Advertorial

MotoGP Mandalika Berlangsung Sukses, Dirut Pertamina Bangga dan Sampaikan Terima Kasih

Kompas.com - 21/03/2022, 15:31 WIB

KOMPAS.com – Ajang balap MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB), telah usai pada Minggu (20/3/2022). 

Meski dilaksanakan dalam kondisi hujan, balapan yang digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit tersebut berlangsung lancar.

Dalam perhelatan tersebut, pebalap Red Bull KTM Miguel Oliveira keluar sebagai pemenang, disusul oleh Fabio Quartararo dari Monster Energy Yamaha di urutan kedua, dan Johann Zarco dari Pramac Racing Ducati di posisi ketiga.

Kegiatan tersebut disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Pertamina Grand Prix of Indonesia.

"Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya terutama pada masyarakat NTB, masyarakat Lombok yang telah memberikan dukungan penuh,” ujar Jokowi dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (21/3/2022).

Jokowi juga turut berterima kasih kepada seluruh pihak penyelenggara dan pekerja yang sudah menyiapkan kegiatan tersebut.

Hal senada juga diutarakan dari Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati. Ia mengapresiasi penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022 yang berjalan dengan baik. Khususnya, terhadap antusiasme tinggi masyarakat.

"Terima kasih kepada semua pihak yang membantu perhelatan akbar ini. Kami merasa bangga dan senang sekali bisa terlibat dalam kegiatan yang berjalan dengan baik dan sukses, meski dalam cuaca hujan," ujar Nicke.

Nicke mengatakan, event Pertamina Grand Prix of Indonesia berdampak pada kebangkitan ekonomi, khususnya pada kegiatan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di kawasan NTB.

"Kegiatan ini membuka peluang untuk para pegiat UMKM di NTB untuk bisa memasarkan produk mereka, bahkan bisa mendunia. (Kegiatan ini) tentu berdampak pada kebangkitan ekonomi Indonesia," katanya.

Sejak tiga bulan lalu, lanjut Nicke, pihaknya sudah menyiapkan UMKM binaan Pertamina untuk hadir dalam event MotoGP Mandalika.

Bahkan, Pertamina telah mengkurasi dan memilih sebanyak 50 UMKM untuk menyediakan kebutuhan pengunjung MotoGP Mandalika.

"UMKM kami menyediakan aneka makanan dan minuman siap saji. Ada juga berbagai produk lokal, seperti kopi, madu, kerajinan tangan, dan suvenir khas Lombok, yakni mutiara. Tentu ini jadi momen UMKM di NTB untuk bisa bangkit dan mendunia," kata Nicke.

Untuk diketahui, Pertamina menjadi sponsor utama dalam ajang MotoGP Mandalika 2022 dan Sirkuit Mandalika. Oleh karena itu, seri MotoGP Mandalika dinamakan Pertamina Grand Prix Indonesia dan Sirkuit Mandalika memiliki nama resmi Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Keterlibatan Pertamina dalam ajang balap MotoGP Mandalika 2022 merupakan salah satu upaya untuk mendukung instruksi Presiden Jokowi terhadap pengembangan proyek 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com