Advertorial

Luncurkan Margin Trading, Ajaib Berikan Promo 0 Persen Biaya Broker dan Bunga

Kompas.com - 23/03/2022, 17:32 WIB

KOMPAS.com – Dalam dunia bursa saham, terdapat fasilitas margin trading. Melalui fasilitas ini, perusahaan sekuritas memberikan pinjaman kepada nasabah pemilik rekening efek sehingga daya belinya meningkat.

Adapun pinjaman modal pada fasilitas margin trading didapat dengan menjaminkan saham yang dimiliki nasabah.

Dengan fasilitas tersebut, nasabah dapat membeli saham tanpa harus mengeluarkan uang secara menyeluruh karena sebagian dana berasal dari pinjaman perusahaan sekuritas.

Kemudian, nasabah juga bisa membeli saham dalam jumlah banyak ketimbang bila membeli dengan modal sendiri. 

Akan tetapi, karena margin trading berbentuk pinjaman, utang margin beserta bunganya pun harus dibayarkan saat jatuh tempo. Jika gagal bayar, kepemilikan saham secara otomatis akan dilikuidasi guna menutup kerugian.

Margin trading dapat memberikan keuntungan yang tinggi, tetapi risiko kerugiannya pun besar. Oleh sebab itu, investor perlu memahami cara kerja margin trading dan mempertimbangkan risiko sebelum menggunakannya.

Untuk diketahui, peminjaman modal menggunakan margin trading di lantai bursa diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

OJK adalah lembaga resmi negara yang bertugas mengawasi seluruh kegiatan di dunia perbankan, baik lembaga berbentuk bank maupun nonbank.

OJK pun mempunyai tugas sebagai pengatur dan pengawas kegiatan jasa keuangan di sektor perbankan, pasar modal, dan industri keuangan nonbank (IKNB).

Selain itu, OJK juga berfungsi sebagai penyelenggara sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di sektor jasa keuangan.

Oleh karena itu, perusahaan sekuritas yang menyediakan margin trading harus sudah mengantongi perizinan dan legalitas dari OJK.

Fitur margin trading dari Ajaib

Adapun salah satu perusahaan sekuritas yang sudah memiliki fasilitas margin trading dan mengantongi izin OJK adalah Ajaib.

Ajaib merupakan perusahaan investasi dengan sarana mobile dan online trading terbaik di Asia Tenggara. Karena kemudahan yang ditawarkan melalui mobile trading, Ajaib pun diminati oleh para investor saham ritel dari kalangan milenial.

Untuk memudahkan investor, perusahaan yang berdiri sejak 2018 tersebut baru saja meluncurkan fasilitas margin trading.

Fasilitas margin trading dari Ajaib menawarkan suku bunga rendah, yakni 14 persen per tahun atau 0,039 persen per hari.

Pengajuan fasilitas tersebut dilakukan 100 persen secara online. Dengan demikian, nasabah dapat dengan mudah mendapat fasilitas pinjaman untuk kemudian digunakan sebagai modal membeli saham.

Melalui fasilitas tersebut, nasabah atau investor dapat membeli lebih banyak saham dari jumlah yang seharusnya didapat dengan dana sendiri.

Di sisi lain, inovasi itu juga menjadikan Ajaib sebagai platform investasi pertama yang menawarkan fasilitas margin trading yang seluruhnya dilakukan secara online.

Untuk diketahui, fasilitas margin trading Ajaib baru tersedia di sistem operasi (OS) Android dengan versi aplikasi minimum 1.0.1W dan akan segera hadir untuk pengguna iOS dan Web.

Saat ini, Anda sudah bisa daftar margin trading Ajaib untuk menikmati fasilitas margin trading di aplikasi Ajaib. Aktivasi fasilitas tersebut hanya memakan waktu 1-3 hari kerja bursa.

Saat ini, Ajaib juga menawarkan promo 0 persen biaya broker dan bunga margin trading. Promo ini hanya berlaku untuk transaksi saham, baik beli maupun jual, yang dilakukan melalui akun margin trading.

Promo tersebut berlaku hingga 1 Juni 2022. Setelah itu, bunga margin trading menjadi seperti semula, yakni 0,039 persen per hari atau 14 persen per tahun.

Bunga tersebut mulai dibebankan pada siklus bursa kedua (T+2) setelah investor melakukan pembelian saham dengan fasilitas margin trading. Bunga dihitung berdasarkan nilai pinjaman investor.

Seperti telah disebutkan, Ajaib sudah terdaftar secara legal dan diawasi oleh OJK. Artinya, perusahaan sekuritas ini aman dan memberi jaminan terhadap segala aktivitas broker.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com