Advertorial

50 UMKM NTB Binaan Pertamina Hadir di Gelaran MotoGP Mandalika 2022

Kompas.com - 18/03/2022, 20:28 WIB

KOMPAS.com - MotoGP Mandalika resmi digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), mulai Jumat (18/3/2022) hingga Minggu (20/3/2022).

Ajang balap motor internasional tersebut dinilai memiliki dampak luar biasa terhadap berbagai aspek kehidupan masyarakat sekitar. Tak hanya meningkatkan reputasi Indonesia di mata dunia, tetapi juga memberikan harapan baru bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lokal.

Dukungan terhadap UMKM lokal diwujudkan PT Pertamina (Persero) melalui kerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenperekraf) dan Dinas Koperasi UKM NTB.

Melalui kerja sama tersebut, Pertamina mengkurasi dan memilih 50 UMKM untuk menyediakan kebutuhan pengunjung MotoGP Mandalika, terutama aneka makanan dan minuman.

VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menyampaikan bahwa 50 Silver Booth Pertamina yang diisi pelaku UMKM lokal berada di Area Thunnel 2. Lokasinya yang strategis sangat memungkinkan untuk dikunjungi banyak orang.

“Saat ini, (pelaku) UMKM tengah mempersiapkan berbagai hal, antara lain menyiapkan booth dan aneka ragam pilihan produk makanan dan minuman siap saji,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat.

Ia melanjutkan, booth Pertamina juga menyajikan makanan dan minuman khas Lombok, seperti madu dan kopi yang dikemas unik dan menarik. Tersedia pula beberapa produk cendera mata menarik yang dapat dibawa pulang pengunjung.

“Ajang prestisius MotoGP Mandalika diharapkan mampu menciptakan peluang menarik bagi UMKM lokal,” imbuh Fajriyah. 

Keterlibatan UMKM binaan dalam ajang MotoGP Mandalika 2022 menjadi salah satu bukti dukungan BUMN ini dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Khususnya, poin 8 terkait dengan penyediaan lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi. 

Selain itu, keterlibatan UMKM dalam ajang tersebut juga menjadi wujud implementasi program-program berbasis environmental, social and governance (ESG) di seluruh wilayah operasional Pertamina.

Fajriyah mengatakan, pihaknya berharap keberadaan Pertamina Mandalika Street Circuit yang menjadi rumah bagi ajang balap internasional, seperti Asia Talent, World Superbike (WSBK), dan MotoGP, berdampak luas bagi pertumbuhan perekonomian nasional. Khususnya, bagi pelaku industri pariwisata dan UMKM lokal.

“Semoga keberadaan (Pertamina Mandalika Street Circuit) menjadi peluang bagi pelaku usaha dan UMKM untuk melakukan penetrasi ke pasar global yang lebih luas,” tuturnya.

Pertamina, lanjutnya, senantiasa mendukung pencapaian SDGs melalui implementasi program-program berbasis ESG di seluruh wilayah operasionalnya. Hal ini merupakan bagian dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perseroan demi mewujudkan manfaat ekonomi di masyarakat.

Melalui program-program UMKM dan semangat Energizing Your Future, Pertamina ingin menghadirkan energi yang dapat menggerakkan roda ekonomi. Energi yang menjadi bahan bakar serta menghasilkan pertumbuhan berkelanjutan. 

Pertamina juga senantiasa berupaya mendorong setiap mitra binaan agar naik kelas dan go global.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com