Advertorial

Smartphone Premium Realme GT 2 Pro Siap Meluncur di Indonesia, Apa Saja Keistimewaannya?

Kompas.com - 22/03/2022, 15:11 WIB

KOMPAS.com - Vendor smartphone asal Tiongkok, realme, menghadirkan ponsel flagship terbaru di Tanah Air, yakni realme GT 2 Pro.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Kompas.com, ponsel flagship teranyar dari realme tersebut  diperkenalkan di Indonesia pada hari ini, Selasa (22/3/2022).

Menyasar segmen premium, berbagai aspek realme GT 2 Pro dipersiapkan secara matang, mulai dari teknologi, desain, kamera, display, hingga prosesor.

Sebelumnya, realme GT 2 Pro telah dipamerkan di ajang Mobile World Congress 2022 di Barcelona, Spanyol, Senin (28/2/2022) untuk market Eropa dan secara global pada Januari 2022 di Cina. Smartphone ini pun berhasil menarik perhatian penggemar smartphone di seluruh dunia melalui teknologi inovatif dan desainnya yang unik.

Lantas, seperti apa spesifikasi realme GT 2 Pro? Berikut ulasannya.

  1. Desain biopolimer ramah lingkungan

Desain bodi realme GT 2 Pro menjadi salah satu keunikan dari smartphone tersebut. Selain dibuat dengan desain premium, bodi smartphone ini juga diciptakan menggunakan konsep berkelanjutan (sustainable).

Dengan konsep tersebut, realme ingin menghadirkan smartphone ramah lingkungan demi masa depan dunia yang lebih baik.

Untuk itu, realme menggandeng desainer produk industri kenamaan dunia asal Jepang, Naoto Fukasawa. Desain realme GT 2 Pro dibuat berdasarkan pertanyaan simpel, “Bagaimana membuat produk yang ramah lingkungan, estetis, dan tahan lama?”

Dari pertanyaan itu, realme dan Fukasawa kemudian memilih biopolimer sebagai bahan dasar pembuatan case smartphone. Perusahaan material asal Arab Saudi, Sabic, pun diajak berkolaborasi oleh realme guna menyediakan kopolimer bio-based LNP ELCRIN.

Sebagai informasi, bahan yang telah tersertifikasi International Sustainability and Carbon Certification (ISCC) produksi Sabic tersebut mampu menghasilkan 35,5 persen emisi karbon lebih sedikit selama proses produksi.

Soal estetika bodi realme GT 2 Pro, Fukasawa mengusung desain Paper Tech Master. Konsep desain yang pertama kali diaplikasikan di industri smartphone ini mereplikasi pola produk berbasis kertas. Dengan demikian, saat dipegang, pengguna akan merasa seperti menyentuh permukaan kertas.

Untuk menghasilkan tekstur seperti kertas, biopolimer diukir oleh tenaga profesional menggunakan laser 0,1 milimeter (mm).

Adapun pengembangan desain tersebut membutuhkan waktu 12 bulan. Sebelum menghasilkan desain bodi panel belakang realme GT 2 Pro, realme dan Fukasawa terlebih dahulu  meneliti rancangan 63 desain prototipe.

Selain bodi belakang, konsep ramah lingkungan juga diaplikasikan pada pembuatan boks kemasan realme GT 2 Pro. Plastik yang digunakan pada proses tersebut hanya sebesar 0,3 persen.

  1. Layar kaya warna dan kuat

Smartphone flagship realme GT 2 Pro dibekali layar 2K LTPO AMOLED. Teknologi ini juga pertama kali diaplikasikan pada smartphone.

Layar realme GT 2 Pro memiliki kedalaman warna 10-bit sehingga bisa menampilkan 1 miliar warna. Jika digunakan di luar ruangan, tingkat kecerahannya mencapai 1.400 nits.

Layar AMOLED realme GT 2 Pro memiliki ukuran layar 6,51 inci dengan resolusi Full HD Plus. Dengan refresh rate adaptif 1-120 hertz (Hz), smartphone ini mampu menghemat daya hingga 50 persen. Meski begitu, performa yang disuguhkan tetap prima.

-Dok. Istimewa -

Untuk bermain game, misalnya, touch sampling rate bahkan dapat ditingkatkan hingga 1.000 Hz turbocharged.

Layar tersebut juga memiliki rentang warna atau color gamut P3 100 persen dan kerapatan piksel 525 ppi. Dengan demikian, gambar yang dihasilkan detail, tajam, nyata, dan kaya warna.

Smartphone realme GT 2 Pro juga dibekali proteksi Corning Gorilla Glass Victus. Untuk diketahui, Victus adalah Gorilla Glass terkuat dari Corning.

Karena perlindungan itu, smartphone akan terhindar kerusakan meski terjatuh dari ketinggian dua meter ke permukaan keras. Ini disebabkan ketahanan gores Victus lebih kuat dua kali lipat dari Gorilla Glass 6.

  1. Daya besar dan kompatibel dengan jaringan 5G

Dari segi daya, realme GT 2 Pro dibekali teknologi fast charging SuperDart 65W dan baterai berkapasitas 5.000 miliampere per hour (mAh).

Kemudian, untuk menjaga smartphone tetap dingin dalam berbagai situasi, realme juga menyematkan sistem pendingin Stainless Steel Vapor Cooling System Max.

Sistem pendingin itu dipadukan dengan panel tembaga. Bahan ini dapat menghilangkan panas lebih cepat ketimbang panel berbahan baja atau aluminium.

Smartphone realme GT 2 Pro juga sudah dilengkapi sejumlah fitur konektivitas, yakni Bluetooth 5.2, wireless fidelity (Wi-Fi), jaringan 5G SA/NSA, serta near field communication (NFC).

Fitur tersebut juga didukung sistem antena Array Matrix untuk menjamin konektivitas yang lebih optimal.

  1. Kamera tajam dan prosesor terbaik

Pada sektor kamera, realme GT 2 Pro mengusung tiga kamera belakang. Pertama, kamera utama beresolusi 50 megapiksel (MP) yang dibekali sensor Sony IMX766 dan fitur optical image stabilization (OIS).

Kedua, kamera ultra-wide 50 MP (f.2.2) dengan sudut pandang 150 derajat. Untuk kamera ini, realme GT 2 Pro merupakan satu-satunya smartphone di dunia yang disematkan teknologi tersebut.

Terakhir, lensa mikroskop 3 MP (f/3.0) yang mampu mendukung perbesaran (zoom) obyek secara close-up hingga 40 kali.

Sementara untuk kamera depan, terdapat kamera selfie 32 MP (f/2.4) yang diletakkan dalam sebuah punch hole.

Adapun penggunaan kamera realmi GT 2 Pro pada kondisi cahaya optimal dengan menggunakan sensor kamera utama 50 MP dan ultra-wide yang beresolusi sama, foto yang dihasilkan realmi GT 2 Pro terlihat tajam.

Efek high dynamic range (HDR) juga bekerja sangat baik untuk menyeimbangkan exposure dan kontras. Demikian pula tone warna yang dihasilkan lebih natural dan konsisten, baik saat menggunakan sensor wide maupun ultra-wide.

Untuk mendapatkan saturasi yang optimal, pengguna dapat menyalakan mode AI Scene Enchancement.

Sementara, saat digunakan pada malam hari, foto yang dihasilkan tetap berkualitas dengan menggunakan sensor utama tanpa harus mengaktifkan mode malam.

Video yang dihasilkan juga tak kalah menawan. Rekaman video tetap mulus tidak shaky, baik menggunakan Full HD 30 FPS, Full HD 60 FPS, ataupun 4K 30 FPS. Gambar yang dihasilkan pun cerah.

Fitur video bokeh juga dapat dioptimalkan untuk mendapatkan rekaman yang berbeda.

Dari segi dapur pacu, realme GT 2 Pro menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 1 dari Qualcomm. Prosesor ini merupakan system on chip (SoC) teratas penerus Snapdragon 888.

Performa chipset tersebut semakin maksimal dengan dua varian random access memory (RAM) dan memori internal, yakni 8 gigabita (GB)/128 GB dan 12 GB/512 GB.

-Dok. Istimewa -

Untuk diketahui, realme GT 2 Pro sudah menjalankan sistem operasi Android 12 yang dibalut antarmuka (interface) realme UI 3.0.

Di Indonesia, smartphone kelas atas besutan realme tersebut tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu Paper White dan Steel Black. realme GT 2 Pro hadir dengan varian 12GB+256GB serta dua pilihan warna Paper White dan Steel Black yang bisa didapatkan dengan harga khusus pre-order Rp 9.499.000 tanggal 22-29 Maret. realme GT 2 Pro tersedia secara eksklusif di Shopee, akulaku dan realme.com dimana setiap pembelian realme GT 2 Pro anak muda secara otomatis ikut menyumbang Rp 10.000.

Kesimpulan

Perangkat telepon pintar realme GT 2 Pro berpotensi bersaing di pasar smartphone premium berkat teknologi inovatif dan desainnya yang unik.

Bodi smartphone yang diciptakan menggunakan konsep berkelanjutan (sustainable) menjadikan smartphone tersebut memiliki keunikan tersendiri di kelas premium.

Sektor performa dengan prosesor terbaru dari Qualcomm juga mampu membuat smartphone realmi GT 2 Pro melakukan berbagai hal untuk menunjang aktivitas. Kamera ultra-wide 50 MP dengan sudut pandang 150 derajat juga memberikan nilai tambah smartphone ini.

Adapun realme GT 2 Pro hadir secara eksklusif di Shopee dan silakan klik link berikut untuk informasi lebih lanjut.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com