat bagi mahasiswa FTSP Itenas Bandung.

Hal itu dilakukan guna mendukung kegiatan program strategis nasional pada Kanwil BPN Jabar.

Kepala Kanwil BPN Provinsi Jabar Dalu Agung Darmawan dan Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Itenas Bandung Soni Darmawan.DOK. Itenas Bandung Kepala Kanwil BPN Provinsi Jabar Dalu Agung Darmawan dan Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Itenas Bandung Soni Darmawan.

Bentuk kerja sama tersebut, khususnya kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap mencakup tiga hal.

Pertama, penelitian dan pelatihan analisis data spasial untuk pembuatan peta desa/kelurahan lengkap. Kedua, peningkatan kualitas data dalam rangka data siap elektronik (DSE). Ketiga, penyiapan peta dasar pertanahan dan peta tematik.

Sebagai penutup penandatanganan PKS tersebut, seluruh pihak terkait melakukan peresmian pelepasan mahasiswa magang. Hal ini ditandai dengan pemindaian telapak tangan oleh Kepala Kanwil BPN Jabar dan diakhiri foto bersama.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com